Tanggal:25 April 2024
Struktur Surat Lamaran Kerja

Struktur Surat Lamaran Pekerjaan Baik dan Benar Serta Contohnya

Struktur surat lamaran pekerjaan

Struktur Surat Lamaran Kerja-1

Sumber: unsplash.com (Justin Morgan)

Surat lamaran kerja adalah dokumen penting yang menjadi salah satu syarat dalam melamar pekerjaan baru. Umumnya dokumen satu ini dikirim berbarengan dengan curriculum vitae saat melamar pekerjaan.

Bagi yang ingin tahu apa yang harus ada dalam surat lamaran kerja, mimin akan membahas struktur surat lamaran pekerjaan beserta contohnya.

Bagian-Bagian yang Ada di Dalam Surat Lamaran Pekerjaan

Berikut adalah bagian-bagian yang harus tertera di dalam surat lamaran kerja yang sobat buat:

1) Header

Bagian ini berisi informasi kontak sobat, seperti nama lengkap, alamat, nomor telepon, dan alamat email. Ini memungkinkan perekrut untuk menghubungi sobat dengan mudah.

2) Salam Pembuka

Di bagian salam pembuka, sobat menyapa perekrut dengan menggunakan salam yang sopan, seperti “Hormat Kami” atau “Dear [Nama Perekrut]”. Jika Anda tidak tahu nama perekrut, sobat dapat menggunakan salam umum seperti “Dear Tim Perekrutan”.

3) Paragraf Pembuka

Bagian ini digunakan untuk memperkenalkan diri dan menyebutkan posisi yang sobat lamar. Jelaskan bagaimana Anda mengetahui lowongan tersebut dan ungkapkan minat dan antusiasme Anda terhadap perusahaan.

4) Paragraf Pengembangan

Di sini, jelaskan mengapa sobat tertarik pada posisi dan perusahaan tersebut. Sorotkan pengalaman, keterampilan, atau pendidikan yang relevan yang membuat sobat cocok untuk peran tersebut. Jelaskan bagaimana Anda dapat berkontribusi pada perusahaan dan mengapa Anda adalah kandidat yang tepat.

5) Paragraf Penutup

Gunakan paragraf ini untuk menegaskan minat sobat pada posisi tersebut. Sampaikan apresiasi Anda atas kesempatan untuk melamar dan sampaikan harapan sobat untuk dapat diberikan kesempatan wawancara. Disini sobat Juga bisa memberikan informasi kontak Anda lagi untuk memudahkan perekrut dalam menghubungi Anda.

6) Salam Penutup

Tutup surat lamaran dengan salam yang sopan, seperti “Hormat Kami” atau “Terima Kasih”. Jika sobat mengenal nama perekrut, gunakan salam yang sesuai dengan itu.

7) Tanda Tangan

Akhiri surat lamaran dengan menandatangani nama sobat secara manual di bawah salam penutup. Jika mengirimkan melalui email, cukup ketikkan nama lengkap Anda di bawah salam penutup.

Contoh Surat Lamaran Kerja Secara Penuh

Sobat bisa melihat lebih detail dengan melihat contoh gambar surat lamaran di atas ini.

Sekian artikel tentang “Struktur Surat Lamaran Pekerjaan”.

Sobat ingin tahu lebih dalam tentang penulisan surat lamaran kerja? Ayo segera ikuti kursus “Struktur Surat Lamaran Pekerjaan” dimana sobat bisa belajar semuanya tentang penulisan surat lamaran kerja. Langsung klik link di bawah untuk bergabung.

Menulis Surat Lamaran - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *