Tanggal:22 February 2024
Tutorial flat design long shadow (youtube.com)

Tutorial Flat Design Long Shadow Menggunakan Adobe Illustrator

Flat Icon Design adalah topik paling populer dari seluruh blog dan forum desain selama beberapa bulan terakhir. Jadi bagaimana cara membuat ikon yang bagus dengan flat style and long shadow? Ikuti tutorial ini dan pelajari cara menggunakan alat dasar dan alat di Panel Pathfinder.

Siapkan Dokumen Anda

Buat papan seni berukuran 800 x 600 piksel. Pilih mode warna CMYK, Layar (72ppi) dan pastikan kotak “Align New Objects to Pixel Grid” tidak dicentang sebelum Anda mengklik OK.

  1. Buat Rounded Rectangle dengan Rounded Rectangle Tool (width / height=250px). Saat menggambar, tahan tombol Shift untuk membuat persegi. Jika Anda ingin mengubah bulatan, tekan tombol Atas atau Bawah sambil menekan Tombol Kiri Mouse. Isi objek dengan warna yang bagus (C=35 M=9 Y=70 K=0).
  1. Buat Persegi Panjang Bulat lainnya (width=50px / height=250px). Isi dengan warna merah. Tidak perlu menyelaraskannya dengan persegi panjang lain, Anda dapat meletakkannya di mana saja di kanvas.
  1. Buat Rectangle dengan Rectangle Tool (M) atur lebarnya menjadi 50px dan tingginya menjadi 25px. Jika Anda tidak mengatur ukuran, Anda dapat mengaturnya nanti (Langkah 11). Tempatkan di atas objek merah.
  1. Buat Rectangle lain, kali ini buat persegi dengan menekan tombol Shift saat menggambar. Ukuran tidak masalah, kami akan mengaturnya nanti. Putar dengan 45º. Klik Object -> Transform -> Rotate dan atur sudut ke 45 atau cukup ambil salah satu pegangan dari tepi objek dan mulai berputar sambil menahan tombol Shift. Dengan cara ini Anda dapat memutar tepat 45, 90, 135 derajat.
  1. Kotak pembatas juga diputar. Dalam hal ini Anda tidak dapat mengubah lebar atau tinggi objek. Anda masih dapat mengubah lebar atau tinggi dengan mengedit nilai di atas layar tetapi jika Anda ingin mengedit dengan mouse, Anda perlu Mengatur Ulang Kotak Batas. Klik Object -> Transform -> Reset Kotak Batas.
  1. Atur lebar objek menjadi 50px dan tingginya menjadi 80px. Tempatkan di atas objek merah. Sejajarkan mereka secara vertikal.

Tips: Pilih dua objek dengan menahan tombol Shift dan klik lagi pada objek yang tidak ingin Anda pindahkan. Dalam contoh ini Shift + klik ke objek merah, Shift + klik ke objek abu-abu, dan klik lagi pada yang merah. Dengan cara ini objek abu-abu akan sejajar dengan yang merah sedangkan objek merah akan tetap di tempatnya.

UPDATE: untuk menempatkan bentuk abu-abu di belakang badan pensil, pilih itu tekan Ctrl + X. Pilih badan pensil, dan tekan Ctrl + B, untuk menempatkan kembali bentuk DI BALIK pensil.

  1. Buat Lingkaran dengan Ellipse Tool (E), sejajarkan dengan dua objek lainnya dan letakkan di bagian bawah objek kedua. Ini akan menjadi ujung pensil. Pilih objek abu-abu (BUKAN lingkaran!), duplikat (Ctrl + C, Ctrl + F). Pilih objek duplikat dan lingkaran, lalu pilih Intersect dari Windows -> Pathfinder Panel.
  1. Gambar tiga lingkaran dengan Ellipse Tool. Tempatkan mereka di atas objek merah (Anda dapat meningkatkan lingkaran tengah). Pilih setiap lingkaran, lalu tekan Unite dari Panel Pathfinder. Isi dengan warna khas (kuning).
  1. Gandakan objek merah (Ctrl + C, Ctrl + F). Pilih objek duplikat dan yang kuning, dan tekan Minus Front pada Panel Pathfinder.
  1. Ingat Langkah 3 ketika saya mengatakan bahwa kita dapat mengatur ukuran objek abu-abu? Jika sudah punya, maka Anda bisa melewati langkah ini. Jika tidak, duplikat objek merah, pilih objek duplikat dan abu-abu dan pilih Intersect pada Panel Pathfinder.
  1. Buat persegi panjang di atas bagian atas “Pensil”. Saya yakin Anda sudah familiar dengan langkah-langkah sekarang: duplikat objek merah, pilih objek duplikat dan persegi panjang yang baru dibuat, dan tekan Intersect pada Panel Pathfinder. Untuk menempatkan objek baru di belakang bentuk abu-abu, pergi ke Object -> Arrange -> Send Backward.
  1. Buat dua persegi panjang, atur ukurannya agar sesuai dengan objek merah seperti yang Anda lihat pada gambar di bawah ini. Sekarang saatnya untuk mengisi setiap objek dengan warna akhirnya.
  1. Setelah Anda mengisi setiap objek dengan warna yang bagus, selesaikan Pensil. Gandakan badan pensil, pilih objek duplikat, dan Rectangle kiri, lalu pilih Intersect dari Panel Pathfinder. Ulangi langkah ini dengan persegi panjang terakhir juga. Setelah selesai melakukan ini, bawa bentuk abu-abu di atas objek lain (Pilih, buka Object -> Arrange -> Bring to Front).
  1. Ulangi langkah 13 dan 14 dengan objek abu-abu dan gunakan kode warna yang terlampir. Anda selesai dengan Pensil gaya datar.
  1. Buat Rectangle dan letakkan di atas pensil sampai menutupi setengahnya. Atur lebarnya menjadi 500px dan tingginya sama dengan tinggi Pensil. Ini akan menjadi bayangan Pensil.
  1. Bawa bayangan di belakang Pencil (Anda dapat menggunakan opsi Atur seperti yang Anda lakukan sebelumnya, atau potong dan letakkan di belakang Pensil. Ctrl + X, pilih Persegi Panjang Bulat hijau dari latar belakang dan Ctrl + F). Pilih Pencil dan bayangannya, pergi ke Object -> Transform -> Rotate dan atur sudutnya menjadi 45º.
  1. Ada satu hal lagi yang perlu Anda lakukan. Gandakan Rounded Rectangle hijau. Pilih bentuk duplikat dan bayangan Pensil, lalu tekan Intersect pada Panel Pathfinder. Jangan ragu untuk bereksperimen dengan warna lain untuk mendapatkan ikon datar yang trendi untuk web atau aplikasi seluler Anda.
autocad
adobe illustrator
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *