Tanggal:07 May 2024

7 Contoh Self Reward yang Membahagiakan, Tapi Hemat di Kantong!

Penghargaan kepada diri sendiri alias self-reward boleh dilakukan, terutama setelah melalui berbagai kesulitan, seperti berhasil menyelesaikan pekerjaan tertentu. Coba pikirkan lagi, jika setiap kali ingin membahagiakan diri harus keluar biaya, maka semakin sering semakin boros. Supaya penghargaan tersebut tidak menghamburkan uang, ubahlah mindset agar tetap bahagia meskipun melakukan hal yang sederhana. Berikut rekomendasi self-reward yang tidak perlu keluar banyak uang dan bisa dilakukan di rumah saja.

Ketika selesai mengerjakan suatu project atau pekerjaan besar, memberi self reward pada diri sendiri adalah hal yang penting. Sebagai bentuk penghargaan atas usaha yang dilakukan dan menyegarkan pikiran kembali agar tidak lelah dan stres. Namun meskipun begitu bukan suatu hal yang baik kalau kamu malah boros dalam memberi self reward, banyak orang juga tak sadar dengan hal ini.

Padahal kalau dipikir-pikir justru ada banyak hal yang bisa dijadikan self reward dan membahagiakan diri sendiri tapi tetap hemat, lima contoh di antaranya ada dalam pembahasan kali ini. Simak ya!

1. Nikmati serunya menonton film di rumah

Pergi ke bioskop cukup mengeluarkan anggaran yang tidak sedikit : tiket, permen, popcorn, minuman. Jika Anda memiliki anak, Anda mungkin agak kesulitan untuk membawanya jika tidak mempunyai keluarga atau kerabat dekat. Juga, Anda mungkin menghindari bioskop sekarang. Dengan berlangganan Video on Demand di Netflix, Iflix, dan sejenisnya menjadi pilihan Anda yang lebih murah — yang dapat Anda alami di sofa Anda sendiri dengan piyama Anda.

2. Bersantai di rumah membaca buku yang sudah lama ingin Anda baca

Membaca buku yang sudah lama ingin Anda baca di rumah juga merupakan penghargaan diri yang membahagiakan tetapi juga ekonomis. Karena Anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang, cukup beli buku fisik atau e-book yang Anda inginkan dan nikmati waktu santai sambil menikmatinya. Tipe introvert atau pecinta buku yang sangat menyukai tipe self reward ini.

3. Mendekor rumah agar lebih estetik

Mendekorasi rumah juga merupakan sebuah penghargaan diri yang menyenangkan sekaligus ekonomis. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mendekorasi rumah, bahkan tidak semuanya membutuhkan banyak biaya atau budget yang murah. Cara ini sangat cocok untuk semua orang karena tidak ada orang yang tidak senang jika rumahnya menjadi lebih indah dan nyaman untuk ditinggali, terlebih sekarang dengan mudahnya kita membeli segala pernak-perniknya melalui e-commerce.

4. Membuat cemilan favorit

Beli semua bahannya, tonton video tutorialnya melalui YouTube, dan Buat cemilan favorit Anda dari rumah. Ini adalah hal yang membahagiakan untuk self-reward— menyenangkan untuk dibuat, dan Anda bisa memakannya setelah itu. Tetapi jika tampilannya tampak lebih unik daripada yang kita harapkan tidal apa, itu bagian dari proses. Nikmati!

5. Nikmati ketenangan dengan berjalan-jalan di sekitar kota sendirian

Self-reward lain yang hemat tetapi juga efektif untuk membuat diri Anda bahagia adalah berkeliling kota sendirian. Anda dapat mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi, dan jika Anda melakukannya sendiri maka Anda dapat menikmati ketenangan diri sendiri pada saat yang bersamaan. Terlebih di kota-kota besar, cobalah untuk menaiki transportasi umum untuk mengantarkan Anda ke tempat kunjungan.

6. Mendalami hobi

Bentuk self reward pertama yang paling mudah dan sederhana untuk didapatkan adalah dengan menekuni hobi. Setelah melalui penat dan berbagai kesulitan, maka Anda pantas untuk melakukan berbagai hal yang sebelumnya selama ini kamu kesampingkan. Selain itu, melakukan hobi akan membawa lebih banyak lagi kebahagiaan dan kepuasan diri untuk seseorang.

7. Konsumsi Makanan Enak

Berikutnya adalah self reward yang dapat Anda nikmati dan konsumsi secara langsung keberadaannya. Pilihlah makanan yang memang Anda sukai atau setidaknya memang telah kamu idam-idamkan sejak lama. Untuk self reward, jangan ragu untuk memilih. Asalkan jangan lupa satu hal, Anda tidak boleh memaksakan diri dan juga harus mempertimbangka kondisi pribadi.

Ada banyak cara untuk memberikan self-reward atas kerja keras Anda, termasuk hal-hal sederhana yang dapat membuat diri Anda bahagia tetapi juga menghemat uang. 

Sukses Membangun Kesan - Personal Development
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *