Tanggal:08 September 2024

Sudah Punya Usaha yang Gak Ada Matinya ini?

Banyak jenis peluang usaha yang bisa kamu bangun, bahkan kamu bisa mengelolanya hanya di rumah saja secara fleksibel. Usaha ini juga bisa meraup banyak keuntungan besar, tidak jarang, keuntungan dari bisnis ini juga bisa menjadi passive income.

Membangun usaha yang gak ada matinya menjadi pilihan yang tepat bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan. Dari semua harga kebutuhan pokok yang serba naik, jika hanya mengandalkan gaji dari kantor mungkin tidak mencukupi. Dari situlah ide-ide bisnis kreatif mulai bermunculan.

Usaha rumahan yang cocok bagi pemula adalah usaha yang hanya membutuhkan modal yang relatif kecil. Jenis Usaha ini yang mampu berkembang dan bertahan lama karna produk atau jasa yang dijual itu kebutuhan pokok masyarakat sekitar. Penasaran usaha rumahan apa saja yang gak ada matinya dan cocok bagi pemula. Yuk, simak artikel di bawah ini!

1. Sembako

Gambar oleh Victoria_rt dari Pixabay

Sembako merupakan salah satu peluang usaha yang gak ada matinya. Usaha ini dijamin menjajikan karna menjual bahan makanan atau kebutuhan pokok yang setiap saat diperlukan semua orang. Kamu juga bisa menjual semua jenis sembako atau hanya salah satunya saja, seperti telur, minyak goreng, beras, bumbu masakan, terigu dan sebagainya

Agar penjualanmu menghasilkan keuntungan secara optimal, di jaman yang serba internet ini kamu bisa menjual produkmu secara online, melalui sosial media maupun Marketplace, supaya jangkauan pelangganmu luas. Tidak hanya membuka toko secara offline, mungkin hanya menjangkau pelanggan yang hanya di wilayah rumahmu saja.

Jika membuka toko online, kamu perlu memperhatikan pengemasan produk yang aman serta jenis produk yang boleh dikirimkan. Tentunya hal itu sesuai ketentuan di platform atau jasa pengiriman yang digunakan

Untuk mendapat produk berkualitas, carilah supplier berupa produsen utama atau distributor besar seperti grosir sehingga kamu bisa mendapat penawaran dengan harga miring. Selain itu, sesuaikan juga biaya operasionalnya dan pastikan modal yang kamu keluarkan seminimal mungkin sehingga keuntungannya bisa lebih banyak. 

Baca juga: Untung Banyak, Ini 7 Cara Sukses Membuka Toko Sembako

2. Aneka Camilan

Gambar oleh Fahri Wattan dari Pixabay

Selanjutnya, kamu bisa menjual aneka camilan. Usaha ini juga termasuk usaha rumahan yang gak ada matinya. Karena selain kebutuhan pokok, camilan menjadi jenis produk yang dibutuhkan banyak orang. Biasanya aneka camilan ini digunakan untuk acara-acara tertentu seperti acara pernikahan, syukuran, pengajian, pesta ulang tahun, Hari raya dll. Bahkan camilan ini juga sering digunakan untuk keperluan pribadi seperti hangout bareng teman dan menonton film di rumah.

beberapa jenis camilan yang bisa kamu jual seperti, keripik, basreng, kerupuk, makaroni, dan sebagainya. Jika kamu punya kemampuan memasak, kamu bisa mengoptimalkan penjualan dan memaksimalkan keuntungan dengan membuatnya sendiri. Namun, jika kamu ingin menjual camilan tanpa harus membuatnya sendiri, kamu bisa menjadi reseller produk camilan dengan membelinya secara kiloan.

Bisnis ini punya jangkauan pasar yang luas sehingga peluang kamu untuk mengembangkannya semakin besar. Pilihlah cita rasa camilan yang sesuai dengan selera orang Indonesia, seperti pedas asin, gurih, atau manis. Pilih camilan kering yang bisa tahan lama, tetap utamakan kualitas, dan pasarkan melalui media sosial, marketplace, atau tawarkan langsung ke rekan kerja dan tetangga sekitar rumah.

3. Laundry

Gambar oleh Ryan McGuire dari Pixabay

Bagi orang-orang yang sibuk bekerja dan kuliah mungkin tidak sempat untuk mencuci pakaian. Apalagi, jika harus mencucinya secara manual, akan banyak waktu terbuang dan tenaga yang terpakai. Maka tidak heran banyak orang sibuk yang memutuskan untuk mencuci pakaiannya di tempat laundry.

Agar target pasar terpenuhi, peluang tersebut bisa kamu manfaatkan dengan membuka jasa laundry kiloan di wilayah Industri, perkantoran dan pendidikan. Mahasiswa dan para karyawan yang tinggal di kos-kosan lebih memilih cara ini dibandingkan harus membuang waktu dan menguras tenaganya untuk mencuci pakaian.

Untuk memulai bisnis ini, kamu memerlukan minimalnya beberapa mesin cuci, mesin pengering, meja setrika, dan deterjen serta pewangi (jumlah item bisa disesuaikan dengan banyaknya permintaan). Belilah mesin cuci yang berkualitas supaya tidak cepat rusak. Saat ini, ada banyak mesin cuci berkualitas yang dijual mulai dari Rp 2 jutaan.

Baca juga: 11 Cara Membuka Usaha Laundry, Mudah Dan Dijamin Sukses Besar

4. Jasa Katering

Gambar oleh ally j dari Pixabay

Makanan pokok dalam bentuk yang sudah matang juga bisa jadi pilihan ide usaha rumahan. Kamu bisa membuka jasa katering untuk menyediakan kebutuhan makanan, mulai dari makanan pokok, ringan, sampai penutup. Selain menjualnya ke tetangga, usaha yang satu ini juga bisa ditawarkan ke berbagai pihak. Mulai dari perusahaan, pabrik, sekolah, atau komunitas tertentu yang sering mengadakan acara.

Untuk meningkatkan ketertarikan calon konsumen terhadap jasamu, tingkatkan pelayanan jasa kateringmu dengan menyediakan layanan antar, gratis ongkos kirim, paket mini (untuk acara dengan pengunjung yang jumlahnya sedikit), atau tambahan snacks untuk pelanggan yang memesan katering dalam jumlah banyak.

Jika sudah dikenal, bukan tidak mungkin kalau pelangganmu akan merekomendasikan jasa kateringmu kepada pihak lainnya. Untuk itu, pertahankan cita rasa makanan yang kamu buat dan buatlah dalam kemasan menarik agar mereka puas dengan pelayananmu.

Baca juga: 13 Peluang Usaha Makanan Paling Laris 2022, Pasti Untung!

5. Coffe Shop

Gambar oleh Яна dari Pixabay

Jenis usaha rumahan yang tidak ada matinya selanjutnya adalah coffee shop. Pada masa pandemi seperti ini, banyak sekali pekerja WFH (Work From Home) yang pergi ke coffee shop untuk melepas penat dan mencari suasana baru dalam bekerja. Ini menjadi peluang bagus bagi kamu yang ingin membuka usaha coffee shop. Kamu bisa gunakan halaman depan rumah untuk memulai bisnis coffee shop minimalis ala rumahan. Untuk menambah kenyamanan, kamu bisa sediakan jaringan Wi-Fi untuk pelanggan.

Baca juga: Tips Mudah Membuka Bisnis Coffee Shop, Pasti Laris!

6. Desain Grafis

Nah, ini yang cocok dilakukan oleh mahasiswa. Jasa desain grafis merupakan salah satu jasa yang paling banyak dicari oleh perusahaan. Jasa desain grafis banyak dibutuhkan untuk berbagai keperluan seperti membuat promosi iklan, poster eventbranding logo, desain website, dan sebagainya. Buat kamu yang punya kemampuan mendesain, cobalah memulai usaha rumahan yang tidak ada matinya ini.

Baca juga : https://vocasia.id/blog/langkah-awal-yang-harus-dipersiapkan-menjadi-desain-grafis/

7. Jahit Pakaian

Karena pakaian adalah kebutuhan primer, usaha jasa menjahit ini bisa menjadi salah satu usaha rumahan yang sangat menguntungkan. Jika kamu ingin mendapatkan penghasilan yang lebih, kamu juga bisa sekalian membuka usaha konveksi di rumah. Kembangkan ide ini untuk menjadi usaha rumahan yang tidak ada matinya. Tawarkan beragam hal menarik sebagai poin tambahan yang membuat usaha kamu berbeda dari yang lainnya.

Nah, Itulah beberapa jenis usaha yang gak ada matinya dan bisa kamu kelola di rumah. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 10 Inspirasi Bisnis Usaha Di 2022, Auto Cuan!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *