Tanggal:21 May 2024

10 Inspirasi Bisnis Usaha di 2022, Auto Cuan!

Salah satu tantangan yang dihadapi orang ketika mempertimbangkan untuk memulai bisnis adalah kebingungan tentang jenis bisnis apa yang harus dimulai. Sobat Vocasia mungkin juga merasakannya. 

Eits, tetapi bukan berarti kamu harus mengurungkan niat untuk membuka usaha, ya! Buat kamu yang bertanya-tanya atau bingung membuat ide bisnis yang unik dan bisa diterima konsumen, jangan khawatir! 

Kali ini Vocasia akan mengajak kamu untuk melihat 10 ide bisnis anti mainstream yang bisa dijadikan inspirasi bisnis usaha! Psst, dijamin auto cuan, loh! Selamat membaca!

10 Inspirasi Bisnis Anti-Mainstream yang Bisa Kamu Coba!

Di bawah ini Vocasia akan membahas 10 inspirasi bisnis usaha yang meliputi berbagai industri dan pastinya sangat menjanjikan! Berikut inspirasi bisnis yang bisa kamu coba:

1. Menjajal Bisnis Thrifting

Ilustrasi Thrift Shop (Sumber: freepik.com)

Bisnis thrift atau baju pre-loved (baju yang sudah dipakai) memang sangat populer di kalangan anak muda saat ini. Beberapa bahkan telah berhasil memulai bisnis usaha ini, loh!

Agar kamu sukses dalam bisnis thrift, kamu dapat mencari supplier yang menawarkan paket bundling atau ball untuk bisnismu, yang biasanya satu paket berisi puluhan item pakaian.

Kemudian, kamu bisa memilah pakaian yang masih layak. Jika beruntung, kamu bahkan bisa mendapatkan beberapa baju branded yang cukup keren. Jangan lupa untuk mencuci pakaian tersebut dan mengambil foto produk yang bagus.

Setelah itu, kamu dapat mengunggah foto dan menjual pakaian ini di marketplace. Tentunya bisa kamu jual dengan harga yang lebih murah dari baju baru, namun kualitasnya tetap kompetitif.

2. Menjadi Blogger

Jika kamu suka menulis dan bercerita, membuat blog bisa menjadi inspirasi bisnis usaha yang menjanjikan. Kamu bisa bekerja online, membuat konten, dan menghasilkan uang di mana saja.

Traffic situs website kamu harus cukup tinggi untuk memiliki blog yang menghasilkan. Dengan 100.000 tayangan halaman per bulan, kamu bisa mendapatkan antara Rp15 juta hingga Rp150 juta. 

Wow! Cuan banget, kan? Nah, biar sukses, kamu perlu mencari ide blog yang kamu pahami dan memiliki banyak pembaca. Dengan cara ini, kamu juga dapat membuat konten yang diminati banyak orang sejak awal.

Setelah memiliki ide, buatlah postingan yang teratur dan konsisten untuk menjaga agar pengunjung tetap setia pada blog kamu. Jika sudah memiliki audiens, kamu dapat memonetisasinya dengan iklan, konten bersponsor, dan tautan afiliasi.

3. Dropshipper

Kira-kira kamu tau gak nih apa arti dari dropshipper? Buat kamu yang belum tau, dropshipper adalah model bisnis di mana kamu menjual barang dari supplier atau produsen ke pembeli. 

Menariknya, sebagai dropshipper, kamu tidak harus memiliki bisnis atau mengirimkan produk ke konsumen, melainkan produsen atau supplier yang melakukan tugas, tetapi atas nama kamu.

Model bisnis ini memungkinkan kamu untuk menetapkan harga yang lebih tinggi daripada produsen dan supplier. Kamu bisa mendapatkan keuntungan dari metode ini. 

Tak hanya itu, modal yang dibutuhkan untuk bisnis dropshipper juga tidak harus besar. Minimal, kamu harus membuat katalog dalam bentuk website dan melakukan pemasaran sendiri. Bagaimana? Tertarik dengan inspirasi bisnis yang satu ini?

4. Bergabung dengan Program Afiliasi

Belum pernah mendengar istilah afiliasi? Jadi, dalam sebuah program afiliasi, nantinya kamu akan mempromosikan produk atau jasa seseorang dengan referral link sebagai sarananya. Link inilah yang menjadi sumber penghasilan kamu. Kamu akan menerima komisi untuk setiap pembelian yang dilakukan melalui link ini.

Lalu apa yang kita lakukan dengan link ini? Kamu dapat menempatkan link tersebut di postingan blog, media sosial, atau video YouTube yang terkait dengan produk atau layanan yang kamu rekomendasikan.

5. Membuka Coffee Shop

Ilustrasi Coffee Shop (Sumber: freepik.com)

Masyarakat Indonesia khususnya generasi muda sangat menyukai kopi. Biasanya mereka menikmati minum kopi sambil mengobrol dan nongkrong bersama teman ataupun mengerjakan tugas. Di mana lagi coba tempat terbaik untuk melakukan ini, kalau bukan di kafe?

Krena hal inilah membuat bisnis coffee shop di Indonesia berkembang sangat pesat dan dipenuhi oleh anak muda. Bahkan, laju pertumbuhan coffee shop di Indonesia termasuk salah satu yang tercepat di dunia loh! 

6. Agensi Pembuatan Konten Media Sosial

Selain situs web, media sosial adalah platform paling berpengaruh dalam pemasaran online. Namun, tidak semua perusahaan memiliki karyawan khusus yang bertanggung jawab untuk membuat konten untuk akun media sosial mereka. Inilah sebabnya mengapa layanan pembuatan konten media sosial sangat diminati.

Untuk menjalankan bisnis ini, kamu memerlukan keterampilan yang diuraikan dalam kiat pemasaran media sosial. Diantaranya adalah mengidentifikasi target audiens dan jenis kompetitor bisnis milik klien. 

Sangat penting untuk mengetahui konteks pangsa pasar klien kamu sebagai dasar konten yang kamu buat. Tanpa ini, untuk menentukan model konten yang tepat akan terasa sulit dan juga kurang optimal.

7. Influencer Media Sosial

Ilustrasi Influencer (Sumber: freepik.com)

Jika kamu adalah pengguna media sosial, kamu mungkin pernah mendengar istilah influencer. Pada dasarnya, influencer media sosial adalah selebritas di platform-platform dengan banyak followers.

Sama seperti selebriti, influencer media sosial sering digaet oleh berbagai perusahaan untuk memasarkan produk dan layanan mereka. Oleh karena itu, banyak para influencer yang dapat memiliki penghasilan melalui media sosial. 

Kalau kamu tertarik dengan dunia media sosial, kamu bisa mencoba inspirasi bisnis usaha ini. Siapa tau nantinya kamu akan menjadi influencer terkenal!

8. Membuka Web Agency

Singkatnya, agen web adalah perusahaan yang melakukan produksi situs web. Agensi web adalah peluang bisnis yang menjanjikan karena semakin banyak orang yang ingin memiliki situs web sendiri. Terutama perusahaan dan organisasi yang ingin meningkatkan brand awareness dan menjangkau lebih banyak orang.

Buat kamu yang ingin mengambil inspirasi bisnis ini harus mempunyai keahlian dalam pembuatan website. Selain itu, pastikan juga kamu memilih server dengan performa tinggi yang stabil dan memiliki fitur manajemen yang efisien dalam mengurus klien.

9. Menjadi Desainer Grafis Freelance

Jika kamu memiliki keterampilan desain grafis, keterampilan tersebut dapat menjadi inspirasi bisnis usaha yang layak. Kamu bisa membuat desain visual untuk klienmu. Seperti logo, mockup, konten media sosial, dll. Beberapa desainer grafis juga menjual cetakan dan merchandise.

Agar semuanya berjalan lancar, kamu perlu memiliki alat yang tepat. Minimal, kamu memerlukan komputer dengan spesifikasi yang cukup canggih, drawing tab, dan pena digital. 

Jangan lupa juga untuk belajar tentang software desain grafis seperti Adobe Photoshop dan Illustrator ya. Selain itu, kamu harus dapat berkomunikasi dengan pelanggan kamu untuk memahami apa yang mereka inginkan.

10. Buat dan Kembangkan Channel YouTube

Ilustrasi Youtuber (Sumber: freepik.com)

Nah, yang terakhir cocok banget nih buat kamu yang suka buat video atau memiliki hobi menarik yang bisa di dokumentasikan. Kamu bisa membuat channel YouTube sebagai inspirasi bisnis usaha untuk menghasilkan cuan.

Dengan platform berbagi video yang sangat besar ini, siapa pun dapat dengan mudah membangun bisnis yang sukses walaupun hanya merekam video. 

Kamu bisa pilih niche yang sesuai dengan minat kamu untuk membuat channel YouTube. Jika kamu ingin mewujudkan ide bisnis rumahan melalui cahnnel YouTube, kamu bisa mencoba genre seperti memasak, game, dan ulasan teknologi. 

Niche yang difokuskan harus memiliki audiens yang besar sehingga kamu dapat menjangkau penonton dengan cepat. Setelah memiliki ribuan subscriber dan 4000 waktu tonton, kamu dapat bergabung dengan Program Afiliasi YouTube. Selanjutnya, kamu dapat menghasilkan uang melalui AdSense.

Nah, itu dia inspirasi bisnis usaha anti-mainstream yang menjanjikan untuk kamu coba. Selain bisa dilakukan di rumah, bisnis yang Vocasia rekomendasikan juga merupakan bisnis usaha yang sedang trend loh

Buat kamu yang ingin membuka bisnis, pastikan untuk memilih ide yang sesuai dengan keahlian, minat, dan budget kamu ya! Selain itu, perlu diiringi juga dengan pembelajaran agar kamu menjadi pebisnis yang sukses. Seperti Vocasia yang akan memberikan edukasi sekaligus pengalaman kepada kamu pengusaha pemula. Yuk, klik tautan berikut!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *