Tanggal:23 April 2024

3 Cara Membuat Drop Down List Di Excel dan Cara Editnya

Jika kamu sering menggunakan Microsoft Excel, mungkin kamu tidak asing dengan fitur “drop down list.” Drop down list adalah fitur excel yang memiliki fungsi untuk memudahkan dalam penginputan data. Fitur ini berisikan beberapa pilihan data dan pengguna hanya bisa memilih salah satu dari list tersebut.

Lantas, bagaimana cara membuat drop down list di excel? Dalam artikel ini minvo akan kupas tuntas cara membuat drop down list di excel, simak terus artikel di bawa ini.

Apa Itu Excel?

Di kutip dari techtarget Excel merupakan perangkat lunak keluaran Microsoft yang digunakan untuk mengelola data dan informasi dalam bentuk spreadsheet. Dengan excel kamu dapat melakukan perhitungan matematis, menganalisis data, dan membuat laporan dengan mudah. Selain itu, kamu juga bisa membuat grafik atau diagram yang memvisualisasikan data kamu. Hal ini memungkinkan kamu membuat spreadsheet yang lebih kompleks dan terstruktur untuk berbagai tujuan.

Baca Juga: 3 Rumus Satset Pake Excel Bikin Kerjaanmu Ga Ribet!

Saat ini, Excel digunakan diberbagai bidang, seperti bisnis, akademis, hingga rumah tangga. Hal ini dikarenakan excel  memudahkan mereka dalam mengatur data, menganalisis tren, dan membuat keputusan berdasarkan informasi yang dikumpulkan. Dari sekian banyaknya fitur yang ada di excel, ada satu fitur yang sangat membantu dalam penginputan data, yaitu drop down list. Bagaimana cara membuat fitur drop down list di Excel? Simak penjelasan dibawah ini.

Cara Membuat Drop Down List di Excel Secara Manual

Berikut beberapa langkah sederhana membuat drop down list di excel secara manual:

  • Buka Excel: Pertama, buka aplikasi Microsoft Excel dan buka dokumen yang kamu ingin untuk membuat drop down list atau bisa membuka dokumen baru.

  • Pilih Sel Tempat Kamu Ingin Menambahkan Drop Down List: Selanjutnya pilih atau blok sel yang akan dibuat drop down list. Dalam contoh ini, akan di buat drop down list kota asal tamu di sebuah hotel.

  • Pilih Menu “Data”: Di bagian bar menu atas, kamu akan menemukan menu “data.” Klik di sana.

Baca Juga: Daftar Rumus Excel Untuk Mempermudah Pekerjaanmu

  • Pilih “Validasi Data”: Selanjutnya, kamu bisa geser ke samping hingga menemukan “data tools.” Lalu, kamu akan menemukan opsi “data validation.” Klik di sana.

  • Pilih “List” Sebagai Sumber Data: setelah muncul option box “data validation”, pada sub bagian “setting” akan muncul pilihan menu “Allow.” Klik di sana, lalu pilih opsi “list.”

  • Isi Kategori Sesuai Kebutuhan: Pada bagian “Source” ketikan daftar data yang ingin kamu gunakan. Dalam contoh ini akan digunakan beberapa nama kota. Lalu, pisahkan masing-masing kota menggunakan tanda koma atau titik koma (tergatung setting di excel masing-masing).

  • Centang Bagian “Ignore Blank” dan “In-cell dropdown”: kamu dapat mencentang bagian ignore blank dan in-cell dropdown yang ada di samping menu “Allow”
  • Klik “Ok”: setelah selesai kamu dapat klik ok dan drop down list siap digunakan.

Cara Membuat Drop Down List di Excel Secara Otomatis Dengan Data Range Source

Jika kamu mempunyai banyak data dan ingin dibuat drop down list, kamu bisa lho membuatnya menggunakan fitur “Data Range Source.” Fitur ini pengganti dari input manual yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya. Cara membuat drop down list menggunakan range source dengan mengambil sumber dari kolom yang berisi data dan juga kamu bisa mengaplikasikannya pada sumber data yang berasal dari sheet yang berbeda.

Untuk caranya sama seperti poin sebelumnya, yang membedakan adalah pada bagian source cukup ketikan kode kolom dan baris yang sudah ada datanya. Dalam contoh ini, pilihan data berada di kolom D mulai baris 2 hingga 9. Maka di source box nya diisi: =$D$2:$D$9.

Catatan:

  • Selau di awali dengan simbol sama dengan (=)
  • Simbol dolar ($) berfungsi untuk mengunci kolom dan baris yang dipilih.
  • Tanda titik dua (:) dalam excel merupakan instruksi “sampai.” Sedangkan tanda titik koma (;) excel akan mengenalinya sebagai instruksu “dan.”

Cara Membuat Drop Down List di Excel Beda Sheet

  • Buka Microsoft Excel: Pertama, kamu membuka Microsoft excel di komputer atau laptop.
  • Buat Lembar Kerja Baru: Selanjutnya, kamu dapat mengklik opsi “blank workbook” di menu excel.
  • Tambahkan dua sheet berbeda: di dalam workbook baru, kamu dapat menambahkan dua sheet Sheet 1 akan digunakan untuk menyimpan data utama atau sebagai referensi untuk data dimasukkan ke dalam sheet 2. Sementara, di sheet 2 untuk menampilkan data yang ingin dimasukkan drop down list.
  • Mengaktifkan Opsi Drop Down List: Aktifkan salah satu sel di sheet 2 tempat di mana kamu ingin menambahkan drop down list.
  • Buka Tab “Data”: Selanjutnya, klik menu “Data” di bagian atas jendela excel
  • Pilih Validasi Data: Di bawah tab “Data” pilih opsi “Validasi Data”
  • Konfigurasi Validasi Data: Di jendela “Validasi Data,” isilah kolom-kolom seperti yang di instruksikan di bawah ini:
  1. “Allow”: Pilih opsi “List”
  2. “Data”: Pilih opsi “Between”
  3. Pastikan kotak “Ignore blank” dan “In-cell dropdown” di centang.
  • Selesaikan proses: Setelah mengatur opsi sesuai petunjuk, klik “Ok”

Baca Juga: 5 Fitur Tersembunyi Microsoft Excel, Sudah Tahu Belum?

Daftar Aplikasi Spreadsheet Mirip Excel

Selain Microsoft Excel, ada beberapa aplikasi spreadsheet lain yang bisa kamu pertimbangkan jika kamu sedang mencari alternatif yang lebih ringan atau bahkan gratis. Berikut adalah daftar beberapa aplikasi spreadsheet mirip excel:

  • Google Spreadsheet: Ini adalah versi online dan gratis yang disediakan oleh Google. Kamu dapat mengaksesnya dengan akun Google. Google spreadsheet memiliki banyak fitur yang mirip dengan excel dan memungkinkan kolaborasi online dengan mudah.
  • Numbers: Aplikasi spreadsheet ini merupakan keluaran Apple, yang dimana hanya bisa diakses oleh pengguna Mac. Fitur yang tersedia lumayan lengkap dan mudah digunakan. Menariknya kamu bisa mengakses file Numbers di perangkat lain dan di konversi ke dalam work board excel.
  • Abacus: Abacus merupakan aplikasi yang dikembangkan oleh Abacus Labs Incorporate. Tampilan aplikasi ini cukup sederhana. Berbeda dari Numbers, aplikasi ini bisa diakses secara bebas di perangkat ponsel. Kamu bisa mendownloadnya di Google Play Store dan App Store.

Jadi Jago Excel Hanya Di Vocasia

Setelah kamu memahami dasar-dasar excel dan bagiamana cara membuat drop down list, kamu mungkin bertanya “bagaimana saya bisa benar-benar menguasai excel?” jawabannya adalah dengan mengambil kursus excel yang sesuai.

Berikut beberapa rekomendasi kursus excel yang bisa kamu ikuti:

1. Mahir Microsoft Excel

Kursus ini sangat cocok untuk kamu yang ingin memperdalam pengetahuan tentang penggunaan formula excel. Di kursus ini kamu akan belajar penggunaan advance format cell, fungsi absolute, fungsi logika, Vlookup, dan masih banyak lagi.

2. Basic Excel Training For Professional Employes & Recruitment Selection Candidates

Jika kamu ingin mengetahui dasar-dasar excel yang sering digunakan karyawan profesional maupun dalam seleksi karyawan baru, kursus ini sangat cocok untuk kamu. Di kursus ini kamu akan belajar mengenai dasar-dasar excel yang sering digunakan oleh karyawan profesional dan yang sering di uji pada saat seleksi karyawan baru, seperti pivot table, fungsi teks, fungsi count, fungsi if tunggal dan bertingkat, dan masih banyak lagi.

3. Microsoft Excel Untuk Karyawan

Di kursus ini kamu akan belajar dari hal-hal yang paling basic dalam excel hingga fungsi-fungsi excel yang sering digunakan perusahaan. Selain video pembelajaran, di kursus ini kamu juga akan diberikan file excel yang bisa kamu gunakan untuk latihan.

 

Nah itulah penjelasan lengkap mengenai cara membuat drop down list di excel dan daftar aplikasi spreadsheet mirip excel.

Menguasai excel adalah investasi yang berharga dalam dunia kerja. Vocasia menawarkan kursus-kursus excel yang dirancang untuk pemula. Bergabunglah dengan ratusan individu yang telah sukses memperluas keterampilan excel mereka dengan bantuan instruktur berpengalaman di Vocasia.

Jangan tunda lagi, tingkatkan keterampilan dalam excel bersama Vocasia!

 

basic excel training
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *