Tanggal:19 May 2024

Waspadai Faktor Risiko dan Penyebab HIV dan AIDS

HIV adalah penyakit menular yang menyebar melalui cairan tubuh tertentu. Penyebab utama HIV sendiri adalah human immunodeficiency virus. Virus penyebab HIV disebarkan melalui aktivitas tertentu yang memungkinkan cairan tubuh dapat ditukar atau dipindahkan dari satu orang ke orang lain. Di antara sekian banyak cairan tubuh yang diproduksi manusia, darah, sperma (ejakulasi pria), pra-ejakulasi, cairan anus (rektal), cairan vagina, dan ASI adalah pembawa yang paling rentan untuk penularan virus penyebab HIV.

HIV adalah virus yang menyerang sel CD4 sistem kekebalan tubuh. Sel CD4, atau sel T merupakan sejenis sel darah putih yang bertindak sebagai garis pertahanan pertama tubuh melawan infeksi. Untuk menjaga kekebalan tubuh, seseorang dapat memproduksi jutaan sel T setiap harinya. Saat HIV masuk ke dalam tubuh, virus “menangkap” sel CD4 yang sehat dan terus bereproduksi. Setelah itu, sel CD4 yang terinfeksi membengkak, pecah dan melisis. Jika jumlah CD4 terus menurun drastis di bawah 200 per mililiter darah, kondisi tersebut berkembang menjadi AIDS.

Dua penyebab utama HIV dan AIDS

Virus yang menyebabkan HIV menyebar dari orang ke orang melalui cairan tubuh seperti darah, air mani, cairan pra-ejakulasi dan cairan vagina. Pertukaran keempat cairan tubuh ini sangat umum terjadi saat berhubungan intim. Transfusi darah juga terjadi dengan mudah dengan penggunaan jarum suntik yang tidak steril, yang sering terlihat pada pengguna narkoba suntikan. Dua aktivitas berisiko inilah yang menjadi penyebab utama HIV AIDS, berikut penjelasan lebih mendalam:

  • Aktivitas seksual yang tidak aman

Hubungan seksual merupakan penyebab paling umum dari HIV-AIDS karena aktivitas ini memungkinkan pertukaran cairan tubuh yang mengandung virus, seperti air mani, cairan anus dan cairan vagina, dari yang terinfeksi ke yang sehat. Risiko infeksi lebih tinggi, terutama jika pasangan seks yang sehat memiliki luka terbuka atau lecet pada kulit, alat kelamin, atau jaringan lunak lainnya saat berhubungan seks tanpa kondom. Risiko infeksi mungkin lebih tinggi jika pasangan non-HIV memiliki luka terbuka di mulut, seperti luka di bibir atau lidah, atau gusi berdarah. Jika seseorang aktif secara seksual, risiko tertular virus penyebab HIV-AIDS tinggi jika terjadi dengan berganti-ganti pasangan.

  • Penggunaan jarum suntik yang tidak steril

Salah satu penyebab yang erat kaitannya dengan epidemi HIV di Indonesia adalah penggunaan jarum suntik secara bergantian untuk obat-obatan terlarang. Narkoba yang biasa disuntikkan termasuk kokain dan methamphetamine (shabu-shabu atau “meth”). Jarum yang digunakan oleh orang lain meninggalkan bekas darah. Virus penyebab HIV dapat bertahan hidup di dalam jarum suntik selama kurang lebih 42 hari setelah paparan pertama. Darah yang tertinggal di jarum bisa masuk ke tubuh pengguna melalui luka suntikan.

Perilaku berisiko seperti penyalahgunaan narkoba, minum alkohol, merokok, dan seks meningkatkan risiko infeksi HIV dengan mengaburkan logika dan mengurangi pikiran pengguna. Pada orang yang sudah terinfeksi, perilaku ini dapat mempercepat perkembangan HIV dan berdampak negatif pada pengobatan HIV. Menggunakan peralatan yang steril atau bersih untuk membuat tato atau tindik – termasuk tinta – juga dapat menyebabkan HIV-AIDS.

Orang yang berisiko terinfeksi virus penyebab HIV

Berdasarkan penjelasan di atas, risiko infeksi HIV tampaknya paling tinggi dan paling umum di antara orang yang melakukan hubungan seks tanpa kondom dan yang menggunakan narkoba. Namun berdasarkan laporan Kementerian Kesehatan tahun 2017, tren jumlah kasus baru HIV berada pada kategori sebagai berikut:

  • Ibu Rumah Tangga

Dikutip dari Jakarta Globe, Emi Yuliana dari Komisi Penanggulangan AIDS Kota Surabaya mengatakan, jumlah ibu rumah tangga yang terinfeksi HIV-AIDS meningkat dari kelompok pekerja seks komersial. Selain itu, menurut Kepala Badan Penanggulangan AIDS Daerah Bogor, sekitar 60% ibu rumah tangga di Kota Bogor terkena HIV-AIDS. Hal ini berisiko tinggi akibat hubungan seks dengan pasangan yang positif HIV dan kurangnya intervensi untuk mencegah penyebab HIV-AIDS di kalangan ibu rumah tangga. Hambatan terbesar yang diketahui adalah penolakan tes HIV-AIDS setelah menikah, terutama bagi sebagian besar wanita hamil atau berencana hamil. Hanya kurang dari 10% yang mau melakukan tes HIV setelah menikah.

  • Petugas Kesehatan

Kelompok lain yang berisiko tinggi tertular virus penyebab infeksi HIV adalah petugas puskesmas seperti dokter, perawat, petugas laboratorium, dan petugas kebersihan di fasilitas kesehatan. Penyebab infeksi HIV di fasilitas medis biasanya adalah darah yang terinfeksi. Darah dari pasien HIV-positif dapat menularkan HIV ke petugas kesehatan ini melalui luka terbuka.

  • Bayi atau Anak – Anak

Wanita hamil dengan HIV dapat menularkan virus kepada anak-anaknya. Virus penyebab HIV-AIDS dapat ditularkan saat anak masih dalam kandungan, saat melahirkan dan saat menyusui. Penularan HIV dari ibu ke anak merupakan penyebab utama HIV-AIDS pada anak. Penyebab penularan HIV-AIDS dari ibu ke anak sebenarnya dapat dicegah jika: Wanita yang terinfeksi HIV menerima pengobatan HIV selama kehamilan dan persalinan, atau persalinan secara khusus dipesan melalui operasi caesar. Bayi dari ibu yang terinfeksi HIV diberikan obat HIV selama enam minggu setelah lahir dan tidak disusui.

Obat HIV mengurangi jumlah virus penyebab HIV di dalam tubuh. Mengurangi jumlah virus penyebab HIV secara langsung dapat mengurangi kemungkinan penularan HIV ke bayi di dalam kandungan dan selama persalinan. Obat-obatan dapat melewati plasenta untuk melindungi bayi dari infeksi HIV.

Penulis: Chifny Vanisha Stephany (Kelompok A)

Mahasiswa Studi Independen Vocasia – Batch #4

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *