Tanggal:20 May 2024
tune up

Mesin adalah Nyawa Mobil!!! Pentingnya Tune Up Mesin Mobil Secara Berkala!

tune up mesin

Istilah Tune-Up mungkin sudah sering terdengar bagi Kalangan Pengendara Mobil maupun Pecinta Otomotif. Apalagi bagi Anda yang ingin menempuh perjalanan jauh menggunakan kendaraan mobil pribadi tentunya mobil anda harus dalam kondisi sehat dan prima tanpa mengalami masalah. Nah, alangkah baiknya Anda melakukan pemeriksaan terkait kondisi mobil salah satunya tune up pada mesin mobil kesayangan Anda.

Istilah tune up sendiri berasal dari kata “tune” dan “up” yang dapat diartikan bahwa mengatur atau mengembalikan performa. Dengan demikian, tune up adalah upaya untuk melakukan penyetelan ulang dan membersihkan semua komponen serta sistem yang ada di mesin mobil agar performanya kembali seperti semula bahkan mengalami peningkatan atau Upgraded.

Secara umum, tune up mobil merupakan salah satu proses perawatan kendaraan khususnya mobil yang dilakukan secara rutin dengan tujuan agar memastikan performa mesin mobil tetap prima, optimal, dan efisien. Biasanya prosedur tune up mesin mobil dapat meliputi pemeriksaan, perawatan, dan penggantian komponen pada mobil untuk memastikan mobil dapat beroperasi dengan baik dan efisien.

Terdapat beberapa kondisi yang tepat untuk melakukan tune up mobil yang disebabkan oleh faktor eksternal seperti usia mobil, jarak tempuh mobil, kondisi penggunaan mobil maupun faktor internal seperti tempat pabrikan mobil.

Berikut merupakan sinyal atau tanda yang harus Anda ketahui dan perhatikan apabila mobil Anda sudah membutuhkan perawatan Tune Up antara lain:

  1. Mesin mobil sulit untuk dihidupkan atau tidak berjalan secara mulus/lancar.
  2. Konsumsi bahan bakar (BBM) yang meningkat tidak seperti biasanya.
  3. Suara bunyi mesin mobil yang tidak wajar atau tidak stabil.

Dengan demikian, dilakukannya Tune Up Mobil secara rutin dan berkala, maka dapat meminimalisir kerugian yang akan Anda alami yang muncul diakibatkan oleh Mobil yang mengalami kerusakan seperti kerusakan komponen mobil sehingga mogok atau tidak bisa dijalankan dan sebagainya. Nah, simak hal-hal ini untuk mengetahui benefit atau manfaat Tune Up Mobil secara rutin!

1) Mengoptimalkan Performa Mesin Mobil

Pertama, manfaat mobil yang melakukan Tune Up yakni dapat mengoptimalkan performa mesin mobil anda. Dengan melakukan tune up mesin mobil, tentu akan memberikan manfaat yang cukup besar seperti performa mobil yang akan lebih maksimal dan terjaga dari kondisi-kondisi yang tidak diinginkan.

Proses tune up mesin mobil ini sendiri Akan berfokus pada bagian yang berhubungan dengan mesin itu sendiri seperti mengganti oli mesin, ganti oli transmisi, memeriksa tekanan kompresi, hingga mengganti saringan oli mesin.

2) Mengecek dan Memastikan Kondisi Komponen Mobil Lainnya

Kedua, manfaat mobil yang melakukan Tune Up adalah dapat memastikan dan mengecek beberapa komponen mobil yang masih dalam kondisi yang prima atau stabil. Apalagi mobil Anda merupakan keluaran tahun lama dan sering sekali Anda gunakan, namun dikarenakan Anda sering melakukan perawatan Tune Up pada mobil Anda secara baik maka Anda akan mengetahui kondisi dari komponen mobil anda secara mendetail.

3) Performa Komponen Mesin Mobil Tetap Terjaga

Ketiga, manfaat mobil yang melakukan Tune Up adalah performa komponen mesin mobil tetap terjaga dan dalam kondisi baik. Apalagi mesin mobil merupakan komponen yang sangat penting, jika tidak dirawat dengan baik akan memengaruhi performa dari mobil. Adanya perawatan Tune Up mesin mobil tentu akan memberikan dampak positif di mana mekanik dapat memastikan kondisi bagian atau komponen mesin tetap berjalan lancar dan sesuai

4) Memperpanjang Usia Pakai Mobil Anda

Keempat, manfaat mobil yang melakukan Tune Up adalah bisa memperpanjang usia pakai kendaraan mobil Anda. Hal tersebut dikarenakan proses tune up seperti ini mampu untuk menjaga performa kendaraan menjadi tetap prima dan membuatnya seperti masih baru lagi.

Apalagi kita tahu bahwa kondisi mesin mobil bisa mengalami penurunan performa hingga berujung mogok atau mesin mati. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk melakukan perawatan Tune Up supaya performa tidak menurun.

5) Memastikan Fungsi Celah Katup dan Filter Udara

Kelima, manfaat mobil yang melakukan Tune Up yaitu dapat memastikan fungsi dari saringan atau filter udara di dalam mesin mobil agar tetap terjaga secara baik dan optimal. Kurangnya perawatan pada mobil dapat membuat saringan atau filter udara tidak berjalan atau berfungsi sebagaimana mestinya yang tentu saja akan berpengaruh terhadap performa mobil. 

Selain saringan atau filter udara, perawatan Tune Up mesin mobil juga dapat berfungsi untuk melakukan pengecekan pada Celah Kabel Busi dan Celah Katup.

6) Mencegah Terjadinya Kerusakan pada Mobil sehingga Mengurangi Biaya Perbaikan yang Mahal

Keenam, manfaat mobil yang melakukan Tune Up yaitu bisa mencegah terjadinya kerusakan yang parah dikarenakan pada saat ada sedikit tanda-tanda kerusakan pada mobil Anda maka secara langsung Anda akan ke bengkel untuk memperbaikinya.

Berbeda apabila Anda tidak melakukan pemeriksaan mobil secara rutin, dimana bisa saja kerusakan kecil yang dibiarkan akan bertambah parah, sehingga biaya untuk memperbaikinya jadi lebih mahal.

7) Meningkatkan Kenyamanan pada Saat Berkendara

Terakhir, manfaat mobil yang sering dan rajin melakukan Tune Up sudah pasti memiliki kelebihan yaitu mengefisiensikan penggunaan bahan bakar (BBM) sehingga pengendara tidak perlu khawatir terkait biaya bensin atau bahan bakar yang mahal dan sering kali dikeluhkan apalagi pada saat liburan atau perjalanan jauh. Selain itu, Mobil yang sudah melakukan Tune Up juga terbukti aman sehingga pengendara tidak perlu risau atau khawatir apabila mobilnya mengalami kerusakan ditengah jalan dan sebagainya.

Sekian artikel tentang pentingnya tune up mobil.

Penulis Asli: Pramudya Yahumil Ishaq [Kelompok D – Studi Independent Vocasia]

kursus belajar membuat dimsum vocasia

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *