Tanggal:21 June 2024
store supervisor adalah

Store Supervisor: Tugas, Tanggung Jawab, Skill dan Gajinya

Store Supervisor, peran kunci dalam industri ritel, mengawasi karyawan, mengelola stok, dan memberikan layanan pelanggan. Artikel ini membahas tugas, tanggung jawab, skill, dan gaji rata-rata Store Supervisor di Indonesia. Diperlukan keterampilan manajemen, kepemimpinan, komunikasi, dan pengambilan keputusan. Gaji rata-rata bervariasi sesuai lokasi dan pengalaman. Berikut ada beberapa kursus seperti “Cara Mudah Menetapkan Target Kerja,” “Mengelola Peran dan Tanggung Jawab dalam Pekerjaan,” dan “Komunikasi Efektif di Dunia Kerja” dari Vocasia yang dapat meningkatkan keterampilan Store Supervisor.

Apa Itu Store Supervisor?

Store supervisor adalah seorang individu yang memiliki peran dan tanggung jawab untuk mengawasi dan mengelola operasional suatu toko atau outlet. Tugas utamanya meliputi mengawasi karyawan, memastikan kepatuhan terhadap standar operasional, mencapai target penjualan, mengelola stok barang, dan memberikan pelayanan pelanggan yang baik. Mereka bekerja di bawah manajer toko atau manajemen tingkat atas dan bertanggung jawab untuk memastikan toko berjalan lancar, mencapai target penjualan, dan memberikan pengalaman pelanggan yang positif.

Tugas Store Supervisor

Store supervisor memiliki beberapa tugas dan tanggung jawab, antara lain:

  • Melayani Pelanggan Dengan Baik: Store supervisor bertanggung jawab untuk memastikan pelanggan menerima layanan yang baik dan karyawan toko memberikan kesan ramah serta melayani segala permintaan pelanggan dengan sabar.
  • Mengatur Penjualan: Store supervisor membantu manajer dalam mengatur penjualan, memastikan penjualan toko mencapai target yang telah ditentukan.
  • Mengelola Stok Barang: Store supervisor bertanggung jawab untuk mengelola stok barang dan memastikan ketersediaan produk sesuai dengan permintaan konsumen.
  • Mengawasi Karyawan: Store supervisor mengawasi karyawan toko, memastikan kepatuhan terhadap aturan-aturan toko dan standar pelayanan.
  • Melakukan Evaluasi Kinerja: Store supervisor menyusun laporan kinerja toko, termasuk penjualan harian, bulanan, dan tahunan, serta melakukan evaluasi kinerja karyawan secara rutin.
  • Pelatihan dan Pengembangan Karyawan: Store supervisor bertanggung jawab untuk pelatihan dan pengembangan karyawan, memastikan mereka memiliki kemampuan dan keterampilan yang diperlukan.
  • Memastikan Konsumen Merasa Puas: Store supervisor memastikan konsumen merasa puas dengan layanan toko dan memastikan stok barang sesuai dengan permintaan konsumen.

Store supervisor bekerja di bawah manajer toko atau manajemen tingkat atas dan berperan sebagai pemimpin di tingkat operasional di toko ritel.

Tanggung Jawab Store Supervisor

Tanggung Jawab Store Supervisor memiliki beberapa tanggung jawab yang harus dilaksanakan dalam posisi ini. Berikut adalah beberapa tanggung jawab utama yang dimainkan oleh Store Supervisor:

  • Melayani Konsumen dengan Baik: Store Supervisor harus memastikan konsumen merasa puas dengan layanan toko, serta memberikan kesan ramah dan dengan sabar melayani segala permintaan konsumen dengan Kasir, SPG, admin, dan bagian gudang.
  • Mengatur Kinerja Sales: Store Supervisor bertanggung jawab untuk mengatur penjualan dan mencapai target penjualan yang ditetapkan.
  • Mengatur Toko Secara Teknis: Store Supervisor harus mengatur cara dan prosedur pembukaan toko, pengelolaan stok barang yang ada di toko, dan tampilan toko agar terasa nyaman dan rapih bagi para konsumen yang datang.
  • Mengawasi Karyawan: Store Supervisor bertanggung jawab untuk mengawasi karyawan toko, memantau persediaan dan stok produk, serta memastikan kinerja karyawan sesuai dengan rencana perusahaan.
  • Membuat Laporan: Store Supervisor harus membuat laporan keuangan, laporan penjualan, dan laporan kinerja toko, serta mengambil keputusan yang cepat terkait pengembangan dan kinerja.
  • Memastikan Target Sesuai: Store Supervisor harus memastikan penjualan toko mencapai target yang telah ditentukan, dan memastikan para sales mencapai target penjualan seperti yang diharapkan.
  • Kelola Stok Barang: Store Supervisor harus memastikan stok barang sesuai dengan permintaan konsumen dan memastikan kinerja toko berjalan dengan lancar.

Dalam menjalankan posisi Store Supervisor, pendidikan dan pengalaman minimal S1 atau D3, serta usia maksimal 30 tahun.

Skill yang Harus Dimiliki Store Supervisor

Store Supervisor memerlukan beberapa skill penting untuk menjalankan posisi ini dengan baik. Berikut adalah beberapa skill yang harus dimiliki oleh Store Supervisor:

  • Kemampuan Komunikasi: Baik dalam komunikasi verbal maupun tertulis, kemampuan komunikasi sangat penting bagi Store Supervisor untuk mengelola tim dan menjaga hubungan dengan karyawan dan atasan.
  • Kemampuan dalam Pengambilan Keputusan: Store Supervisor harus mampu mengambil keputusan yang cepat dan merasa, baik dalam situasi apa pun yang mungkin diri.
  • Keterampilan Manajemen Waktu: Mengolah waktu dengan baik dan mengatur pelatihan hari untuk mencapai target.
  • Kemampuan Kepemimpinan: Mengendalikan dan mengmotivasi anggota tim untuk mencapai tujuan.
  • Keterampilan Problem Solving: Mengidentifikasi masalah atau hambatan yang mungkin mempengaruhi kinerja, dan mencari solusi yang tepat.
  • Keterampilan Empati: Memahami kebutuhan, masalah, dan kontribusi dari anggota tim, serta menangani konflik yang mungkin terjadi.
  • Kemampuan Membantu Mengatur Penjualan: Membantu manajer dalam mengatur penjualan dan mencapai target penjualan yang telah ditetapkan.

Dengan memiliki kemampuan-kemampuan ini, Store Supervisor dapat menjalankan tugas dan tanggung jawab yang diberikan dengan baik, dan membantu perusahaan mencapai kinerja yang diharapkan.

Gaji rata-rata store supervisor di Indonesia

Gaji rata-rata untuk Store Supervisor di Indonesia bervariasi tergantung pada lokasi dan pengalaman kerja. Berdasarkan hasil pencarian, gaji rata-rata untuk Supervisor di Jakarta adalah sekitar Rp 5.571.956 per bulan. Sedangkan, gaji rata-rata untuk Supervisor Toko di Indonesia adalah sekitar Rp 4.354.613 per bulan. Namun, menurut sumber lain, Supervisor Toko memiliki kisaran gaji sekitar Rp 2,4 juta – Rp 5,3 juta per bulan pada tahun 2023. Gaji ini dapat berbeda-beda tergantung pada lokasi, perusahaan, dan pengalaman kerja.

Cara menjadi store supervisor yang handal

Untuk menjadi seorang Store Supervisor yang handal, terdapat beberapa langkah dan keterampilan yang dapat diperhatikan sebagai berikut:

Langkah untuk Menjadi Store Supervisor yang Handal:

  • Pahami Peran dan Tanggung Jawab: Memahami peran dan tanggung jawab seorang Store Supervisor, termasuk mengawasi karyawan toko, mengelola stok dan persediaan, serta memberikan layanan pelanggan yang unggul.
  • Kembangkan Keterampilan Manajemen dan Kepemimpinan: Fokus pada pengembangan keterampilan manajemen, kepemimpinan, dan komunikasi yang baik untuk mengelola tim dengan efektif.
  • Pahami Industri Ritel: Memahami persaingan dalam industri ritel dan berusaha untuk meningkatkan kinerja toko serta memenangkan persaingan dengan toko-toko lain dalam daerahnya.
  • Kembangkan Keterampilan Komunikasi: Meningkatkan keterampilan komunikasi baik secara verbal maupun tertulis untuk berinteraksi dengan karyawan dan pelanggan dengan efektif.
  • Pahami Kebijakan Perusahaan: Memahami kebijakan toko atau perusahaan dengan baik untuk memberikan arahan yang tepat kepada karyawan agar pekerjaan yang dilakukan sesuai target dan visi toko atau perusahaan.Keterampilan yang Harus Dimiliki Seorang Store Supervisor:
  • Keterampilan Komunikasi: Kemampuan untuk berkomunikasi secara efektif dengan karyawan dan pelanggan.
  • Kemampuan Manajemen Konflik: Kemampuan untuk mengelola konflik yang mungkin terjadi di lingkungan kerja dengan efektif.
  • Keterampilan Interpersonal: Kemampuan untuk berinteraksi dan bekerja sama dengan orang lain dengan baik.
  • Kemampuan Manajemen Waktu: Kemampuan untuk mengelola waktu dengan baik dan mengatur prioritas tugas dengan efektif.
  • Kemampuan Mendengarkan: Kemampuan untuk mendengarkan dengan baik dan memahami hambatan yang mungkin dialami oleh karyawan.

Dengan memperhatikan langkah-langkah dan keterampilan yang dibutuhkan, seseorang dapat mempersiapkan diri untuk menjadi seorang Store Supervisor yang handal.

Upgrade Skillmu Bersama Vocasia

Vocasia menawarkan beberapa kursus yang dapat membantu meningkatkan keterampilan seorang Store Supervisor, di antaranya:

  • Cara Mudah Menetapkan Target Kerja: Kursus ini membantu seseorang untuk memahami cara menetapkan target kerja yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Relevant, dan Timely) sehingga dapat mempermudah aktivitas mengelola proyek mulai dari tahap perencanaan, eksekusi, hingga evaluasi.
  • Mengelola Peran dan Tanggung Jawab dalam Pekerjaan: Kursus ini membantu seseorang untuk memahami bagaimana mengelola peran dan tanggung jawab dalam pekerjaan, termasuk mengawasi karyawan toko, mengelola stok dan persediaan, serta memberikan layanan pelanggan yang unggul.
  • Pelatihan Komunikasi Efektif di Dunia Kerja membantu peserta memahami strategi berkomunikasi efektif dalam konteks bisnis dan lingkungan kerja. Ini mencakup manfaat komunikasi bisnis, berbagai bentuk komunikasi, serta hambatan komunikasi di dunia kerja beserta solusinya.

Dengan mengikuti kursus-kursus ini, seorang Store Supervisor dapat meningkatkan keterampilan manajemen, kepemimpinan, komunikasi, dan pengambilan keputusan yang diperlukan untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab dengan baik.

Dalam artikel ini, kita bahas Store Supervisor, posisi kunci di industri ritel yang mengawasi karyawan, mengelola stok, dan memberikan layanan pelanggan. Terdapat diskusi mengenai tugas, tanggung jawab, skill, dan gaji rata-rata di Indonesia. Store Supervisor perlu keterampilan manajemen, kepemimpinan, komunikasi, dan pengambilan keputusan. Memahami peran dan tanggung jawabnya membantu Store Supervisor menjalankan tugas dengan efektif, berkontribusi pada kinerja perusahaan.

Penulis : Asep – Vocasia

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *