Tanggal:22 July 2024
Cara membuka usaha laundry sangat mudah dan memiliki prospek besar.

11 Cara Membuka Usaha Laundry, Mudah dan Dijamin Sukses Besar

Kebutuhan berpakaian tentunya dirasakan oleh setiap orang. Namun, karena terbatasnya pakaian yang dimiliki, mereka diharuskan untuk mencucinya setiap kali habis dipakai. Permasalahannya datang ketika waktu yang dimiliki sangat terbatas. Waktu tersebut dihabiskan hanya di kantor atau tempat kerja, tak ada waktu sisa untuk sekadar mencuci pakaian kotor yang dimiliki. Pulang dari kerjaan yang dipikirkan hanyalah beristirahat, bukan mencuci pakaian. Lalu apa yang harus mereka lakukan? Membeli pakaian baru tentunya bukan solusi yang tepat mengingat hal itu hanya akan menjadikan diri boros.

Nah, dari adanya permasalahan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk membuka bisnismu sendiri. Dengan membuka usaha laundry, kamu bisa menarget para pekerja kantoran di kota-kota besar yang tak memiliki waktu luang untuk hanya mencuci pakaian kotor miliknya sendiri. Bisnis laundry ini telah banyak dilakukan, meskipun begitu kamu juga bisa ikut membukanya karena peluang bisnis dan keuntungan yang didapatkan sama besarnya.  Nah, untukmu yang ingin membuka usaha laundry, berikut beberapa cara jitu membuka usaha laundry yang mudah dan dijamin sukses besar. Langsung saja, check this out.

1. Lakukan Riset dan Perencanaan Bisnis yang Matang

Lakukanlah perencanaan dengan baik.
Lakukanlah perencanaan dengan baik. Sumber: Igo Ovsyannykov/Pixabay

Cara pertama ketika membuka bisnis laundry adalah dengan melakukan riset mengenai kompetitor yang ada di luaran sana. Bisnis laundry ini telah banyak dilakukan oleh orang. Oleh karena itu, lakukan riset dan amati mengenai bagaimana strategi dan pelayanan yang dilakukan oleh laudry kompetitor. Darinya, kamu bisa untuk menerapkan strategi dan pelayanan yang lebih baik di usaha laundrymu tersebut. Selain melakukan riset mengenai kompetitor, lakukan juga riset mengenai bisnis laundry itu sendiri. Maksudnya lakukan riset mengenai peluang bisnis ini, apa saja persiapan dan peralatan yang dibutuhkan, masalah-masalah apa yang biasanya muncul dan solusi apa yang bisa diterapkan, dan lain sebagainya. Berbagai riset mengenai usaha laundry ini tentunya sangat bermanfaat bagi kemajuan bisnis laundry milikmu. Adanya perencanaan bisnis yang matang ini dimaksudkan agar kegagalan pada bisnismu dapat diminimalisasikan.

2. Hitung Modal yang Akan Dikeluarkan

Hitung modal yang akan dikeluarkan ketika memulai bisnis laundry.
Hitung modal yang akan dikeluarkan ketika memulai bisnis laundry. Sumber: StockSnap/Pixabay

Setelah melakukan riset dan perencanaan, maka cara memulai bisnis laundry selanjutnya adalah menghitung modal yang sekiranya akan dikeluarkan ketika membuka usaha laundry ini. Ketika membuka usaha laundry, modal yang dikeluarkan memang lumayan, namun hal itu juga sebanding dengan keuntungan yang nantinya akan didapatkan. Nah, modal yang dikeluarkan untuk memulai usaha laundry ini sekiranya untuk biaya pembelian mesin cuci, setrika, tempat sewa, timbangan, listrik, detergen, pewangi, air, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, hitung modal yang dikeluarkan dengan baik ya!

3. Pilih Lokasi yang Strategis

Pilih lokasi yang strategis.
Pilih lokasi yang strategis. Sumber: Ryan McGuire/Pixabay

Nah, cara ketiga ketika membuka usaha laundry adalah menentukan lokasi usaha yang strategis. Rumahmu memang bisa dijadikan tempat untuk membuka bisnis laundrymu, tetapi akan tidak menguntungkan dan sia-sia jika lokasi rumahmu tersebut jauh dari khalayak alias tidak strategis. Oleh karena itu, kamu harus memilih lokasi yang tepat sebelum membuka bisnis laundry ini. Stretegisnya tempat laundry milikmu akan berpengaruh ke keuntungan yang akan didapatkan karena laku dikunjungi. Usahakan juga memilih tempat yang luas ya!

4. Beli Peralatan yang Dibutuhkan

Lengkapi peralatan yang dibutuhkan.
Lengkapi peralatan yang dibutuhkan. Sumber: Steve Buissinne/Pixabay

Setelah berhasil mendapatkan lokasi usaha yang stretegis, maka sudah saatnya kamu mengisi ruangan tersebut dengan peralatan. Nah, kamu bisa membeli berbagai peralatan untuk investasi awalnya seperti mesin cuci, mesin pengering, setrika, timbangan digital, renovasi ruangan, kursi dan meja, dan sebagainya. Jangan lupa juga untuk membeli berbagai perlengkapan bulanan yang harus dimiliki seperti detergen, pewangi, air, dan lainnya. Nah, setelah memiliki seluruh peralatan tersebut, kamu bisa mulai menjalankan bisnis laundry ini, nih!

5. Buat Nama dan Logo Usaha

Buat nama dan logo seunik mungkin.
Buat nama dan logo seunik mungkin. Sumber: RitaE/Pixabay

Eit, sebelum menjalankan usaha laundry tersebut, pastikan juga bahwa bisnis laundry milikmu itu sudah memiliki nama dan logo usaha. Adanya pemberian nama dan logo pada usahamu tersebut dimaksudkan agar usahamu mudah dikenali oleh pelanggan. Bayangkan jika usaha laundrymu tak memiliki keduanya, pastilah orang-orang akan bingung karena tak tahu nama tokokmu. Oleh karena itu, buat nama dan logo usahamu semenarik mungkin ya! Ini dia tips membuat logo yang profesional

6. Tentukan Harga yang Sesuai

Patok harga yang sesuai.
Patok harga yang sesuai. Sumber: Michael Pungel/Pixabay

Nah, cara membuka bisnis laundry yang keenam adalah dengan menentukan harga yang sesuai. Kamu bisa memulainya dengan melihat harga jasa laundry di pasarnya. Ketika hendak menentukan harga, kamu juga perlu menimbang modal yang telah dikeluarkan, nih. Hal itu agar sebanding, dan kamu tidak mengalami kerugian. Kamu bisa menetapkan harga jasa laundrymu di atas harga yang biasa digunakan oleh kompetitor asalkan masih memberikan keuntungan. Kamu juga bisa menaikkannya lebih jauh, tetapi dengan catatan untuk menaikkan juga jasa pelayanannya ya. Biar pelanggan juga tidak kabur karena harga jasa laundry yang mahal.

Untuk menentukan standar harga yang pas tentunya kita membutuhkan marketing-analytics

7. Buat Standar Pelayanan

Buat standar pelayanan yang baik.
Buat standar pelayanan yang baik. Sumber: PublicDomainPicture/Pixabay

Selain memberikan harga yang murah, kamu juga bisa memberikan pelayanan yang memuaskan. Kedua hal tersebut tentunya berdampak pada pelanggan yang kian banyak dari hari ke hari. Nah, untuk meningkatkan pelayanan tersebut, kamu bisa memulainya dengan membuat standar pelayanan, nih. Misalnya saja mencuci pakaian sesuai jenis kain, menangani komplain customer, mengatasi masalah seperti baju tertukar, rusak, atau hilang. Buat standar pelayanan yang baik dan tentunya memuaskan customer ya! Untuk tips lain meningkatkan loyalitas pelangan, Baca Juga:

Bingung Cara Meningkatkan Loyalitas Pelangganmu? Cek 5 Tips Ini!

8. Adakan Layanan Pesan Antar

Berikan layanan pesan antar.
Berikan layanan pesan antar. Sumber: Rudy and Peter Skitterians/Pixabay

Nah, kamu bisa nih mulai untuk mengadakan layanan pesan antar bagi usaha laundry milikmu tersebut. Kamu bisa memberikan layanan ini lewat Whatsapp milik bisnismu. Kamu juga bisa memator harga khusus untuk layanan ini, atau membebaskan biaya ongkir untuk jarak yang telah ditentukan.

9. Buat Strategi Marketing yang Tepat

Buat strategi marketing semenarik mungkin untuk bisnis laundrymu.
Buat strategi marketing semenarik mungkin untuk bisnis laundrymu. Sumber: Lina Cao/Pixabay

Setelah bisnis laundry milikmu buka, buat strategi marketing yang tepat. Misalnya saja membuat spanduk untuk dipajang di pinggir jalan. Kamu juga bisa memberikan diskon atau promosi yang menarik di awal usaha laundrymu tersebut buka. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan internet untuk tempat promosi bisnism. Kamu bisa menggunakan semua media sosial yang dimiliki untuk menyebarkan bisnis laundrymu tersebut.

10. Kelola Pembukuan dengan Baik

Catat segala pengeluaran dan pemasukan dengan cermat.
Catat segala pengeluaran dan pemasukan dengan cermat. Sumber: Pixabay

Setelah melakukan bisnis laundry tersebut, cara selanjutnya yang harus dilakukan adalah dengan mengelola pembukuan dengan baik. Kamu bisa mulai untuk menuliskan segala pengeluaran dan pemasukan dengan teliti dan cermat. Dilakukannya pencatatan tersebut agar segala sesuatunya menjadi lebih jelas.

11. Konsisten dan Analisis Hasil

Analisis hasil yang diperoleh dan tetap konsisten.
Analisis hasil yang diperoleh dan tetap konsisten. Sumber: Monfocus/Pixabay

Cara membuka bisnis laundry terakhir adalah dengan menganalisis hasil dan tetap konsisten. Setelah berjalannya usaha milikmu tersebut, lakukanlah analisis terhadap hasil yang telah didapatkan. Dari analisis tersebut, kamu bisa untuk memperbaiki kekurangan dengan segera dan akhirnya bisnismu tersebut menjadi lebih baik lagi. Kamu juga membutuhkan konsistensi dalam menjalankan bisnis ini karena segala hasil yang diharapkan tak datang dalam sekejap. Jangan pernah patah semangat ya! jangan lupa hindari ancaman ancaman yang bisa membuat bisnis laundry mu bankrut, Baca Juga :

Waspadai 5 Ancaman Usaha Laundry Ini Jika Tak Ingin Gagal!

Nah, jika kamu ingin menjadi pengusaha sukses dengan usaha laundrymu itu juga semakin besar, ikuti kursus Kiat Menjadi Pengusaha Sukses yang diadakan oleh Vocasia ini. Di dalam kursus tersebut, kamu akan diajarkan bagaimana melipatgandakan usahamu, merencang pengembangan usaha, hingga strategi penjualan dan pemasaran yang efektif, dan lain sebagainya. Dengan didampingi mentor yang sangat berpengalaman, kamu bisa mendapatkan kurus tersebut di sini. Jangan sampai kelewatan dan menyesal karena tidak mengikuti kursus tersebut. Buat bisnis laundrymu semakin maju dengan ikuti kursus ini sekarang juga, diskon 72% juga loh!

Ingin Mencoba Bisnis lainya? Baca Juga:

Berikut Ide Usaha Ibu Rumah Tangga Yang Menjanjikan!

6 Ide Bisnis Di Kala Pandemi Yang Menjanjikan

4 Ide Bisnis Langka, Cocok Untuk Kamu Yang Mau Untung Besar!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
jadwal kerja terstruktur
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *