Tanggal:21 February 2024

11 Prospek Kerja bagi Kamu yang Jurusan Hukum!

Prospek kerja jurusan hukum ada apa saja, ya? Jika tak ada hukum yang ditegakkan, akan ada banyak sekali orang yang bersikap sewenangnya dan mengutamakan kepentingan pribadi meski harus mengorbankan orang lain. Indonesia sendiri merupakan suatu negara yang berlandaskan pancasila dan juga hukum. Jadi, tak heran bilamana banyak prodi hukum yang tersebar di perguruan tinggi.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Bahkan, saat ini tercatat bahwa prodi hukum yang paling diidamkan dan diminati oleh para mahasiswa. Bagaimana tidak? Pasalnya, prospek kerja jurusan hukum sangat beragam dan menjanjikan di masa depan dengan bayaran yang cukup fantastis. Tak hanya itu saja, setiap tahunnya jurusan ini tidak pernah sepi peminat, lho. Maka dari itu, jika kalian ingin mengambil prodi ini harus mempersiapkan segalanya dengan matang, ya!

Nantinya kalian akan mempelajari banyak hal mengenai perundang-undangan, pasal, landasan hukum, dan lainnya. Di sini kalian tak hanya terpaku pada teori belaka, tetapi juga mendalami beberapa studi kasus yang sering terjadi pada suatu negara. Baik itu kasus tingkat nasional ataupun internasional.

Lalu, kalian akan mempraktikkan secara langsung layaknya seperti seorang pengacara, hakim, dan jaksa profesional. Setelah menyelesaikan pendidikan, kalian akan diberikan gelar Sarjana Hukum (S.H). Nah, dari sinilah kalian sudah sangat siap bekerja serta berpikir menggunakan logika yang tepat. Kemudian kalian bisa terapkan ilmu hukum yang selama ini telah dipelajari sesuai dengan peraturan yang berlaku.

Lantas, kalian sudah tahu belum profesi apa saja yang akan digeluti ketika mengambil jurusan hukum? Ingin tahu lebih lengkapnya? Berikut Vocasia akan rangkum deretan prospek kerja jurusan hukum. Yuk, simak satu per satu hingga akhir!

Prospek Kerja Jurusan Hukum Paling Populer

Profesi Jurusan Hukum (Pexels)

Apabila kalian memiliki jiwa kepedulian yang tinggi terhadap hukum di Indonesia, program studi hukum bisa menjadi pilihan yang tepat. Kalian akan berkesempatan bekerja pada beragam profesi yang paling menjanjikan, di antaranya:

1. Notaris

Memang benar bila ingin menjadi seorang notaris tak harus berkuliah di bidang hukum saja. Namun, kalian juga harus melanjutkan kuliah di bidang magister kenotariatan. Dalam hal ini, seorang notaris memiliki kuasa atau wewenang untuk membuat surat-menyurat, seperti akta tanah, membayar pajak, dan akta waris. Semuanya wajib sesuai dengan peraturan perundang- undangan yang berlaku. Menjadi seorang notaris bisa membuka layanan jasa praktik sendiri tanpa bergantung pada suatu biro.

2. Legal officer

Untuk Sarjana Hukum yang masih berstatus fresh graduate, kalian berpeluang besar untuk menjadi seorang legal officer, lho. Namun, pastikan kalian menguasai dan memahami isi daru Undang-Undang Ketenagakerjaan dan Cipta Kerja. Jika pernah magang di kantor advokat maupun notaris, hal itu bisa menjadi nilai tambah. Menjadi staf legal membuatmu bisa bekerja di sebuah perusahaan swasta bahkan startup untuk mengurus soal hukum di kantor tersebut.

Seorang staf legal biasanya dibutuhkan untuk mengurus suatu dokumen yang berkaitan dengan hukum, mulai dari surat perjanjian kerja, kontrak kerja, surat aset, dan lainnya. Maka dari itu, dengan adanya lulusan hukum, bisnis yang berjalan bisa sesuai dengan peraturan hukum yang berlaku dan tanpa kendala.

3. Diplomat luar negeri

Profesi Diplomat (Pexels)

Siapa bilang diplomat hanya diisi oleh orang dari lulusan Hubungan Internasional saja? Lulusan dari hukum juga dapat bekerja di bidang diplomat, lho. Jika kuliah pada bidang Hukum Internasional, kalian sangat memungkinkan menjadi diplomat luar negeri. Apabila diterima, tentu kalian akan ditempatkan di luar negeri untuk mengurus hukum dan hal lainnya yang berkenaan dengan keamanan di sana.

4. Konsultan

Kantor konsultan hukum ataupun LBH biasanya menerima mahasiswa hukum untuk bekerja di kantornya sebagai seorang konsultan. Seperti pekerjaan konsultan lainnya, konsultan hukum juga diperlukan untuk mengurus keperluan hukum dari perseorangan atau perusahaan. Mahasiswa lulusan hukum terbaik tentu sangat dibutuhkan oleh lembaga ini untuk menjadi konsultan hukum dalam mengurus dokumen atau urusan lain yang berkaitan dengan lembaga tersebut.

5. Hakim

Di dalam persidangan tentu harus ada seorang yang bernama hakim. Mereka bertugas untuk memimpin dan memutuskan segala sesuatu di dalam persidangan yang sedang berlangsung. Bersama dengan jaksa, hakim menjadi komponen paling penting di dalam persidangan. Lulusan dari Ilmu Hukum tentu memiliki prospek yang sangat bagus menjadi hakim dengan melewati berbagai proses yang harus dilalui.

Baca juga: Jurusan Sastra Indonesia: Mata Kuliah dan Prospek Kerjanya

6. Jaksa

Ilustrasi Kejaksaan (Pixebay)

Jaksa memiliki tugas untuk menyampaikan dakwaan atas tuduhan untuk seseorang yang memang sudah melakukan tindak pelanggaran. Dalam hal ini, syarat menjadi seorang jaksa harus bisa menyelesaikan masa studi di jurusan S1 Ilmu Hukum. Seorang yang ingin menjadi jaksa juga harus bisa lulus seleksi panitia Rekrutmen Calon Jaksa Kejaksaan Republik Indonesia. Tentunya karena memang tugas dan tanggung jawab yang digeluti itu harus bisa adil atau seimbang.

7. Birokrat

Seseorang yang lulus dari jurusan hukum ternyata bisa mengambil peluang kerja di bidang birokrat. Birokrat biasanya berada di pemerintahan, yakni di Kementerian, Departemen, DPR, DPRD, DPD, dan masih banyak lagi yang lainnya. Jadi, seseorang yang bekerja di bidang birokrat dalam suatu pemerintahan memiliki tugas yang berurusan dengan masalah birokrasi.

8. Dosen

Kalian tertarik dengan dunia pendidikan khususnya mengajar? Pekerjaan ini sangat cocok bagi kalian yang menyukainya. Untuk menjadi seorang dosen bukanlah hal yang sulit. Akan tetapi, ada suatu syarat yang harus ditempuh yakni harus lulus S2 terlebih dahulu.

Dalam hal ini, dosen memiliki tugas penting untuk mengajar dan mendidik mahasiswa. Sementara itu, salah satu kunci keberhasilan mahasiswa hukum ialah dengan rajin membaca dan berpikir kritis. Gaji dosen mungkin saat ini sudah setara dengan pegawai BUMN pemerintah.

9. Pengacara

Pekerjaan Pengacara (Freepik)

Pasti kalian tahu beberapa nama pengacara terkenal di Indonesia seperti Hotman Paris dan OC Kaligis, kan? Bayaran mereka tentu saja sangat besar. Sebab, mereka telah memiliki jam terbang tinggi dari segi pengalaman, analisis, dan ilmu komunikasi yang baik. Kalian juga bisa menjadi pengacara dan mencapai puncak level seperti mereka, lho.

Setelah lulus dari jurusan hukum, kalian dapat mengaplikasikan segala ilmu yang dimiliki dengan bekerja sebagai pengacara. Dengan tekun di bidang ini, kalian bisa mendapat gaji mulai dari Rp 6 juta bahkan hingga puluhan juta. Besar penghasilan bisa juga dipengaruhi oleh klien serta kasus yang akan ditangani.

10. Polisi

Tertarik pada dunia kemiliteran dan mempunyai bekal ilmu hukum? Kalian berpeluang besar untuk menjadi seorang polisi. Sebagai polisi tentu harus mempunyai pemahaman yang baik di bidang hukum. Setelah lulus sarjana, kalian bisa langsung mengikuti seleksi menjadi polisi. Sementara itu, gaji polisi dimulai dari Rp 3 juta dan kian bertambah jika jabatanmu meningkat.

11. Panitera, jurusita, atau staf administrasi

Prospek kerja jurusan hukum lainnya adalah panitera, jurusita, maupun staf administrasi. Jadi, panitera dan jurusita ini mempunyai tugas untuk membantu para hakim dan memberitahukan atau memberikan bantuan dalam hal sarana maupun prasarana saat sidang berlangsung hingga melaksanakan pemanggilan. Tak hanya itu saja, jurusita ini wajib membuat, memberitahu, hingga menuangkan segala idenya ke dalam bentuk berita acara sesuai dengan rapat hasil sidang.

Nah, itulah prospek kerja jurusan hukum yang bisa kalian jadikan acuan. Begitu banyak jenis profesi dengan kuota yang terbuka lebar dan sangat menjanjikan, bukan? Jadi, kalian tertarik untuk memilih profesi apa, nih?

Menulis Surat Lamaran - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *