Tanggal:25 April 2024
(seniberpikir.com)

Cara Membuat Child Theme Di WordPress

jika Anda ingin mengubah fitur dan tampilannya, cara yang tepat untuk melakukannya adalah dengan menyesuaikan tema turunannya. Tutorial ini akan menjelaskan mengapa praktik ini diperlukan dan memandu Anda melalui prosesnya sehingga Anda dapat membuat dan mengedit tema anak WordPress terlepas dari keterampilan teknis Anda.

Apa itu Tema Anak di WordPress?

Tema anak pada dasarnya adalah perubahan dari tema yang ada (induk). Untuk mengubahnya, Anda dapat menggunakannya untuk mengubah bagian tertentu atau beberapa bagian dari tema WordPress Anda tanpa mengacaukan file asli. Ini dimungkinkan dengan mengganti file tema induk. Setelah file tema anak dibuat, file tersebut langsung mendapat prioritas lebih tinggi daripada tema induknya.

Penting untuk disadari bahwa ini bukanlah tema yang berdiri sendiri, dan tidak dapat bekerja/berada dengan sendirinya (tanpa tema asli). Semua perubahan yang Anda buat di dalam anak, tidak akan memengaruhi file tema induk. Sebaliknya, memperbarui file induk akan memengaruhi anak.

Mengapa Anda Harus Menggunakan Child Theme WordPress?

Anda bisa belajar banyak

Yang ini cukup jelas tentunya, Anda bisa belajar banyak tentang pengembangan WordPress dengan menggunakan tema anak. Mereka dapat mengajari Anda cara kerja tema di balik layar, memaksa Anda untuk mempelajari CSS dan PHP, dll.

Lebih aman

Kami telah menjelaskan tema anak sebagai cara yang lebih aman untuk mengubah berbagai hal. Karena ia memiliki file yang sama sekali berbeda, dan tidak menimpa apa pun dalam prosesnya. File asli tetap tidak tersentuh, semua pekerjaan disimpan dalam file baru.

Dapat diedit kembali

Jika Anda mengedit tema secara langsung, saat Anda memperbaruinya, perubahan itu hilang (Anda dapat menggunakan plugin untuk menyimpan kode CSS yang dimodifikasi, tetapi ini hanya berfungsi dengan perubahan kecil). Dengan tema anak, Anda tidak akan mengalami masalah ini.

Tidak perlu memulai dari awal

Dengan sudah memiliki struktur dan dasar, pekerjaan Anda jauh lebih sederhana daripada memulai dari bawah.

Anda dapat kembali ke aslinya secara instan

Jika Anda tidak puas dengan apa yang telah Anda lakukan, Anda dapat dengan mudah menonaktifkan tema anak Anda dan mengaktifkan yang utama. Sekarang setelah kita menyelesaikan semuanya, kita bisa mulai membuatnya.

Cara membuat child theme di wordpress

Hal pertama yang harus diingat adalah bahwa tema terdiri dari file PHP dan CSS. Kami menggunakan file PHP untuk menambahkan fungsionalitas dan CSS (style sheets) untuk tampilan.

Pertama, kita harus memilih tema induk untuk digunakan sebagai file template. Tema default cukup ringan sehingga merupakan pilihan yang cukup bagus. (Kami akan menggunakan tema Twenty Seventeen dalam artikel ini tetapi Anda dapat menggunakan file Twenty Thirteen atau lainnya)

Cara Manual – Cara Membuat Tema Anak WordPress

Metodenya sendiri cukup sederhana jika Anda tahu cara memanfaatkan kode salin dan tempel dari Internet.

Seluruh proses pembuatan dapat dilakukan secara lokal, di komputer Anda. Untuk itu untuk menguji situs anda secara offline anda bisa menggunakan salah satu localhost seperti XAMPP. Sedikit tip jika Anda memilih untuk melakukannya, jika tema tidak diperbarui setelah Anda mengubahnya, periksa pengaturan cookie Anda. (atau hapus semua cookie dan refresh)

Namun, jika Anda masih ingin melakukan semuanya secara online:

  1. Buka klien FTP Anda.
  2. Hubungkan ke server Anda.
  3. Pilih wp-konten > tema.
  4. Buat folder baru (yang disebut “theme directory”). Kami menyarankan agar nama folder serupa dengan nama tema anak Anda untuk kejelasan. (Tapi Anda bisa memberi nama apa pun yang Anda suka)
  5. Seret file ke pengelola file untuk mengunggahnya ke server. Pastikan untuk menyalin semua file di folder tema anak yang sesuai.
  6. Jangan aktifkan tema sampai Anda yakin melakukan semuanya dengan benar.

Membuat File CSS

Seperti yang telah saya katakan, file stylesheet tema digunakan untuk mengubah tampilan situs Anda. Kode CSS yang disesuaikan dapat mengubah bagian tertentu dari tema yang ingin Anda modifikasi.

Untuk membuat file style.css tema anak, Anda perlu:

  1. Buka editor teks pilihan.
  2. Salin “kode” yang kami sediakan di bawah ini.
  3. Simpan sebagai style.css.

Kode:

/*

Theme Name: Twenty Seventeen Child

Theme URI: http://example.com/twenty-seventeen-child/

Description: Twenty Seventeen Child Theme

Author: Fix Runner

Author URI: https://fixrunner.com

Template: twentyseventeen

Version: 1.0.0

*/

Kesimpulan

Tema anak adalah fitur WordPress yang berguna yang memungkinkan Anda menyesuaikan tema tanpa mengedit kodenya secara langsung. Anda dapat menggunakannya untuk menambahkan fungsionalitas tambahan ke tema, menyesuaikan gaya, atau membuat/mengedit file template.

Jika Anda mengikuti saran di atas, Anda akan dapat membuat tema anak di WordPress dengan mengikuti praktik terbaik dan memanfaatkannya untuk berbagai tugas. Semua tanpa kehilangan perubahan dan penyesuaian saat Anda memperbarui tema induk.

autocad
autocad
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *