Tanggal:18 May 2024

Teknik Analisis Biografi dalam Penelitian Kualitatif

Secara umum teknik analisis biografi adalah metode menganalisis sejarah hidup seseorang. Objek kajiannya adalah orang tersebut dan seluruh pengalaman hidupnya. Mulai dari kelahirannya, menjadi dewasa, sampai dengan masa tuanya, bahkan sampai orang tersebut meninggal dunia.

Teknik Analisis Biografi dalam Penelitian Kualitatif

Biografi dan autobiografi adalah sama-sama menghasilkan deskripsi sejarah diri seseorang. Namun dalam hal siapa yang menulis sejarah tersebut, berbeda antara biografi dan otobiografi. Apabila biografi dibuat oleh orang lain tentang suatu orang. Maka otobiografi ditulis sendiri oleh orang tersebut mengenai dirinya.

Pada awalnya biografi dibuat untuk mendeskripsikan sejarah hidup seseorang yang berjasa dalam bidang-bidang tertentu. Seperti politik, teknologi, sosiologi, antropologi, manajemen, komunikasi, dan sebagainya. Namun akhir-akhir ini biografi dibuat sesuai dengan keinginan orang tertentu. Bahkan sesuai dengan “pesanan” objek biografi itu sendiri. Analisis biografi menggunakan analisis deskripsi untuk mengungkapkan domain-domain sejarah penting dan jati diri seseorang. Yang menjadi objek analisis, seperti:

  • Identitas diri, keturunan, dan keluarga.
  • Perkembangan hidup semasa kecil dan orang-orang yang mempengaruhinya.
  • Sejarah pendidikan dan masa pertumbuhannya menjadi dewasa.
  • Sejarah pekerjaan dan reputasi.
  • Ideologi agama dan masyarakat yang mempengaruhinya.
  • Ajaran-ajaran moral yang diperjuangkan, serta,
  • Harapan-harapannya untuk masyarakat akan datang.

Sebagaimana analisis deskriptif lainnya. Maka biografi mengandalkan kemampuan penulis biografi untuk mengungkapkan fakta-fakta sejarah pribadi objek analisis. Dengan sejelas-jelasnya tanpa berniat menyembunyikan sesuatu hal yang terburuk, yang pernah terjadi. Pada analisis biografi terbaik adalah bila penulis mampu mengantarkan pembaca ke dalam kehidupan objek tulisan. Sehingga seakan-akan pembaca hidup bersama objek tulisan.

Nah, itu tadi penjelasan mengenai teknik analisis biografi dalam penelitian kualitatif. Semoga artikel ini bermanfaat, dan jangan lupa cek postingan artikel yang lainnya juga, ya!

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *