Tanggal:14 May 2024
admin inventory adalah

Admin Inventory: Tugas, Skill, Kualifikasi dan Gajinya

Dalam dunia industri, peran seorang admin inventory sangat vital. Dari pencatatan hingga manajemen stok, admin inventory bertanggung jawab atas kelancaran operasional gudang. Artikel ini akan membahas tugas-tugas, kualifikasi, skill yang diperlukan, dan rata-rata gaji seorang admin inventory. Dari pencatatan penerimaan barang hingga pengelolaan stok, mari kita telusuri peran penting admin inventory dalam menjaga kelancaran rantai pasok.

Apa Itu Admin Inventory?

Admin inventory adalah seorang karyawan yang bertanggung jawab untuk melakukan pengecekan barang, mencatat permintaan, melakukan pengemasan barang, melakukan input semua data transaksi barang inventory, membuat surat jalan barang, menerima pengembalian barang rusak, dan melakukan pengecekan kondisi barang yang sudah expired. Tugas dan tanggung jawab admin inventory meliputi pengecekan kondisi barang yang ada di dalam gudang inventory secara aktual, mengecek barang atau komponen barang yang keluar dari gudang inventory, memeriksa stok barang atau produk yang ada di gudang, melakukan pengecekan dan penerimaan barang retur dari pembeli, menginput data inventory ke dalam sistem, mengupdate produk atau stok barang yang tersedia dan habis, membuat laporan bulanan administrasi stok gudang, melakukan stok opname, dan membuat surat jalan.

Tugas Admin Inventory

Admin inventory memiliki beragam tugas dan tanggung jawab, termasuk:

  • Melakukan pengecekan kondisi barang di gudang secara aktual, mencatat surat penerimaan barang yang masuk dan keluar, serta memeriksa stok barang atau produk di gudang.
  • Menginput data inventory ke dalam sistem dan mengupdate stok barang yang tersedia dan habis.
  • Laporan bulanan administrasi stok gudang disusun dan stok opname dilakukan secara rutin.
  • Menerima pengembalian barang rusak, melakukan pengecekan kondisi barang yang sudah expired, dan membuat surat jalan.

Selain itu, admin inventory juga bertanggung jawab untuk melakukan packing barang, mengecek produk yang sudah expired, dan melakukan perhitungan persediaan fisik di gudang atau toko.

Dalam menjalankan tugasnya, seorang admin inventory diharapkan memiliki keterampilan komunikasi, ketelitian, kemampuan manajemen stok barang, serta dapat bekerja di bawah tekanan.

Skill yang Harus Dimiliki Admin Inventory

Seorang admin inventory harus memiliki beberapa skill atau keterampilan dasar, antara lain:

  • Keterampilan manajemen stok barang atau inventory management untuk melacak dan mengorganisasi barang.
  • Kemampuan menggunakan komputer dan mengoperasikan program seperti Microsoft Office, terutama Excel dan Word.
  • Keterampilan komunikasi dan koordinasi dengan berbagai pihak, seperti karyawan, manajer, supplier, dan konsumen.
  • Kemampuan bekerja di bawah tekanan atau pressure.
  • Keterampilan literasi komputer untuk melakukan tugas administrasi.

Selain itu, seorang admin inventory juga harus memiliki jiwa tanggung jawab yang tinggi, jujur, dan rapi dalam menjalankan tugasnya. Beberapa kualifikasi yang dibutuhkan untuk menjadi admin inventory adalah setidaknya SMA di bidang apapun, memiliki pengalaman minimal 1 tahun dalam bidang yang sesuai, dan usia maksimal 28 tahun. Namun, ada juga perusahaan yang menerima lulusan SMA untuk menjadi admin inventory.

Kualifikasi Admin Inventory

Kualifikasi admin inventory umumnya meliputi:

  • Setidaknya SMA di bidang apapun.
  • Memiliki pengalaman minimal satu tahun di bidang yang relevan adalah persyaratan yang diperlukan untuk posisi Admin Inventory.
  • Usia maksimal 28 tahun.
  • Dapat menggunakan program MS Office, terutama Excel dan Word.
  • Mampu berkomunikasi dengan baik dan memiliki tingkat ketelitian yang tinggi merupakan keahlian yang dimiliki.
  • Struktur, prosedural, dan rapi.
  • Dapat bekerja sama dalam tim.

Selain itu, admin inventory harus memiliki jiwa tanggung jawab yang tinggi, jujur, dan rapi dalam menjalankan tugasnya. Beberapa perusahaan juga menerima lulusan SMA untuk menjadi admin inventory.

Gaji Admin Inventory

Gaji admin inventory bervariasi tergantung pada perusahaan dan lokasi kerja. Namun, berdasarkan beberapa sumber, gaji rata-rata untuk posisi admin inventory di Indonesia adalah sekitar Rp 4.771.948 – Rp 5.392.678 per bulan. Selain gaji pokok, admin inventory juga dapat menerima tunjangan dan bonus tertentu, seperti tunjangan kesehatan, tunjangan transportasi, dan bonus kinerja. Namun, jumlah tunjangan dan bonus dapat berbeda-beda tergantung pada perusahaan dan kesepakatan kerja yang dibuat.

Upgrade Skillmu Bersama Vocasia

Vocasia menyediakan berbagai kursus online untuk mengasah hard skill dan soft skill, termasuk kursus Microsoft Excel, Microsoft Word, dan komunikasi efektif di dunia kerja. Kursus Microsoft Excel level intermediate ditujukan bagi mereka yang ingin memperdalam pengetahuan tentang penggunaan rumus (formula) Excel, sementara itu kemampuan menguasai kursus Microsoft Word menjadi suatu keterampilan yang mutlak diperlukan bagi siapa pun, terutama bagi mereka yang bercita-cita bekerja di lingkungan perkantoran atau siswa sekolah. Sementara itu, kursus komunikasi efektif di dunia kerja membahas tentang cara berkomunikasi langsung maupun tidak langsung, di dunia bisnis dan di lingkungan kerja. Harga kursus di Vocasia bervariasi tergantung pada jenis kursus dan durasi pelatihan.

Artikel ini telah menguraikan peran krusial seorang admin inventory dalam menjaga kelancaran operasional gudang. Dengan persyaratan kualifikasi dan skill yang telah dibahas, serta gambaran mengenai rata-rata gaji di sektor ini, menjadi jelas betapa pentingnya peran seorang admin inventory dalam menjaga keteraturan dan kelancaran rantai pasok.

Penulis : Asep – Vocasia

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *