Tanggal:26 July 2024

7 Rumus Excel Paling Sering Digunakan di Dunia Kerja

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan software yang satu ini, yaitu Microsoft Excel. Microsoft Excel adalah salah satu software yang paling sering digunakan dalam dunia kerja. Bahkan, saat ini, sudah banyak perusahaan yang menjadikan Microsoft Excel sebagai hal yang wajib dikuasai oleh para pelamarnya.

Microsoft Excel digunakan untuk mengolah dan menghitung data sederhana hingga rumit, mengelola teks, dan membuat diagram maupun grafik. Pengolahan dilakukan dengan menggunakan rumus dalam lembar atau yang disebut dengan spreadsheet

Di bawah ini terdapat tujuh rumus Excel paling sering digunakan dalam dunia kerja yang wajib kamu kuasai. Pelajari dan catat rumusnya, yuk!

1. SUM

Rumus Excel pertama dan yang paling banyak digunakan adalah SUM. SUM merupakan rumus yang digunakan untuk melakukan penjumlahan data numerik atau angka dengan cepat. Kamu dapat menghitung jumlah data yang diinginkan dengan rumus yang satu ini.

Contohnya, jika kamu ingin menjumlahkan angka pada sel A2 sampai sel A12, rumus yang digunakan adalah =SUM(A2:A12).

2. AVERAGE

Rumus Excel berikutnya adalah AVERAGE. AVERAGE merupakan rumus yang berguna untuk mencari nilai rata-rata angka pada beberapa jumlah sel. Sebagai contoh, kamu ingin mencari rata-rata nilai ujian yang ada pada sel A2 hingga A10.

Untuk mencari rata-rata dari sel tersebut, kamu dapat menggunakan rumus =AVERAGE(A2:A10).

3. IF

IF merupakan rumus Excel yang berfungsi untuk menampilkan kebenaran nilai dari kumpulan data. Jika kamu ingin membuat perbandingan logis dengan menguji parameter dan mengembalikan hasil, kamu dapat menggunakan rumus IF ini. Nantinya, hasil yang keluar berupa ‘True/False’.

Apabila perbandingan benar, hasil akan menyatakan ‘True’, sedangkan jika perbandingan salah, maka hasil akan menyatakan ‘False’. Rumusnya dapat ditulis sebagai berikut =IF(logical_test, [value_if_true],[value_if_false]).

4. MAX dan MIN

Kamu dapat menggunakan rumus MAX dan MIN untuk mencari angka tertinggi atau terendah di dalam deretan sel yang berisi angka.

Jika kamu ingin mencari nilai tertinggi dan terendah dari 1 sel deret ke bawah atau ke samping A2 sampai A15, maka kamu dapat menuliskan:

Terbesar: =MAX (A2:A15)

Terkecil: =MIN (A2:A15)

5. COUNT

Rumus Excel berikutnya adalah COUNT. COUNT digunakan untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka.

Sebagai contoh, data pada sel A1 sampai sel G1 terdapat data angka dan data huruf. Untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka, kamu dapat menggunakan rumus =COUNT(A1:M1).

6. CHOOSE

CHOOSE merupakan rumus Excel yang digunakan untuk memilih dan menampilkan suatu nilai pada satu list nilai. Rumus ini digunakan untuk memilih 1 nilai sampai 254 sesuai dengan nomor indeks.

Contohnya, nilai 1-12 merupakan nama bulan dalam satu satu tahun. Rumus ini akan menempatkan nama salah satu bulan jika menggunakan nomor indeks 1 sampai dengan 12. Untuk menggunakannya, kamu dapat menuliskan rumus =CHOOSE(index_num,value1,[value2],…..).

7. AND

Rumus Excel paling sering digunakan dalam dunia kerja yang terakhir adalah AND. Rumus AND digunakan untuk menentukan benar (TRUE) atau salah (FALSE) pada data yang ada di sel menggunakan rumus logika.

Sebagai contoh, kamu ingin mencari tahu apakah nilai A1 lebih dari 75 dan kurang dari 100. Kamu dapat menggunakan rumus =AND(A1>75;A1<100). Jika data pada sel memenuhi kriteria, maka akan muncul hasil dengan tulisan TRUE dan begitu sebaliknya.

Itulah beberapa rumus excel yang akan sering kamu gunakan jika berada di dunia kerja. Apakah kamu sudah mencoba rumus-rumus tersebut? Jika punya pertanyaan, silakan sampaikan melalui kolom komentar di bawah ini.

Skill mengoperasikan Microsoft Excel sangat dibutuhkan hampir di semua bidang pekerjaan, karena itu, penting bagi kamu untuk mempelajarinya. Yuk, mulai belajar Microsoft Office Excel sekarang dengan mengikuti kursus Intermediate Excel Training for Professional Employees & Jobseekers di Vocasia! Klik gambar di bawah ini untuk dapatkan kursus dengan harga Rp65.000,- saja atau kunjungi vocasia.id untuk melihat kursus lainnya.

 

Penulis : Dwi Puspita Maharani – Kelompok B
Mahasiswa Studi Independen Batch #4 – Vocasia

basic excel training

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *