Tanggal:22 June 2024

Begini Cara Membangun Customer Loyalty!

Loyalitas pelanggan harus diciptakan dalam sebuah bisnis agar bisnis tetap bertahan. Tak hanya itu, loyalitas pelanggan juga dapat mendorong pertumbuhan bisnis yang dijalankan oleh pelaku usaha. Dua hal tersebut dapat dicapai dengan menumbuhkan loyalitas pelanggan dan memberi audiens alasan untuk terus datang kembali ke usaha yang kamu jalankan.

Loyalitas pelanggan atau customer loyalty digambarkan melalui hubungan emosional yang berkelanjuran yang terjadi antara pelaku usaha dan pelanggan. Pelanggan memanifestasikan dirinya untuk terlibat dan berulang kali melakukan pembelian produk ataupun layanan yang disediakan oleh bisnis kamu. Loyalitas tercipta karena pelanggan mendapatkan pengalaman menyenangkan ketika melakukan pembelian yang akhirnya mendorong kepercayaan mereka.

Secara sederhana, terjadinya loyalitas adalah ketika pelanggan melakukan pembelian berulang. Apabila pelaku bisnis dapat berhasil memberikan manfaat besar dalam produk atau layanan serta memberikan pengalaman yang baik dan konsisten, maka bisnis akan mendapatkan manfaat dari costumer retention.

Meningkatkan customer loyalty tidak semudah yang kamu bayangkan karena membutuhkan waktu dan upaya untuk membangun kepercayaan dan investasi berkelanjutan dari pelanggan. Namun, tidak mudah berarti tidak bisa dilakukan. Berikut tips membangun customer loyalty yang bisa diterapkan oleh Sobat Vocasia dalam menjalankan bisnis. Simak artikelnya dan catat poin-poin pentingnya, ya!

  1. Kenali Pelanggan dan Biarkan Mereka Mengenali Kamu

Ilustrasi mendengarkan apa yang dibutuhkan pelanggan melalui customer service (freepik)

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk membangun loyalitas pelanggan adalah mengenal pelanggan kamu sendiri. Kamu bisa mendengarkan cerita mereka dan apa yang sebenarnya mereka butuhkan. Tak hanya itu, kamu bisa mengirimkan penawaran menarik kepada mereka pada hari ulang tahunnya.

Kamu juga harus mendorong mereka agar dapat mengenali kamu dengan menjelaskan informasi tentang bisnis yang kamu jalankan dengan jelas. Hal ini bertujuan agar pelanggan dapat mempercayai perusahaanmu sehingga membuat mereka lebih nyaman untuk berlangganan.

  1. Buat Program Loyalitas Pelanggan

Program loyalitas pelanggan merupakan ide bagus untuk membangun customer loyalty. Porgram ini merupakan program pemberian hadiah kepada pelanggan setia. Cara ini merupakan langkah untuk mengenali pelanggan dan menjaga mereka agar tertap terhubung dengan bisnis milikmu.

Pelanggan akan diberikan imbalan atau benefit apabila telah mencapai kriteria tertentu, seperti mendapat poin apabila telah total belanja mencapai Rp 100.000. Poin tersebut nantinya akan dikumpulkan oleh pelanggan dan jika telah mencapai poin tertentu pelanggan dapat menukarnya dengan produk gratis.

Baca juga: Mengenal Pelayanan Prima, Kunci Loyalitas Pelanggan!

  1. Berikan Konten Edukasi

Ilustrasi kepuasan pelanggan terhadap bisnis (freepik)

Untuk membangun customer loyalty, kamu akan kesulitan untuk mempertahankan pelanggan dalam jangka panjang apabila hanya terhubung saat mereka melakukan pembelian. Maka dari itu, berikan apresiasi kepada pelanggan dengan memberikan konten yang bermanfaar untuk mengedukasi mereka. Pelanggan akan lebih mengenali bisnis milikmu dengan baik sehingga mendorong pelanggan untuk lebih mengetahui manfaat dan value yang bisnis kamu berikan kepada mereka.

  1. Tunjukkan Kelebihan dan Nilai Perusahaan Kamu

Jawaban atas pertanyaan “apa yang bisnis ini lakukan dengan baik?” atau “apa penawaran atau promo unik yang berlaku saat ini?” akan membantu kamu untuk membingkai bisnis yang kamu jalankan. Maka dari itu, pastikan kamu memiliki jawaban yang baik karena hal ini merupakan bagian penting untuk menarik pelanggan yang loyal.

Supaya tetap terhubung dengan pelanggan, kamu harus loyal dan fokus pada upaya memberikan produk atau layanan yang terbaik. Cari tahu apakah bisnis yang kamu lakukan dapat diandalkan oleh pelanggan atau tidak.

  1. Aktif di Media Sosial

Cara membangun customer loyalty yang bisa kamu lakukan adalah dengan aktif di media sosial. Peran media sosial tidak bisa diremehkan dalam membangun loyalitas pelanggan, lho! Media sosial dapat menjadi tempat untuk menyebarkan informasi dan melakukan interaksi dengan pelanggan. Interaksi aktif yang terjadi dengan pelanggan akan menciptakan komunitas online yang kuat sehingga mendorong pelanggan untuk berbelanja kembali.

Baca juga: Social Media Handle: Apa Itu, Cara Membuat Dan Tips Memilihnya

  1. Minta Feedback Dari Pelanggan

Feedback dari pelanggan dapat meningkatkan kualitas bisnis (freepik)

Dalam menjalankan bisnis, kamu harus mendengarkan pelanggan dari feedback yang mereka berikan. Feedback adalah respon yang disampaikan oleh pelanggan setelah mereka menggunakan produk atau layanan dari bisnismu. Untuk menunjukkan apabila kamu menghargai pelanggan, mintalah feedback dari mereka seperti membuat survei yang disebarkan diplatform seperti media sosial.

Feedback dari pelanggan dapat membantu kamu mengenali hal positif maupun negatif dari bisnis yang kamu jalankan. Feedback bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kualitas bisnis karena kamu bisa langsung menerapkan solusi untuk memberikan mereka pengalaman yang lebih baik.

Baca juga: Belajar Mengenal Pentingnya Feedback Dalam Komunikasi

  1. Simpan Data Pelanggan

Simpan data pelanggan untuk memudahkan pelanggan berbelanja di masa mendatang. Cara yang bisa kamu lakukan adalah dengan membuat situs web khusus yang berfungsi menyimpan informasi pengiriman dan pembayaran mereka untuk melakukan pembelian cepat. Kamu bisa meminta pelanggan untuk membuat akun di situs web yang bisnis kamu miliki. Tujuannya adalah kamu memberikan kemudahan pelanggan dalam membayar dengan tidak harus memasukkan kembali nomor kartu kredit ketika mereka melakukan transaksi.

  1. Terus Tingkatkan Customer Experience

Meningkatkan customer experience dengan mendengarkan masukan atau keluhan pelanggan (freepik)

Untuk meningkatkan customer loyalty, jadikan ini sebagai proses evaluasi dan peningkatan berkelanjutan. Dunia akan terus berubah yang artinya keadaan juga terus berubah. Maka dari itu, kamu perlu teratur untuk memeriksa identitas atau value bisnismu. Kamu juga harus terus mengetahui dan mempelajari customer experience dengan berinteraksi atau meminta feedback dari pelanggan. Perhatikan masukan bahkan keluhan yang pelanggan sampaikan dengan baik.

Meningkatkan customer loyalty dapat mendatangkan berbagai manfaat pada bisnis yang kamu jalani, diantaranya meningkatkan penjualan, memperkuat hubungan dengan pelanggan, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, bisnismu membutuhkan solusi yang membantu untuk memahami apa yang dibutuhkan pelanggan berdasarkan riwayat pembelian, feedback, maupun interaksi yang terjadi.

Interaksi dengan pelanggan merupakan bagian penting untuk memberikan kesan yang baik sehingga penerapannya tidak bisa asal. Kamu bisa mengikuti kursus Membangun Keakraban Dengan Pelanggan Melalui Penerapan Gaya Komunikasi untuk meningkatkan kualitas interaksi yang terjalin dengan pelanggan yang dapat meningkatkan customer loyalty. Kursus tersebut akan memudahkan kamu untuk mengenali gaya komunikasi diri dan pelanggan serta kamu akan meraih kemampuan untuk menerapkan gaya komunikasi sesuai dengan tipe pelanggan.

Akses kursusnya sekarang juga untuk meningkatkan customer loyalty yang maksimal!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
virtual selling
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *