Tanggal:25 April 2024

Mengenal Mockup, Salah Satu Item Penting dalam Desain!

Kata mockup mungkin sudah tidak asing asing lagi untuk para desainer grafis. Biasanya mockup digunakan untuk keperluan mempresentasikan hasil desain seolah terlihat nyata. Selain itu, mockup juga biasa dimanfaatkan sebagai alat untuk mempertunjukan sebuah desain sebelum memasuki tahap cetak atau tahap produksi. Lalu, apa yang dimaksud mockup itu sendiri? apa fungsinya serta bagaimana cara kerjanya? Berikut ini Vocasia akan membahas secara detail mengenai Mockup.

Apa Itu Mockup?

Mockup merupakan visualisasi dari sebuah konsep desain yang kemudian diberikan efek visual, sehingga manjadikan hasil gambar terlihat serupa dengan wujud yang sebenarnya. 

Penggunaan mockup benar-benar mempermudah pekerjaan para desainer. Mockup akan memberikan visualisasi desain sebelum diaplikasikan menjadi benda yang nyata. Selain itu, mockup juga akan membuat desainmu terlihat nyata dan lebih menarik dengan variasi 2D dan 3D.

Tampilan Mockup yang menarik dan modern, sangat cocok digunakan untuk keperluan presentasi maupun dimasukkan ke dalam Graphic Standard Manual atau yang biasa dikenal dengan sebutan buku GSM.  

Baca Juga: 7 Software 3D Animasi Mudah

Fungsi Mockup

Mockup sendiri memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:

  1. Melihat preview desain sebelum dicetak atau diproduksi.
  2. Menghemat pengeluaran biaya, sebab tidak perlu mencetak desain yang belum pasti.
  3. Sebagai pengontrol dalam menjaga tampilan desain supaya tidak melenceng dari konsep awal.
  4. Sebagai pedoman teknis perancangan desain.
  5. Memberikan visualisasi secara nyata bagaimana desain kamu ketika suda diproduksi.

Mengapa Mockup Penting?

1. Perkiraan waktu pengembangan

Mockup merupakan tahap penting supaya front-end developer tidak kesulitan dalam memperkirakan berapa lama proses pengembangan produk yang akan berjalan.

Mockup juga bisa memberikan gambaran statis bagian-bagian yang akan didesain bergerak atau menggunakan animasi. Karena itu dibandingkan langsung masuk ke proses coding, akan lebih efektif jika menggunakan mockup terlebih dahulu. Supaya developer dapat tahu berapa waktu yang dibutuhkan untuk menerjemahkan desain mockup menjadi produk nyata.

2. Coding HTML

Mockup sangat dibutuhkan oleh front-end developer untuk membantu proses menerjemahkan ke dalam kode. Mockup akan memberikan informasi terkait  warna, bentuk, font, dan elemen lainnya dalam desain yang diinginkan oleh klien. Tanpa mockup, proses perancangan akan menjadi lebih lama.

3. Mendatangkan investor

Mockup merupakan cara awal agar sebuah rancangan produk dapat menarik investor. Dengan desain mockup yang bagus dan rinci, investor akan mengetahui seberapa besar potensi situs atau aplikasi yang kamu rencanakan. Jika mereka tertarik, maka mereka akan memberikan dukungan dana untuk merealisasikan proyek tersebut.

4. Kenyamanan pengguna

Hadirnya mockup sangatlah penting dalam sebuah desain. Sebab mockup merupakan langkah yang paling mudah untuk mengidentifikasi kebutuhan pengguna dan keselarasan fitur serta desain yang dirancang

Sehingga situs atau aplikasi yang kamu rancang akan terlihat bagus. Serta meningkatkan user experience dengan memudahkan pengguna harus bisa menemukan apa yang mereka cari dan bernavigasi tanpa kesulitan. 

Baca Juga: 6 Prinsip UX Design

Cara Membuat Mockup

Pada pembahasan sebelumnya kamu dapat mengetahui pengertian, fungsi dan pentingnya sebuah mockup. Selain itu, kita juga perlu mengetahui bagaimana cara membuat mockup yang baik dan benar. Berikut cara mudah membuat mockup yang perlu kamu ketahui.

  1. Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengunduh template mockup gratis terlebih dahulu. Kemudian carilah model yang sesuai dengan kebutuhan dan produk yang ingin kamu lihat preview-nya.
  2. Buka Adobe Photoshop.
  3. Buatlah proyek baru.
  4. Klik file, lalu klik open. Kemudian pilih data yang sudah kamu unduh.
  5. Klik layer. Setelah itu beri nama, misalnya seperti “Mockup”.
  6. Selanjutnya akan terbuka tab baru berisi kertas kosong yang ukurannya sudah disesuaikan dengan template. Klik file, kemudian open, dan masukkan desain yang ingin kamu lihat preview-nya.
  7. Ubah letak desain dan ukurannya sesuai yang kamu inginkan. Jika sudah, coba kembali ke tab awal.
  8. Selesai. Desain buatanmu sudah secara otomatis masuk ke templatemu deh.

Namun perlu diketahui, tidak semua model template cocok diterapkan untuk desainmu. Sebab itu, cobalah untuk mengunduh berbagai macam model. Selain untuk mencegah terjadi ketidakcocokan, semakin banyak template dapat memberi variasi gambaran bentuk produk kamu nantinya.

Baca Juga:

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *