Tanggal:20 May 2024
merawat ban serep

Tetap Perhatikan! Berikut Tips dalam Merawat Ban Serep Mobil Anda! Nomor 5 Wajib Hukumnya

 

merawat ban serep

Merawat ban mobil

Ban mobil merupakan salah satu komponen yang sangat penting bagi mobil itu sendiri. Biasanya setiap kendaraan roda empat khususnya mobil harus memiliki ban cadangan atau biasa disebut sebagai ban serep. Beberapa mobil kadang-kadang menyimpan ban cadangan atau ban serep di dalam bagasi mobil tetapi ada juga yang menggantungnya di bagian luar bagian belakang atau dekat dengan bumper mobil. Hal tersebut bertujuan untuk berjaga-jaga jika Anda mengalami kendala atau permasalahan pada saat berkendara seperti ban mobil pecah atau bocor di jalan tol atau di malam hari dan sulit mencari bengkel mobil terdekat. Meskipun jarang digunakan, tetapi bila dalam keadaan yang mendesak ban serep akan menjadi sangat berguna dan penyelamat untuk Anda. Bahkan, terdapat aturan yang mengharuskan pemilik mobil selalu membawa ban serep yang tertuang dalam Undang-Undang (UU) No. 22 Tahun 2009, Pasal 57 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. 

Ban serep dapat didefinisikan sebagai komponen mobil yang tersedia untuk mengganti ban utama ketika terjadi kendala atau kerusakan pada ban utama mobil. Pada umumnya, ban serep mobil atau ban cadangan memiliki ukuran yang berbeda dengan ban utama. Ban serep mobil memiliki ukuran yang lebih kecil dibandingkan dengan ban utama mobil yang biasanya digunakan. Salah satu tujuan dari ukuran ban serep mobil kecil yaitu agar ban serep dapat menghemat ruangan pada bagasi mobil. Selain ukurannya yang kecil, ban serep juga lebih tipis dibandingkan dengan ban utama. Selain itu, bahwa ban serep mobil memiliki kekuatan yang jauh lebih rendah dibandingkan ban utama mobil. Hal tersebut membuat ban serep mobil menjadi lebih cepat rusak dibandingkan ban utama mobil. 

Agar kondisi ban serep mobil selalu dalam keadaan prima dan maksimal serta siap digunakan dalam keadaan darurat dimana kapan saja, perawatan ban serep mobil menjadi hal yang sangat penting untuk dilakukan oleh para pengendara mobil. 

Simak hal-hal berikut ini untuk mengetahui tips atau cara untuk merawat ban serep mobil Anda!

1) Secara Rutin Melakukan Rotasi Ban

Tips merawat ban serep mobil yang pertama yaitu dengan melakukan rotasi ban mobil secara rutin dan berkala. Dimana ban serep mobil yang jarang digunakan dapat mengurangi tingkat elastisitas yang dimiliki sehingga menyebabkan karet ban mobil menjadi lebih keras. Apabila dipakai, maka akan menghasilkan perputaran yang kurang baik sehingga berbahaya untuk digunakan pada mobil Anda. Dengan demikian, melakukan rotasi ban serep mobil secara rutin dan berkala dengan cara menggantinya bersama keempat ban lain sehingga elastisitas ban tetap terjaga.

2) Periksa Tekanan Angin

Tips merawat ban serep mobil yang kedua yaitu memperhatikan dan memeriksa tekanan angin ban serep mobil dengan tepat, rutin, dan stabil. Dimana ban serep mobil yang jarang digunakan tentu saja akan mengalami pengurangan tekanan angin didalamnya dikarenakan pori-pori yang ada di permukaan karet ban bisa mengeluarkan angin yang ada di dalam ban.

Oleh karena itu, Anda harus mengecek tekanan angin pada ban serep mobil setidaknya sekali setiap bulannya, apabila setelah dicek ternyata memang kurang angin maka Anda dapat menambahkan angin pada ban serep mobil secara perlahan-lahan. Selain itu, pengecekan tekanan angin pada ban serep mobil juga bisa dimanfaatkan untuk mengecek apakah terdapat kebocoran ataupun masalah lainnya pada ban serep mobil.

3) Bersihkan Ban Serep Mobil Secara Berkala

Tips merawat ban serep mobil yang ketiga yakni membersihkan ban serep mobil secara rutin dan berkala. Ban serep mobil yang jarang digunakan apalagi kotor dan tidak sering dibersihkan dapat menyebabkan kualitas ban serep mobil menurun. Dalam membersihkan ban serep mobil dianjurkan menggunakan kain atau lap kering dibandingkan kain basah atau cairan lainnya. Hal tersebut dikarenakan air pada lap atau kain basah dapat mengendap pada permukaan ban yang nantinya bisa membuat ban tersebut menjadi berkarat yang akan mengikis pelek ban, sehingga ban serep tersebut tidak bisa lagi digunakan. Selain itu, Anda bisa memberikan pelembab khusus ban yang mampu menjaga elastisitas ban sehingga membuatnya tetap dalam kondisi prima saat hendak digunakan.

4) Gunakan Pelindung/Cover Ban Serep Mobil

Tips merawat ban serep mobil yang keempat adalah menggunakan pelindung atau cover ban serep mobil. Dimana pelindung atau cover ban berfungsi untuk melindungi ban serep mobil dari berbagai kotoran, debu, ataupun lainnya sehingga terjaga kebersihannya. Selain itu, pelindung atau cover ban berfungsi juga untuk melindungi ban serep mobil dari paparan langsung sinar matahari yang terik dan guyuran hujan. Fun Fact yang perlu untuk Anda ketahui, kualitas ban mobil bisa menurun apabila terganggu dengan beragam masalah tersebut.

5) Perhatikan Usia Ban Serep Mobil Anda

Terakhir, tips merawat ban serep mobil yang keempat yaitu memperhatikan usia ban serep mobil yang anda gunakan. Ban mobil mempunyai masa kadaluarsa atau yang biasa dikenal dengan masa pakai yang akan mempengaruhi kualitas dari ban serep mobil itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan elastisitas atau tingkat kelenturan karet ban setiap tahunnya akan mengalami penurunan kualitas.

Asosiasi Produsen Ban Indonesia menjelaskan bahwa batas penggunaan ban hingga 4 tahun dari tanggal produksi. Anda bisa mengetahui masa kadaluarsa ban dengan melihat kode produksi yang tertera pada ban serep mobil milik anda.

Apabila ban serep mobil Anda sudah melewati usia sesuai standarnya, maka sebaiknya Anda dapat mengganti ban serep mobil baru. Jika anda tidak segera menggantinya, maka bisa menimbulkan banyak risiko mulai dari kerusakan komponen mobil hingga menyebabkan kecelakaan.

Sekian artikel tentang merawat ban serep mobil yang bisa diterapkan oleh pembaca.

Penulis Asli: Pramudya Yahumil Ishaq [Kelompok D – Studi Independent Vocasia]

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *