Tanggal:22 February 2024
Rumus Satset Excel

3 Rumus Satset Pake Excel Bikin Kerjaanmu Ga Ribet!

Kenapa Harus Belajar Exel?

Di zaman digital seperti sekarang, gak bisa dipungkiri lagi kalau Microsoft Excel jadi perangkat wajib di banyak tempat kerja. Excel itu bener-bener berguna banget buat ngurusin data dan ngitung-ngitung rumus matematika yang ribet dengan cepat dan efisien. Nah, di artikel ini, kita bakal kasih tau tiga trik jitu yang bakal bantu kamu pake Excel dengan maksimal dan bikin pekerjaan jadi lebih mudah!

Rumus Sakti Exel 

Nah, berikut ada  beberapa rumus Exel yang bisa bikin kerjaanmu jadi satset cepet beres!

  • Cari-Cari Pake VLOOKUP (Cari Vertikal) 

Trik VLOOKUP ini adalah trik yang paling berguna di Excel. Dengan trik ini, kamu bisa nyari nilai dalam satu kolom dan dapetin nilai yang berhubungan dari kolom yang ada di sebelahnya. Misalnya, kamu punya daftar nama karyawan beserta ID-nya, kamu bisa pake trik VLOOKUP ini buat nyari ID karyawan tertentu dan dapetin nama karyawan yang bersangkutan. Trik ini berguna banget buat mencocokkan data di berbagai tabel atau daftar yang berbeda. 

Contoh penggunaan trik 

VLOOKUP: =VLOOKUP(A2, Sheet1!A:B, 2, FALSE)

  • Jumlahin dengan SUMIF (Jumlah Jika) 

Trik SUMIF memungkinkan kamu untuk ngejumlahin nilai-nilai di rangkaian sel yang memenuhi kondisi tertentu. Misalnya, kamu punya daftar penjualan dengan harga barang dan jumlah yang terjual, kamu bisa pake trik SUMIF buat ngejumlahin total penjualan untuk barang tertentu berdasarkan kriteria yang kamu tentuin, misalnya nama barang atau tanggal penjualan. Trik ini bantu banget buat bikin laporan atau analisis berdasarkan kriteria yang kamu pilih. Contoh penggunaan trik SUMIF: 

=SUMIF(A2:A10, “Obat”, B2:B10)

  • Gabungin Teks dengan CONCATENATE (Ngegabungin Teks) Trik

    CONCATENATE memungkinkan kamu buat ngegabungin teks dari beberapa sel jadi satu sel. Misalnya, kamu punya kolom yang isinya nama depan dan nama belakang karyawan, kamu bisa pake trik CONCATENATE buat ngegabungin kedua kolom itu jadi satu kolom nama lengkap. Trik ini sangat berguna buat nggabungin teks dari beberapa sumber jadi satu format yang kamu pengenin. Contoh penggunaan trik CONCATENATE: 

=CONCATENATE(A2, ” “, B2) 

Dengan menguasai trik-trik ini, kamu bakal bisa hemat waktu dan pake Excel dengan maksimal di pekerjaan sehari-hari. Excel itu alat yang kuat dengan berbagai trik dan fitur yang bisa bantu kamu ngurusin data dengan efisien. Coba deh explore lebih jauh lagi dan lihat fitur-fitur Excel yang lebih advanced sesuai kebutuhanmu.

Nah buat kamu yang masih bingung sama praktek penggunaan rumusnya, pas banget nih course berikut bisa jadi guide kamu dan bikin kerjaan kamu jadi lebih gampang! 

Cus check di link berikut 

https://tr.ee/IwWGAz0DzQ

Penulis : Puspa Dewi Syifa – Kelompok D

Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

 

Mahir Excel

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *