Tanggal:25 April 2024

15 Tips Lolos Tes CPNS 2023, Yuk Terapkan!

Tes CPNS sebentar lagi akan dibuka, untuk kamu yang ingin mendaftar CPNS pastinya harus mempunyai taktik atau strategi supaya lolos tes CPNS. Mengingat saingan kamu dalam tes CPNS ratusan ribu bahkan jutaan orang dari seluruh Indonesia. Jika kamu butuh tips untuk lolos tes CPNS 2023, jangan lewatkan artikel menarik ini!

Apa Itu Tes CPNS?

Sebelum membahas tips lolos tes CPNS, Minvo akan terlebih dahulu menjelaskan apa itu tes CPNS. Tes CPNS merupakan singkatan dari Tes Calon Pegawai Negeri Sipil. Tes ini diperuntukkan untuk kamu yang ingin menjadi PNS. Pada saat kamu lolos tes ini, kamu akan bekerja di instansi pemerintah yang sudah kamu pilih. Ada 3 kategori tes yang nantinya akan diuji pada tes CPNS mulai dari Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), Tes Karakter Pribadi (TKP).

Dikutip dari liputan6com, pada tahun 2021 terdapat 4,54 juta orang yang sudah mendaftar CPNS. Hal ini sangat tidak mengherankan apabila banyak sekali masyaakat Indonesia yang mendaftar CPNS, karena ada banyak sekali keuntungan menjadi CPNS, beberapa keuntungan ini akan kita bahas nanti.

Tips Lolos Tes CPNS 2023

Mau lulus tes CPNS? Yuk ikuti 15 tips berikut ini.

1. Susun Jadwal Belajar dengan Cermat

Menyusun jadwal belajar sangat diperlukan untuk membantu kamu sukses dalam mengerjakan tes CPNS. Kamu perlu merencanakan kapan dan berapa lama kamu akan belajar setiap harinya dan kamu juga perlu konsisten dalam mengerjakannya, karena disipilin sangatlah penting untuk memastikan kamu memiliki waktu yang cukup untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi berbagai soal dalam tes CPNS.

2. Pelajari Soal dari CPNS Tahun Lalu

Kamu bisa mempelajari soal-soal CPNS Tahun lalu, karena dengan begitu kamu akan familiar dengan format dan jenis soal yang diujikan dan juga dengan kamu mempelajari soal-soal CPNS dari tahun lalu akan meningkatkan peluang untuk kamu sukses mengerjakan soal CPNS.

3. Ketahui Durasi Pengerjaan Soal

Mengetahui waktu yang kamu butuhkan dalam mengerjakan soal sangatlah penting. Dengan kamu mengetahui hal itu, kamu bisa membandingkan menyusun strategi untuk menyelesaikan tes tersebut dengan efisien.

4. Perhatikan Passing Grade

Kamu harus memperhatikan passing grade agar tidak gagal dalam tes CPNS. Setiap tes CPNS memiliki passing grade atau nilai ambang batas yang harus kamu capai.  Dikutip dari Surat Keputusan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 651 Tahun 2023, nilai ambang batas Tes Intelegeni Umum (TIU) 65, Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 80, dan Tes Karakter Pribadi (TKP) 166.

4. Persiapkan semua Dokumen yang Diperlukan dengan Teliti

Pastikan kamu telah menyiapkan semua dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran. Jangan lupa untuk memastikan bahwa semua dokumen tersebut benar dan sesuai dengan persyaratan instansi dan formasi yang dibuka.

5. Pahami dengan Baik Syarat dan Ketentuan CPNS

Kamu tidak hanya harus mempersiapkan dokumen penting; kamu juga harus memahami syarat dan ketentuan lainnya. Baca dengan teliti syarat pendaftaran CPNS untuk mengetahui batas usia, pendidikan, dan persyaratan khusus lainnya yang berkaitan dengan setiap posisi.

6. Pertimbangkan untuk bergabung dalam Kelompok Belajar atau Mengikuti Kursus Online

Jika kamu kesulitan belajar sendiri, pertimbangkan untuk bergabung dalam kelompok belajar atau mengikuti kursus online yang dapat membantu kamu memahami materi dengan baik.

7. Tingkatkan Kemampuan Bahasa

Kemampuan bahasa Indonesia dan bahasa Inggris seringkali diuji pada tes CPNS. Oleh karena itu, diperlukan upaya untuk meningkatkan kemampuan berbahasa melalui kegiatan seperti membaca, menulis, dan memperluas perbendaharaan kata.

8. Selalu Update Informasi Seputar CPNS

Pastikan kamu selalu mencari tahu perkembangan informasi seputar CPNS. Hal ini sangat membantu kamu dalam mengetahui perubahan penting yang terjadi selama proses tes CPNS berlangsung.

9. Belajar Dari Pengalaman

Ada pepatah yang mengatakan bahwa pengalaman adalah guru terbaik memang benar dan dapat diterapkan dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam menghadapi tes CPNS.

Pengalaman yang dimaksud dalam hal ini, bukan hanya setelah kamu mengikuti tes CPNS saja. Bagi kamu yang belum pernah mengikuti tes CPNS, kamu bisa bertanya kepada orang-orang terdekat seperti kaka, teman terdekat, saudara, bahkan pacar untuk mendapatkan informasi CPNS lebih dalam.

10. Jangan Memforsir Diri Saat Belajar

Belajar CPNS memang sangatlah penting, tapi terus menerus belajar tidaklah baik untuk kesehatan kamu. Kamu harus tetap memperhatikan kesehatan badan dan juga kesehatan mental, agar dapat mengerjakan tes CPNS dengan baik.

11. Selalu Usahakan Mendapat Istirahat yang Cukup

Saran berikutnya adalah penting untuk mendapatkan istirahat yang cukup sebelum tes CPNS. Kesiapan mental dan fisik yang baik dapat membantu tes CPNS berjalan lancar. Anda dapat menggunakan strategi ini: satu hari sebelum tes CPNS, Anda harus fokus pada istirahat dan tidak terlibat dalam kegiatan belajar intensif. Melakukan ini akan membantu Anda merasa lebih rileks dan meringankan tekanan mental yang Anda hadapi sebelum tes.

12. Pahami Lokasi Tes

Pastikan kamu mengetahui lokasi tes dan bagaimana cara menuju kesana. Usahakan datang 1-2 jam sebelum tes dimulai ke lokasi tes. Hal ini untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti terjebak macet, nyasar, dan lainnya.

13. Selalu Minta Dukungan dan Restu dari Orang tua atau Keluarga

Seperti yang kita ketahui dukungan dan restu dari orang tua atau keluarga kita merupakan hal yang penting bagi kita, karena restu orang tua adalah doa terbaik yang dapat diminta oleh anaknya. Jadi, mintalah dukungan dan restu orang tua atau keluarga ya.

14. Kerjakan Dengan Tenang

Kamu memiliki peluang yang lebih besar untuk berhasil dalam tes CPNS jika kamu menghadapi tes dengan tenang dan tetap tetap berpikir jernih. Ini membantu Anda menjaga pemikiran yang jelas dan menghindari tergesa-gesa.

15. Jangan Berhenti Berdoa dan Teruslah Berusaha

Tips yang terakhir dari Minvo adalah teruslah berdoa kepada tuhan dan jangan menyerah di tengah jalan. Jika kamu mengalami kebuntuan pada saat menjawab soal CPNS, jangan panik dan berusahalah semaksimal mungkin untuk menjawabnya. Setelah menyelesaikan semua soal, jangan lupa berdoa agar jawaban kamu merupakan jawaban yang seharusnya.

 

Keuntungan Menjadi PNS

Apa yang membuat menjadi PNS itu begitu menarik? Selain stabilitas pekerjaan, ada banyak keuntungan lain yang bisa kamu nikmati saat memutuskan untuk menjadi PNS. Apa saja keuntungan itu? Simak penjelasan Minvo berikut ini ya.

1. Stabilitas Pekerjaan

Salah satu manfaat utama menjadi PNS adalah stabilitas pekerjaan. Ketika kamu berhasil lulus tes CPNS dan diterima sebagai PNS, kamu memiliki pekerjaan yang relatif aman dan terhindar dari PHK. Ini berarti kamu memiliki pekerjaan yang stabil yang dapat kamu rasakan dalam jangka panjang.

2. Mendapat Tunjangan Pemerintah

Sebagai Pegawai Negeri Sipil, kamu berhak mendapatkan berbagai tunjangan dan fasilitas yang diberikan oleh pemerintah. Ini termasuk tunjangan kinerja, tunjangan keluarga, dan bentuk tunjangan lainnya.

3. Ada Uang Pensiun

Alasan selanjutnya kenapa ada orang yang ingin menjadi PNS adalah mereka mendapatkan uang pensiun pada saat sudah tidak bekerja lagi di pemerintahan. Yang berarti seorang PNS akan tetap mendapatkan gaji walau sudah tidak bekerja lagi. Ini adalah salah satu daya tarik untuk menjadi PNS.

4. Pengembangan Diri

Sebagai PNS, kamu memiliki banyak peluang untuk berkembang. Pemerintah sering menyediakan pelatihan dan pendidikan lanjutan, yang merupakan kesempatan yang bagus untuk terus belajar dan berkembang sepanjang karier kamu sebagai seorang PNS.

5. Lingkungan Kerja yang Profesional

Lingkungan kerja dalam instansi pemerintah biasanya sangat profesional. Etika kerja yang kuat dan tat tertib yang baik menciptakan suasana kerja yang nyaman dan mendukung.

Rekomendasi Kursus Untuk Tes CPNS 2023

1. Ngitung Pecahan Ga Pake Pusing

Jika kamu masih bingung dengan menghitung pecahan, kursus ini akan sangat membantu. Kamu akan belajar dasar-dasar matematika seperti penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian pecahan di kursus ini. Kursus ini juga akan membuat operasi pecahan lebih mudah dipahami, membuatnya lebih menarik untuk dipelajari. Peluang kamu untuk sukses dalam soal TIU SKD CPNS akan meningkat dengan mengikuti kursus ini.

2. Belajar Operasi Bentuk Akar Dengan Mudah

Rekomendasi Minvo berikutnya adalah kursus Belajar Operasi Bentuk Akar Dengan Mudah. Di kursus ini, kamu akan belajar bagaimana mengoperasikan bentuk akar dengan mudah, yang akan membantu kamu menyelesaikan TIU SKD CPNS nantinya.

3. Menunjukkan Sikap dan Potensi Saat Wawancara Kerja

Kursus ini sangat Minvo rekomendasikan untuk kamu yang ingin sukses pada saat sesi wawancara berlangsung. Di kursus ini kamu akan belajar menjawab pertanyaan wawancara menggunakan metode STAR, bagaimana menunjukkan diri yang terbaik ketika wawancara, persiapan sebelum dan sesudah wawancara kerja.

 

Nah itulah beberapa penjelasan tips lolos tes CPNS dan apa saja keuntungan menjadi PNS. Jika sobat ingin meningkatkan peluang lolos CPNS, sobat bisa pertimbangkan untuk mengikuti kursus Vocasia yang sudah Minvo rekomendasikan di atas ya.

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *