Tanggal:10 May 2024
Tips Memilih Mobil Baru & Murah

Tips Memilih Mobil Baru & Murah

Sudah di dibulan ke empat di tahun 2023 nih, yakin teman-teman belum ada resolusi untuk membeli mobil baru? Membeli mobil impian memang tidak mudah ya teman-teman, tapi tidak usah khawatir karena ada beberapa tips untuk membeli mobil baru dan yang pastinya murah dan berkualitas dong. Yakin teman-teman ngga penasaran? Yuk, intip tips nya dibawah ini ya!

Berikut beberapa tips untuk membeli mobil baru murah, berkualitas, dan pastinya aman:

  • Riset seputar mobil terbaru

Nah, sebelum teman-teman memutuskan untuk membeli jenis mobil, alangkah baiknya teman-teman harus melakukan riset terlebih dahulu ya. Karena dari riset tersebut teman-teman bisa mengetahui jenis mobil yang teman-teman inginkan. Selain itu, bisa mengetahui juga perbedaan jenis mobil satu dengan lainnya.

Di usahakan teman-teman juga melakukan beberapa kali riset jenis mobil ya. Kemudian, perbandingan ini bisa dilihat dari keunggulan dan kekurangan dari mobil tersebut. Seperti spesifikasi ekterior dan interior, kebutuhan bensin, system servis, dealer resmi, dan lain sebagainya. Jadi, pastikan sebelum membeli harus melakukan riset terlebih dahulu ya.

  • Pilih mobil sesuai kebutuhan

Langkah selanjutnya setelah melakukan riset yaitu menentukan mobil sesuai dengan kebutuhan teman-teman. Dengan mengetahui kebutuhan dari teman-teman maka bisa menentukan pilihan mobil yang tepat.

Contohnya, mobil yang teman-teman butuhkan hanya untuk kegiatan keseharian saja yaitu untuk pergi ke kantor, ataupun sekedar hangout dengan orang lain. Nah dari situ pasti membutuhkan mobil yang tidak terlalu besar, maka sebaiknya hindari mobil yang kapasitasnsya besar seperti jenis sedan dan lain-lain.

  • Tentukan budget

Tips selanjutnya yaitu menentukan dan menyiapkan budget untuk membeli mobil baru murah. Tentunya teman-teman pasti sudah menyiapkan budget untuk membeli kebutuhan mobil baru, akan tetapi sebaiknya dipastikan lagi apakah budget tersebut sudah sesuai dengan harga dipasaran atau belum. Kemudian, saat melakukan pembayaran baiknya dilakukan secara kredit ataupun tunai ya.

  • Pilih kredit mobil yang tepat

Tips membeli mobil baru yang mudah dan cepat yaitu teman-teman bisa memanfaatkan layanan kredit mobil yang disediakan oleh beberapa perusahaan pembayaran atau dari store yang teman-teman kunjungi loh. Tapi, pastikan teman-teman memilih kredit mobil yang tepat ya.

Ketika ingin melakukan pembayaran melalui kredit pastikan memilih layanan yang sudah terpercaya dan di awasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) agar proses transaksi yang dilakukan juga aman dan terpercaya.

  • Bayar DP lebih tinggi pada saat kredit

Tips selanjutnya yaitu agar angsuran lebih murah dan mudah teman-teman bisa membayar Down Payment (DP) lebih tinggi di awal. Karena DP yang lebih tinggi dibayar dibawal akan mengurangi durasi angsuran perbulan. Dan tentunya angsuran perbulan akan lebih sedikit dan dapat mengurangi beban finansial dari teman-teman.

Selain itu, apabila teman-teman menggunakan sistem pembayaran kredit biasanya teman-teman akan mendapatkan cashback atau potongan loh, lumayan kan sisanya untuk membeli kebutuhan yang lain. Dan tentunya masih banyak keuntungan lain yang ditawarkan oleh perusahaan apabila meggunakan sistem kredit dan tentunya membayar DP diawal lebih tinggi, Keuntungan yang seperti ini dapat teman-teman manfaatkan juga ya.

  • Beli mobil baru murah di pameran

Selanjutnya, salah satu tips yang cukup penting akan tetapi seringkali dilewatkan yaitu membeli mobil murah di pameran. Biasanya mobil yang dijual pada pameran otomotif tentunya banuak sekali promo atau diskon yang bisa teman-teman dapatkan loh. Oleh karena itu, penting banget untuk teman-teman bisa datang Ketika ada pameran mobil yang sedang digelar. Nah, teman-teman bisa mengunjungi pameran mobil terdekat di kota tempat tinggal teman-teman. Seringkali pameran mobil ini juga diadakan di mall-mall besar, tentunya harga yang ditawarkan juga relative murah apabila teman-teman membeli mobil dipameran. Jadi, jangan sampai ketinggalan info pameran ini ya!

  • Berkonsultasi ke ahlinya untuk menemukan harga mobil yang sesuai

Ada banyak penawaran menarik yang diberikan oleh  marketplace-marketplace jual beli mobil. Mulai dari diskon, aksesoris tambahan, sampai pada pemberian cashback. Para penjual berlomba mempromosikan produk mereka semenarik mungkin dengan harga bersaing. Oleh karena itu, sebagai pembeli kita harus pandai mengatur budget pembelian mobil dengan baik. Sulit untuk menentukan berapa nilai pasti dari “mobil murah”. Ada yang beranggapan bahwa mobil seharga 100 juta itu murah, dan ada yang menganggap mobil 150 juta murah. Semua itu kembali lagi pada budget masing-masing individu. Kita bisa menemukan marketplace-marketplace seperti diatas di internet. Bahkan ada juga yang sudah mempunyai aplikasi sendiri. Anda bisa mengaksesnya kapanpun dan dimanapun

Untuk mendapatkan harga terbaik, sebaiknya Anda sering-sering menyegarkan halamannya. Sebab, biasanya beberapa penawaran promo mempunyai batasan waktu. Jadi, Anda harus banyak bersabar untuk mendapatkan mobil impian dengan harga sebagus mungkin.

Penulis: Ani Alfiyani (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *