Tanggal:21 July 2024

9 Daftar Website Penyedia Vector Gratis Terbaik

Bagi pekerja di bidang desain sudah pasti tidak asing dengan vector. Vector merupakan gambar yang fleksibel dan dapat diedit menyesuaikan dengan ukuran yang tidak terbatas tanpa menurunkan resolusinya.

Keunggulan ini menjadikan gambar vector cocok digunakan dalam membuat website, poster, banner, dan lain-lain. Biasanya seorang desainer grafis akan menggunakan gambar vector untuk dimodifikasi, ketika memiliki projek desain dengan waktu yang singkat. 

Gambar vector ini dapat ditemukan dan diunduh di beberapa website. Terdapat banyak pilihan website penyedia vector, mulai dari yang gratis hingga berbayar. Berikut ini beberapa rekomendasi website penyedia gambar vector gratis.

Website Penyedia Vector Gratis Terbaik

1. Freepik

Rekomendasi website penyedia vector gratis yang pertama adalah Freepik. Freepik merupakan salah satu website penyedia gambar vector paling terkenal. Website ini sudah dilengkapi lebih dari 600.000.000 gambar yang terbagi ke dalam empat kategori yaitu vector, PSD, icons, dan stock photos.

Dengan website ini, kamu dapat bebas mengunduh file desain yang kamu perlukan, tanpa harus mendaftarkan atau memasukkan akun terlebih dahulu. Mengutip situs Freepik Company, setidaknya terdapat 50 juta gambar di Freepik yang diunduh setiap bulannya. Format file yang digunakan gambar vector ini adalah format .ai dan .eps. 

2. Free Vector

Rekomendasi website penyedia vector gartis yang tidak kalah menarik kedua adalah Free Vector. Website ini memiliki koleksi gambar vector berjumlah lebih dari 1600. Website ini juga dilengkapi dengan berbagai macam format file seperti EPS, AI, PDF, dan SVG. FreeVectors.org. 

Gambar vector pada website ini terbagi menjadi empat belas kategori. Diantaranya sebagai berikut Animals, Backgrounds, Business Office, City Architecture, Cool Design, Grunge, Holiday, Home and Family, Nature, Other, People, Technology, Transportation, dan Urban.

3. Pixabay

Rekomendasi website penyedia vector gratis yang ketiga ialah Pixabay. Website ini telah menyediakan berbagai file desain mulai dari vector, gambar hingga video. Selain itu, Pixabay juga dilengkapi lebih dari 1,8 juta gambar berkualitas tinggi yang dapat digunakan para penggunannya. 

Di website ini, terdapat lebih dari 90 ribu gambar vector yang dapat diunduh secara gratis. Pixabay juga memiliki panduan khusus bagi penggunanya dalam menentukan keyword agar dapat menemukan gambar yang paling sesuai.

4. Vecteezy

Rekomendasi website penyedia vector gratis selanjutnya yang tidak kalah bagusnya adalah Vecteezy. Website ini menyediakan lebih dari 100.000 gambar vector kualitas tinggi yang dapat digunakan secara gratis. Gambar vector tersebut juga sudah bebas lisensi, baik untuk penggunaan pribadi maupun profesional.

Keunggulan dari website ini ialah dilengkapi fitur edit desain seperti mengubah ukuran, warna, atau font di desain sebelum gambar vector diunduh. Vecteezy juga memiliki pilihan gambar vector untuk desain grafis banner, background, pattern, dan sebagainya. 

5. VectorStock

Rekomendasi website penyedia vector gratis lainnya adalah Vectorstock. Sesuai dengan namanya, website ini hanya menyediakan jenis gambar berupa vector. Saat ini, website ini sudah memiliki hampir 20 juta gambar vector dengan royalty free. Dan terdapat sekitar 350 ribu gambar di antaranya yang bisa kamu unduh secara gratis.

Jika kamu ingin menggunakan semua fasilitas dari website ini, terutama menggunakan gambar vector berbayar. Kamu bisa memilih Subscription untuk sistem langganan berbayar perbulan. Untuk sistem pembayaran terdapat dua cara yaitu pre-pay credits dan Pay-Per-Image.

6. Vector.me

Rekomendasi website penyedia vector gratis selanjutnya ialah Vector.me. Website ini sudah memiliki lebih dari 79 ribu gambar vector yang bisa kamu unduh secara gratis. Selain itu, website ini juga menyediakan berbagai format penyimpanan gambar mulai dari format .ai, .svg, .eps, dan .cdr. 

7. Flaticon

Rekomendasi website penyedia vector gratis yang ketujuh ialah Flaticon. Website ini menyediakan gambar vector dengan berbagai format mulai dari PNG, SVG, EPS, PSD hingga BASE 64. Pada website ini, bentuk vector yang tersedia hanyalah icons. Kini, terdapat sebanyak 2,814,000 icon yang dapat diunduh oleh penggunanya. 

Di Flaticon, icon-icon yang disediakan sudah berada dalam satu kelompok sesuai jenisnya. Misalnya, dalam satu pak terdapat 6 icon binatang. Contoh kelompok icon lainnya seperti 6 icon wisata alam, 6 icon media sosial, dan sebagainya. 

8. Vector Portal 

Rekomendasi website penyedia vector gratis selanjutnyayang tidak kalah lengkapnya  adalah Vector Portal. Website ini sudah memiliki lebih dari 30.000 gambar dalam bentuk grafis, clip art, ikon, ilustrasi, latar belakang dan template. Format gambar  yang digunakan website ini adalah EPS dan AI.

Hampir sebagian besar vector dari website ini bisa diunduh dan dipergunakan untuk penggunaan pribadi maupun komersial. Kelebihan itulah yang menjadikan website ini sebagai salah satu tempat terbaik untuk menemukan elemen untuk pembuatan logo, latar belakang, hingga desain ikon.

9. Public Domain Vectors

Rekomendasi website penyedia vector gratis yang terakhir adalah Public Domain Vectors. Website ini menyediakan gambar vector yang sudah bebas copyright. Sehingga pengguna diberi kebebasan untuk mengubah, menggandakan, serta mendistribusikannya baik untuk penggunaan pribadi maupun komersial tanpa harus meminta izin terlebih dahulu.

Sebagai feedback, website ini hanya meminta pengguna untuk memberikan kredit apabila menggunakan salah satu gambar yang telah mereka sediakan. Meskipun hal tersebut tidak wajib dilakukan.

autocad
autocad
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *