Tanggal:21 February 2024
Tips Investasi Kecil Bisa Hasilkan Keuntungan

Tips Investasi Kecil Bisa Hasilkan Keuntungan

Investasi adalah aktivitas penanaman uang atau modal (aset berharga) untuk tujuan memperoleh keuntungan. Pihak atau orang yang melakukan investasi disebut dengan investor. Investasi adalah salah satu faktor strategis dalam kegiatan perekonomian. Investasi juga biasa disebut dengan penanaman modal.

Investasi memang selalu dikaitkan dengan membutuhkan dana besar untuk memulainya padahal kegiatan investasi ini semakin lama semakin mempermudah mereka yang ingin memulai investasi. Baik itu dari segi kemudahan, maupun modal yang dibutuhkan dalam memulainya. Bahkan sekarang banyak yang menawarkan investasi modal kecil dengan keuntungan yang cukup tinggi. Tetapi kamu perlu memperhatikan dimana kamu berinvestasi, bagaimana skema tersebut berjalan dan tentunya ada atau tidak jaminan keamanan dari perusahaan tersebut.

Apabila kamu berniat melakukan investasi awal dan kamu sedang mencari investasi modal kecil, kamu harus menemukan investasi yang cocok dengan kamu selain cocok kamu juga perlu mencari investasi yang mudah, aman dan menguntungkan.

Jika modal besar menjadi alasan seseorang  untuk menunda investasi, maka mulai sekarang sudah harus mengubah persepsi tersebut. Saat ini, ada banyak investasi yang bisa diakses dengan mudah, bahkan dengan modal kecil yang dimulai dari Rp10 ribu.

Kehadiran sejumlah instrumen investasi dengan modal rendah ini tentu menjadi keuntungan tersendiri, sebab calon investor akan lebih leluasa untuk segera mulai menjalankannya di dalam keuangan. Namun meski hanya dengan modal terbatas saja, bukan berarti Anda bisa berinvestasi dengan asal-asalan, sebab beberapa perusahaan investasi ini terbilang besar dan sudah memiliki reputasi yang baik.

4 Investasi Modal Kecil Ini Wajib Kamu Coba!

  • Logam Mulia

Sudah tidak perlu diragukan lagi, investasi yang satu ini memiliki peminat yang cukup banyak dan tidak pernah tergerus zaman. Logam mulia ini bisa kamu dapatkan dalam beberapa ukuran, mulai dari 0,5 gram hingga 100 gram. Dengan investasi yang satu ini kamu bisa dengan mudah memulainya dari yang kecil saja.

Keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan dari investasi logam mulia ini yaitu kestabilan dan malah cenderung meningkat. Artinya, untuk kamu yang sedang mencari investasi modal kecil logam mulia ini bisa menjadi salah satu pilihan kamu.

  • Deposito Berjangka

Deposito berjangka adalah salah satu produk simpanan yang paling banyak digunakan di Indonesia, produk ini memiliki jangka waktu. Untuk penarikannya dapat dilakukan pada waktu yang telah disepakati antara deposan dan bank. Jangka waktunya sendiri beragam mulai dari 1 bulan, 3 bulan, 6 bulan, 12 bulan hingga 24 bulan.

Deposito berjangka biasanya diterbitkan sesuai dengan nama baik perorangan maupun lembaga. Penarikan bunga deposito berjangka ini dapat dilakukan secara tunai maupun pemindahbukuan dan setiap bunga depositonya akan dikenakan pajak sesuai dengan jumlah bunga yang diterima.

  • Saham

Banyak yang beranggapan bahwa bermain saham memerlukan modal yang besar. Padahal ini salah. Nyatanya banyak perusahaan sekuritas yang sudah menawarkan investasi saham dengan modal kecil bahkan mulai dari ratusan ribu saja. Di Indonesia sendiri masih banyak saham yang dijual dengan harga dibawah Rp 2 rb. Tetapi tentu kembali lagi ke diri sendiri yaitu apabila kamu ingin investasi yang menguntungkan dari saham, maka jangan hanya melihat dari harganya. Tetapi lihat prospek kenaikan dan pembagian dividennya. Oleh karena itu, pilih saham yang perusahaannya memiliki kredibilitas yang baik sehingga tentu membuat anak mendapatkan keuntungan yang baik. Untuk kamu investasi saham ini kamu harus memiliki kesabaran agar dapat mendapatkan hasil yang maksimal.

  • Reksa Dana

Investasi ini tidak perlu diragukan lagi selain dapat dimulai dengan modal kecil keuntungan dari investasi ini juga cukup baik. Tetapi tentu risiko yang kamu terima cukup tinggi juga sesuai dengan yang kamu dapatkan. Di investasi reksa dana modal awal yang kamu setorkan akan dikelola oleh manajer investasi yang profesional, dimana modal yang kamu investasikan itu akan disebar ke beberapa produk yang berbeda. Guna dari penyebaran modal investasi awal kamu ialah untuk menurunkan risiko yang dihadapi

Hal tersebut dilakukan untuk menurunkan risiko yang dihadapi bisa lebih rendah. Pastikan kamu memilih perusahaan investasi yang tepat sejak awal, di mana perusahaan tersebut telah memiliki reputasi dan bisa diandalkan. Di aplikasi Bibit, kamu nggak perlu khawatir, karena fitur Robo Advisor akan membantu kamu memilih produk reksadana dari Manajer Investasi sesuai track record mereka. Investasi reksadana jauh lebih mudah dan modalnya bisa mulai dari Rp 10.000 saja. Yuk, mulai investasi di aplikasi Bibit.

Penulis: Muhammad Rifqi (Kelompok C)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *