Tanggal:25 April 2024

Hobi dalam CV, Contoh Hingga Pertimbangan Pentingnya

Hobi dalam CV bisa memberikan informasi tambahan tentang kepribadian dan minat Anda kepada perekrut. Ada banyak hobi yang dapat kalian cantumkan di dalam CV mulai dari olahraga dan kegiatan kreatif lainnya yang sering kalian lakukan pada saat tidak ada kegiatan. Berikut ini adalah beberapa contoh hobi yang dapat kalian sertakan dalam CV, serta beberapa pertimbangan pentingnya:

Olahraga

Hobi pertama yang sering di cantumkan banyak orang di CV-nya adalah kegiatan yang berkaitan dengan dunia olahraga mulai dari bermain sepak bola, renang, atau hiking. Hobi-hobi ini menunjukkan bahwa kalian memiliki kegiatan fisik yang aktif, memiliki rasa kompetitif, serta kemampuan untuk bekerja dalam tim.

Kegiatan Seni

Kegiatan selanjutnya yang dapat kalian cantumkan adalah hal yang berkaitan dengan dunia kesenian, seperti melukis, memainkan alat musik, atau menulis puisi. Ini menunjukkan bahwa kamu memiliki kepekaan artistik, kreativitas, serta kemampuan ekspresi diri.

Kegiatan Volunter

Jika, kalian sering mengikuti kegiatan menjadi seorang relawan ataupun yang biasa sering kita sebut sebagai volunter, itu juga bisa kalian cantumkan di dalam CV. Misalnya terlibat dalam kegiatan sosial, seperti menjadi relawan di panti asuhan atau membantu di lembaga amal. Hal ini menunjukkan bahwa kamu memiliki rasa empati, kepedulian terhadap masyarakat, serta kemampuan bekerja sama.

Kegiatan Kepemimpinan

Menjadi seorang pemimpin bukanlah suatu hal yang bisa dilakukan oleh setiap orang. oleh karena itu kalian bisa mencantumkan kegiatan tersebut di dalam pengalaman ataupun hobi. Seperti menjadi ketua organisasi di kampus atau menjadi pemimpin proyek di tempat kerja. Hobi ini menunjukkan bahwa Sobat memiliki kemampuan kepemimpinan, organisasi, serta kemampuan mengelola waktu dan sumber daya.

Kegiatan Yang Mendukung Kreativitas

Selain kesenian ada juga hal yang bisa kalian cantumkan dalam CV adalah kegiatan-kegiatan yang mendorong sebuah inovasi dan kreativitas. Seperti merangkai bunga, merajut, atau membuat kerajinan tangan. Hal ini menunjukkan bahwa Sobat memiliki kreativitas yang tinggi, kemampuan tangan yang baik, ketekunan, serta rasa ketelitian.

Pertimbangan pentingnya menyertakan hobi dalam CV adalah sebagai berikut:

Menunjukkan kepribadian

Hobi pastinya memberikan gambaran tentang kepribadian kalian di luar lingkup pendidikan dan dunia kerja yang profesional. Hal ini dapat membantu perekrut mendapatkan pemahaman lebih baik tentang Sobat sebagai individu yang baik.

Mencerminkan minat dan keahlian

Hobi dapat mencerminkan minat dan keahlian tambahan yang mungkin relevan dengan pekerjaan yang kalian lamar. Misalnya, jika kalian suka melukis dan melamar pekerjaan di bidang desain grafis, hal itu dapat menunjukkan kreativitas Anda.

Memperlihatkan kemampuan organisasi

Jika, Sobat sering terlibat dalam kegiatan yang terstruktur dan teratur, seperti menjadi anggota klub atau organisasi, hal itu dapat menunjukkan kemampuan teman-teman dalam mengatur waktu, berkomitmen, serta bekerja dalam tim.

Membangun percakapan saat wawancara

Selain menunjukkan kepribadian kita melalui sebuah hobi, hal ini dapat menjadi topik pembicaraan yang menarik selama wawancara. Perekrut dapat melihat hobi kalian sebagai awal untuk membangun hubungan atau menggali lebih dalam tentang minat dan kemampuan.

Namun, perlu diingat bahwa hobi-hobi yang Sobat cantumkan harus relevan dengan pekerjaan yang kalian lamar dan tidak melanggar aturan atau norma yang berlaku. Selain itu, pastikan untuk menyebutkan hobi yang masih aktif dan tidak terlalu umum, sehingga dapat menarik minat perekrut. Semoga artikel ini dapat membantu Sobat yang sedang ingin melamar pekerjaan dan menyusun CV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *