Tanggal:12 May 2024

Deretan Manfaat Belajar Coding Untuk Anak

Mempelajari coding mungkin sangat menantang bagi orang dewasa, yang membuat sebagian besar orang tua berpikir itu sangat mustahil bagi anak-anak. Namun kenyataannya, di era kecerdasan buatan (AI) dan otomatisasi saat ini, coding telah menjadi salah satu tren terbesar di sektor pendidikan.

Ini mungkin terdengar sulit dipercaya, tetapi anak-anak hebat dalam hal mempelajari kode. Jika seorang anak mulai belajar cara membuat kode sejak usia dini, itu membuka pintu ke banyak peluang baik dalam hal memperoleh keterampilan hidup dan menjelajahi peluang karier.

Coding atau bahasa pemrograman adalah cara memberi perintah dengan mengolah kode dengan bahasa pemrograman pada komputer, gadget (gadget) untuk melakukan sesuatu. Anak-anak dapat membuat game, animasi, menggerakkan robot, dan membuat aplikasi sederhana. Tentunya Coding untuk anak-anak jauh lebih mudah dengan prinsip mengenalkan dan membiasakan anak dengan software pemrograman seperti Scratch, MIT App Inventor, Photon Robot, dll.

Haruskah anak-anak belajar coding? Tentu saja perlu! Agar tidak ketinggalan di era teknologi digital ini. Dengan menguasai coding, masa depan anak akan menjanjikan seiring dengan perkembangan teknologi yang sangat pesat. Berikut manfaat belajar coding untuk anak.

Manfaat Belajar Coding Untuk Anak

1. Pemikiran Komputasi (Computational Thinking)

Melatih kemampuan berpikir anak secara terstruktur dan logis. Anak dapat belajar memahami konsep algoritma sederhana dan dapat menyelesaikan masalah sehingga kemampuan anak berkembang. Belajar coding akan meningkatkan peluang anak Anda untuk mendapatkan keterampilan yang baik dan karir STEM yang menguntungkan. Kecerdasan buatan (AI) dan pekerjaan komputasi tumbuh dengan kecepatan yang luar biasa.

2. Meningkatkan Kreativitas (Improves Creativity)

Kreativitas anak juga dapat meningkat dengan baik dengan belajar coding. Belajar coding dapat memberdayakan anak-anak untuk tidak hanya mengkonsumsi media dan teknologi digital, tetapi juga menciptakannya. Daripada hanya bermain video game atau menggunakan aplikasi, mereka dapat membayangkan membuat video game mereka sendiri, atau membayangkan seperti apa situs web, atau aplikasi mereka sendiri—dan mereka akan memiliki saluran untuk berekspresi.

3. Pemecahan Masalah (Problem Solving)

Anak-anak yang belajar coding belajar bagaimana rasanya mendekati masalah dan kesalahan dalam pemrograman, seperti seorang insinyur perangkat lunak, dengan pemikiran logis dan komputasional.

Dilatih secara otomatis untuk menemukan solusi masalah dan mengetahui cara mengantisipasinya dengan menulis kode yang tepat. Mereka mengambil masalah yang kompleks dan memecahnya menjadi urutan masalah yang lebih kecil dan lebih mudah dikelola.

4. Memperkuat Softskill

Penggunaan dan pembuatan teknologi sudah ada sejak kecil sehingga soft skill terus berkembang. Anak-anak dapat menghasilkan produk sendiri seperti membuat game, animasi, bahkan aplikasi sederhana. Hal ini akan terus menjadi pelajaran bagi mereka.

Keterampilan berpikir logistik, kolaborasi, komunikasi, dan pengalaman yang diperoleh dari belajar Coding akan selalu bermanfaat, prinsip ini akan terus digunakan, meskipun bahasa pemrograman akan selalu memiliki versi terbaru.

5. Fasih Teknologi

Anak-anak yang memiliki kemampuan coding tentunya memiliki daya saing yang lebih baik di era digital yang sangat kompetitif ini. Teknologi canggih yang terus berkembang dan familiar bagi kita akan lebih mudah dipahami dengan belajar Coding, sehingga kedepannya Coding bisa menjadi salah satu keterampilan wajib untuk sukses dalam berkarir di kemudian hari.

Seperti yang dikatakan oleh Bill Gates, “Belajar menulis program dapat meregangkan pikiran Anda, dan membantu Anda berpikir lebih baik, menciptakan cara berpikir tentang hal-hal yang menurut saya berguna di semua bidang.”

Tentu saja, mempelajari cara membuat kode tidak serta merta mengubah mereka menjadi pemrogram profesional dan suatu hari mungkin bahkan miliarder seperti Bill Gates; Namun, itu mengajarkan mereka keterampilan yang sangat dibutuhkan yang akan membantu mereka dalam berbagai pilihan akademik dan kehidupan di era digital yang sangat kompetitif saat ini.

Materi coding untuk anak lebih sederhana dan menghibur. Anak-anak dapat mengambil pelajaran Coding yang dapat dilakukan dalam kursus atau dengan mengikuti petunjuk internet. Pesan untuk orang tua, biarkan si kecil mencoba segalanya selagi masih dini. Jangan terlalu menuntut dan dipaksa untuk menuruti semua keinginan orang tua, biarkan anak mengambil keputusan sendiri agar dia belajar bertanggung jawab.

kursus pelatihan pemograman laravel vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *