Tanggal:04 May 2024

Sudah menjadi rahasia umum, bukan, kalau masuk UI itu tidak semudah membalikkan telapak tangan? Kamu pasti sudah tahu, kalau Universitas Indonesia yang dikenal top ini menduduki peringkat pertama di daftar perguruan tinggi terbaik se-Indonesia versi QS Asia University Rankings 2022 loh. Jadi, siapa sih yang tidak mau masuk ke kampus impian yang satu ini? 

Nah, terus bagaimana sih, caranya bisa masuk UI? Kamu pasti cukup familiar ‘kan, dengan yang namanya SIMAK UI? SIMAK UI sendiri merupakan singkatan dari Seleksi Masuk Universitas Indonesia, yang mana seleksi ini menjadi salah satu ‘pintu masuk’ bagi kalian yang mau menjadi mahasiswa di kampus tersebut. Seleksi ini sendiri biasanya diadakan setelah diadakannya UTBK SBMPTN. Jadi, kalian masih punya kesempatan untuk masuk UI nih, walaupun tidak lolos melalui SBMPTN dan SNMPTN! 

“Tapi katanya SIMAK UI susah banget, tahu!”

Eits, jangan khawatir, di sini kalian akan tahu bagaimana tips and trick yang ampuh buat bisa lolos SIMAK UI, loh. Penasaran ‘kan, bagaimana caranya? Simak sampai tuntas beberapa tips beserta pembahasannya di bawah ini, yuk!

Pertama, kalian harus tahu kenapa ikut SIMAK UI itu perlu persiapan.

Seperti yang kalian udah tahu, soal SIMAK UI itu terkenal susah banget. Bahkan banyak yang bilang kalau soal SIMAK UI lebih susah daripada soal UTBK. Katanya, seorang tutor aja butuh beberapa hari loh buat memecahkan jawaban dari soal SIMAK UI. Kebayang enggak tuh, se-susah apa? Berdasarkan testimoni teman-teman yang sudah ikut SIMAK UI, soal dari seleksi itu sendiri berbeda tipenya dari soal yang keluar saat UTBK. Makanya, persiapan khusus untuk ikut SIMAK UI itu diperlukan banget. 

Kedua, kalian harus mencoba tenang saat menghadapi ujian.

Memang sih, mencoba tenang saat ujian itu tidak segampang yang dibayangin. Pasti ada saja rasa khawatir tidak bisa mengerjakan soal, atau kepikiran hasil seleksi SBMPTN yang baru saja keluar dan hasilnya tidak memuaskan, atau mungkin kurang fokus karena kepikiran batas durasi pengerjaan soal yang cuma sebentar. Tetapi, perlu diingat kalau pikiran dan hati yang tenang itu bakal berpengaruh baik buat performa kita sewaktu ujian. Belajar itu memang nomor satu, tapi tidak ada salahnya melakukan sedikit kegiatan untuk refreshing di sela-sela mumetnya belajar, loh! Contohnya, healing dan jalan-jalan santai sebelum ujian, melakukan hal-hal yang santai dan bikin hati kamu senang, atau sekadar mendekatkan diri dengan Tuhan. Pokoknya, lakukan apapun sebisa mungkin sampai kamu merasa tenang dan tidak panik saat ujian tiba.

Ketiga, banyakin latihan dari soal-soal tahun lalu.

Ini dia nih, strategi yang enggak boleh kalian lupakan selama persiapan ikut SIMAK UI. Seperti yang udah dibahas sebelumnya, soal SIMAK UI itu polanya jauh berbeda sama soal UTBK. Jadi, enggak akan cukup kalau kalian mengandalkan sisa-sisa ilmu dari hasil belajar UTBK aja. Nah, makanya kalian harus coba untuk latihan dari soal-soal SIMAK UI tahun lalu. Hal ini kalian lakukan agar kalian bisa merasa lebih familiar dengan pola soal SIMAK itu seperti apa. Banyaknya latihan dari soal-soal SIMAK UI tahun lalu bakal membuat kalian lebih kenal dengan tipe soal SIMAK UI dan juga cara-cara penyelesaiannya. Jadi kalian enggak akan kaget, deh, waktu ketemu soal SIMAK UI nanti!

Keempat, pola tidur yang baik itu penting banget.

Enggak sedikit loh, orang-orang yang terlalu mentingin belajar sampai lupa buat tidur yang cukup. Kalau menjelang ujian, pasti ada aja dari kalian yang suka begadang sampai dini hari cuma buat memantapkan belajar kalian. Padahal, terus-terusan begini sampai hari ujian itu enggak baik. Kalian tahu ‘kan, kalau ujian itu rata-rata dimulai pagi-pagi. Kalau terlalu terbiasa tidur terlalu malam dan bangun kesiangan, otak kalian akan kaget saat disuruh beraktivitas pagi, dan tentu aja itu akan mempengaruhi kinerja berpikir kalian saat ujian dan juga mengganggu fokus. Kalau terlanjur terbiasa begitu, coba deh, buat mulai tidur lebih cepat sekitar seminggu sebelum ujian tiba, agar otak kamu bisa lebih fresh saat ujian nanti.

Kelima, jangan asal-asalan saat mengerjakan soal!

Kalian tahu kan, kalau salah menjawab soal di SIMAK UI itu bakal mendapat poin -1. Makanya, kalian harus benar-benar kerjakan soal ujiannya dengan baik dan tidak asal menjawab pertanyaan dengan main tebak-tebakan. Sebaiknya, kalian fokus buat mengerjakan soal yang sekiranya kalian lebih paham terlebih dahulu. Setelah itu, baru coba mengerjakan soal yang lain. Terus, kalau ada soal yang terlalu sulit bagaimana nih? Katanya sih, bakal lebih baik untuk dibiarkan tetap kosong dulu daripada malah membuat skor kalian semakin jelek karena poin -1.

Itu dia lima tips dan sedikit informasi tentang ujian SIMAK UI. Pada akhirnya memang kalian enggak akan bisa sepenuhnya terpaku dengan tips ini, karena kalian yang paling paham cara kalian untuk bisa membuahkan hasil yang maksimal. Tapi, semoga tips and trick ini membantu kalian menghadapi ujian dengan lebih siap. Semangat!

Penulis: Naura Dhia Maharani (Kelompok C)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *