Tanggal:21 July 2024
komponen mobil

Catat Jangan Disepelekan! Berikut Komponen Mobil yang Wajib Diperhatikan oleh Pemilik!

komponen mobil

Bagian Penting Mobil Modern

Saat ini, kendaraan khususnya mobil telah menjadi kebutuhan transportasi sehari-hari bagi masyarakat. Di mulai dari aktivitas untuk mengantar anak ke sekolah, bekerja hingga mengunjungi beberapa kerabat dan teman yang sekarang menjadi mudah jika memilih menggunakan mobil apalagi mobil pribadi. Sebagai pemilik tentunya harus rajin memperhatikan kondisi mobil yang dimiliki baik itu perawatan atau servis agar mobil Anda tidak mudah mogok dan bermasalah.

Apalagi kita tau bahwa mobil sendiri adalah benda bergerak yang terdiri dari beragam komponen mekanis saling berkaitan dan rentan terhadap kerusakan. Hal tersebut biasanya dikarenakan oleh faktor umur atau pemakaian mobil itu sendiri. Beberapa komponen di antaranya sering disepelekan padahal peranannya sendiri sangat penting. Menyepelekan perawatan pada komponen pada mobil justru akan merugikan diri sendiri. Jika mobil mengalami masalah, tentunya akan menjadi hal yang sangat mengganggu aktivitas Anda dan bahkan membuat dompet Anda kering tentunya karena biaya perbaikan yang tambah membengkak.

Berikut ini adalah komponen mobil yang tak boleh disepelekan antara lain:

1) Battery (Aki)

Komponen mobil pertama yang sering mengalami kerusakan bagi pengendara adalah Aki. Mobil yang jarang digunakan sudah dipastikan sulit untuk dinyalakan karena terjadi penurunan daya listrik pada aki dengan sendirinya. Hal tersebut bisa menjadi lebih parah apabila umur aki mobil semakin tua sebab komponen di dalam aki mobil yang akan semakin mudah kehilangan daya simpan tenaga listriknya. Tanda aki mengalami masalah terdapat pada redupnya lampu mobil, mobil kadang sulit dihidupkan, dan bunyi klakson tidak nyaring.

Untuk itu, pastikan Anda telah mematikan seluruh perangkat kelistrikan seperti audio, lampu dan lainnya pada mobil sebelum meninggalkan area parkir. Jika tidak, maka arus listrik dari aki akan terkuras habis dan mobil sulit dinyalakan. Saran untuk mengatasinya yaitu sering menghidupkan mobil dua hari sekali tanpa perlu menyalakan sistem kelistrikan yang lain. Tidak perlu lama-lama, cukup 10-15 menit dan sesekali jalankan mobil keluar rumah untuk pengisian daya listrik pada aki yang lebih maksimal.

2) Kopling (Disc Clutch)

Komponen mobil kedua yang harus diperhatikan adalah Kopling. Sebagai komponen yang mengandalkan gaya gesek, kopling pada mobil akan mengalami penurunan performa seiring dengan lama pemakaian. Untuk itu wajib untuk ganti kampas kopling ketika perpindahan gigi pada mobil yang terasa tidak halus.

Tanda lainnya kopling mengalami masalah adalah muncul bau menyengat dan tuas transmisi menjadi lebih keras ketika dioperasikan. Disclaimer! Mengabaikan perawatan dan penggantian kopling dapat membuat tenaga mesin tidak optimal tersalur dan boros bahan bakar. Sebagai tips untuk mencegahnya yakni mengemudi secara halus dan menerapkan eco driving dapat memperpanjang usia kampas kopling dan komponen kopling lainnya.

3) Ban Mobil

Komponen mobil ketiga yang tidak boleh dianggap remeh yakni Ban. Selain membuat kenyamanan bagi pengendara, ban mobil juga memiliki peran sangat penting dalam menunjang keselamatan. Tentunya mengabaikan perawatan ban berarti mengabaikan keselamatan berkendara Anda. Tanda untuk mengecek ban secara visual adalah ban tampak aus (botak), retak-retak, selalu kurang angin menjadi indikator nyata bahwa komponen tersebut harus segera diganti.

4) Alternator

Komponen mobil keempat yaitu Alternator. Kerusakan atau permasalahan pada alternator bisa menjadi pemicu mobil Anda mengalami masalah atau mogok. Alternator memiliki peran penting karena berfungsi sebagai penyuplai listrik atau penyalur listrik ke bagian aki mobil. Jika penyuplainya rusak, tentu aki pun akan tidak dapat digunakan dan mesin mobil tidak akan menyala. Pastikan Anda mengecek penyebab mobil mogok terlebih dahulu sebelum membeli spare part.

5) Dinamo Starter

Komponen mobil kelima yaitu dinamo starter yang berfungsi untuk memutar mesin pertama kali. Komponen ini memang jarang sekali mengalami kerusakan, akan tetapi jika dinamo starter sudah rusak karena usia pemakaian, mobil Anda akan cepat mogok. Anda tidak harus membeli dinamo starter jika komponen ini rusak, Anda bisa membawa ke bengkel dan mengecek apakah komponen ini masih bisa direparasi atau tidak.

6) Karburator Mobil

Komponen mobil keenam adalah Karburator mobil. Kaburato mobil biasanya berkaitan dengan bahan bakar yang masuk ke dalam mobil terlalu sedikit. Hasilnya, pembakaran menjadi tidak sempurna dan akan terjadi masalah menghidupkan (starter mobil) sulit untuk hidup.

Untuk memastikan kondisi karburator masih berfungsi dengan baik cukup mudah. Anda bisa memahami cara kerja karburator mobil terlebih dahulu atau langsung melepaskan selang yang terhubung ke bagian karburator dan memasukkannya ke dalam botol.

7) Timing Belt

Komponen mobil ketujuh merupakan komponen penting yang membuat mesin mobil bisa beroperasi yaitu Timing Belt.

Timing belt alias sabuk merupakan komponen yang menghubungkan kruk as dan camshaft mobil Anda. Jangan sekali-kali Anda mencoba memperbaikinya sendiri lebih baik menggunakan jasa bengkel atau servis terdekat. Karena kesalahan sekecil apapun yang kamu lakukan saat mencoba mengganti atau memperbaiki timing belt, bisa berakibat buruk dan kerusakan jangka panjang pada mesin mobil Anda.

8) Shock Breaker

Komponen mobil kedelapan merupakan komponen penting yang sangat dilarang bagi Anda yang tidak mempunyai keahlian khusus dalam dunia otomotif untuk memperbaikinya yaitu Shockbreaker. Shockbreaker adalah komponen yang berpengaruh terhadap sistem keamanan dan rem mobil Anda.

Selain itu, mengganti shockbreaker sendirian juga berisiko pada keselamatan Anda sendiri. Banyak kasus yang menyebutkan jika pemilik mobil yang mencoba memperbaiki sistem shockbreaker sendiri berisiko cedera. Jadi daripada terjadi hal-hal yang tak diinginkan, maka bawa saja mobilmu ke bengkel profesional.

9) Rem Mobil

Kesembilan, komponen mobil yang merupakan bagian mobil yang sensitif yakni Rem apalagi tidak diperbaiki dengan benar. Dimana komponen rem seperti Cakram Rem pada mobil juga harus diperhatikan oleh pengendara. Karena cakram rem sendiri apabila mobil jarang untuk digunakan bisa menyebabkan cakram rem berkarat. Sistem rem pada mobil, bukan hanya soal bantalan saja. Namun juga ada kaliper, rotor, bantalan roda, dan minyak rem.

Apalagi jika Anda tidak mempunyai keahlian khusus dalam dunia otomotif, jangan sekali-kali mencoba memperbaikinya sendiri lebih baik menggunakan jasa bengkel atau servis terdekat.

10) Sistem Transmisi

Terakhir, komponen yang sifatnya penting untuk diperhatikan yakni sistem transmisi alias ganti persneling pada mobil (terutama mobil manual). Apalagi mengubah cairan transmisi di mobil pun sebenarnya membutuhkan prosedur khusus dan oleh yang Ahli tentunya sehingga memperbaiki sistem transmisi mobil tanpa keahlian khusus itu sangat berisiko dalam merusak permesinan mobil Anda.

Sekian artikel tentang komponen mobil yang wajib diketahui.

Penulis Asli: Pramudya Yahumil Ishaq [Kelompok D – Studi Independent Vocasia]

 

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *