Tanggal:21 May 2024

Technical Skill: Pengertian, Manfaat, Cara Mengembangkan dan Contohnya

Seperti yang kita ketahui, seseorang pastinya memiliki dua jenis skill, pertama soft skill dan yang kedua hard skill. Kedua skill ini pastinya sangat dibutuhkan seseorang dalam menunjang hidupnya baik dalam bersosialisasi dan juga bekerja. 

Soft skill adalah keterampilan interpersonal atau keterampilan yang berfokus pada relasi manusia dan dapat digunakan dalam pekerjaan. Contoh dari soft skill adalah kemampuan berkomunikasi, kerja sama tim, dan mampu beradaptasi.

Berbeda dengan soft skill, hard skill adalah keterampilan yang dimiliki seseorang yang dikuasai melalui pembelajaran ataupun pelatihan khusus sehingga bisa memiliki kemampuan tersebut. Hard skill biasanya kemampuan yang dimiliki seseorang yang terkait dengan pekerjaannya. 

Salah satu contoh dari hard skill adalah technical skill. Lalu apa itu technical skill. Oleh karena itu, artikel ini akan membahas apa itu technical skills, manfaat, cara mengembangkannya, dan juga contohnya. Yuk simak artikel ini selengkapnya!

Apa itu Technical Skill?

Technical skill atau keterampilan teknis merujuk pada kemampuan seseorang dalam menggunakan teknologi, peralatan, dan prosedur yang berkaitan dengan bidang pekerjaannya. Keterampilan teknis sangat penting dalam berbagai bidang, seperti teknologi informasi, manufaktur, kedokteran, dan banyak lagi.

Technical skills berkaitan dengan hard skills, sebab technical skills berhubungan dengan penguasaan keterampilan khusus yang dapat memastikan talenta perusahaan dalam kemampuannya melakukan tugasnya. Hal ini pun menjadi pertimbangan mereka akan dipekerjakan atau tidak. Oleh karena itu, seseorang yang memiliki technical skill akan menunjukkan potensi mereka agar berkompeten dalam mengambil pekerjaan pada posisi tertentu.

Manfaat Technical Skill

Manfaat keterampilan teknis adalah dapat membantu seseorang dalam menyelesaikan tugas-tugas yang kompleks dengan efektif dan efisien. Keterampilan teknis juga dapat meningkatkan kualitas pekerjaan, mempercepat proses produksi, dan mengurangi biaya. Dalam lingkungan kerja yang kompetitif, keterampilan teknis yang solid dapat membuat seseorang menjadi lebih berharga di mata perusahaan dan meningkatkan peluang karier.

Cara Mengembangkan Technical Skill

Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengembangkan keterampilan teknis antara lain:

  • Belajar dari pengalaman dan kesalahan sebelumnya dapat membantu meningkatkan keterampilan teknis.
  • Mengikuti pelatihan dan kursus dapat membantu seseorang dalam mengembangkan keterampilan teknis mereka. Pelatihan dapat dilakukan di tempat kerja atau di luar.
  • Praktik secara teratur dengan peralatan dan teknologi yang digunakan di tempat kerja dapat membantu dalam meningkatkan keterampilan teknis.

Contoh Technical Skill

  • Bahasa Pemrograman, seperti Java, Python, atau Ruby sangat penting dalam bidang teknologi informasi.
  • Desain Grafis, skill dalam menggunakan perangkat lunak desain grafis seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, dan CorelDRAW yang penting dalam desain grafis.
  • Mekanik, keterampilan dalam menggunakan alat-alat mekanik seperti bor, mesin bubut, dan pengelasan sangat penting dalam bidang manufaktur dan konstruksi.
  • Analisis Data, mengolah dan menganalisis data dengan menggunakan perangkat lunak seperti Microsoft Excel, SPSS, atau R sangat penting dalam bidang bisnis dan keuangan.
  • Bahasa Asing, menguasai lebih dari satu bahasa seperti Inggris, Mandarin, atau Jepang dapat membuka peluang kerja di berbagai bidang internasional.

Sekian artikel mengenai “technical skills” dalam dunia pekerjaan. Semoga bisa membuka wawasan baru bagi para pembaca.

Ingin menambah skills baru? Saat ini Vocasia menyediakan kursus “Langkah Awal Belajar Desain Grafis Dengan Corel Draw“. Sobat bisa bergabung dengan menekan tombol di bawah ini!! Ayo buruan ikuti kursusnya!!

grit adalah

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *