Tanggal:17 June 2024

10+ Alasan Memilih Judul Skripsi

Saat menyampaikan skripsi karya sobat, tentunya sobat akan menerima pertanyaan dari tim penilai mengenai pemilihan judul skripsi. Saat sobat sudah menulis skripsi dan siap mempresentasikannya, tetapi sobat merasa kebingungan saat ditanya pertanyaan mengenai alasan memilih judul skripsi yang dipakai.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Tenang saja sobat karena mimin Vocasia siap membantu sobat. Hari ini mimin akan menyampaikan lebih dari 10 alasan yang bisa sobat pakai dalam memilih judul skripsi.

Ayo ikuti artikel ini!

Sumber: unsplash.com

Daftar Alasan yang Bisa Digunakan dalam Memilih Judul Skripsi

Berikut adalah lebih dari 10 alasan yang sobat bisa sampaikan saat ditanya mengenai pemilihan judul skripsi yang akan dipakai.

1) Relevansi dengan bidang studi

Pemilihan judul skripsi yang relevan dengan bidang studi yang ditekuni bisa menjadi alasan yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki minat dan pemahaman yang cukup dalam bidang studinya.

2) Kepentingan pribadi

Mahasiswa juga bisa memilih judul skripsi yang sesuai dengan minat atau ketertarikannya. Dengan demikian, mahasiswa dapat lebih antusias dan termotivasi dalam menyelesaikan skripsinya.

3) Potensi kontribusi

Memilih judul skripsi yang memiliki potensi untuk memberikan kontribusi dalam bidang studi tertentu bisa menjadi alasan yang baik. Hal ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki pemahaman yang cukup dalam bidang studinya dan ingin berkontribusi pada pengembangan bidang studi tersebut.

4) Ketersediaan data dan sumber informasi

Mahasiswa perlu mempertimbangkan ketersediaan data dan sumber informasi yang diperlukan untuk menyelesaikan skripsi. Pemilihan judul yang memperhitungkan ketersediaan data dan sumber informasi bisa menjadi alasan yang baik. Bila memilih judul yang bagus, tetapi ketersediaan data di lapangan tidak memadai; ini akan merepotkan penulis saat menulis dan menyusun skripsinya.

5) Pertimbangan dosen pembimbing

Dosen pembimbing merupakan orang yang akan membimbing mahasiswa dalam menyelesaikan skripsinya. Oleh karena itu, mahasiswa perlu mempertimbangkan masukan dari dosen pembimbing dalam memilih judul skripsi.

6) Melengkapi dan memperbaiki isi penelitian terdahulu

Pemilihan judul tertentu boleh didasari dengan alasan untuk melengkapi dan memperbaiki isi penelitian terdahulu. Bila pada penelitian terdahulu terdapat kesalahan/kekurangan data, hal itu bisa dijadikan alasan dalam memilih judul skripsi.

7) Pemilihan judul yang belum banyak dipakai

Terkadang judul yang belum umum dan dikenal orang bisa menjadi salah satu alasan yang bisa dipakai dalam memilih judul skripsi.

8) Judul dan topik yang dipakai sedang populer

Pemilihan topik dan judul yang sedang populer di masyarakat bisa menjadi alasan dan daya tersendiri bagi sang peneliti. Ketersediaan data yang selalu up to date akan sangat membantu peneliti dalam menganalisis hasil penelitiannya.

9) Berkaitan dengan pengalaman saat menjalankan program di luar kuliah

Pengalaman kegiatan di luar kampus termasuk program magang bisa menjadi dasar pemilihan judul skripsi. Saat melakukan magang, tentunya sobat melakukan sesuatu dan memiliki akses informasi yang lebih akurat dan merupakan informasi “tangan pertama”. Oleh karena itu, hal tersebut bisa menjadi kelebihan dalam memilih judul skripsi.

  1. Banyak persoalan yang belum terjawab di penelitian serupa

Pemilihan judul skripsi tertentu bisa terinspirasi atas jawaban penelitian sebelumnya yang belum terjawab. Dengan demikian, hal itu bisa menjadi jawaban yang akan dijawab di penelitian terbaru.

  1. Memberitahu masalah kepada publik agar diketahui secara luas

Alasan ini dipakai oleh penulis untuk memberitahu ke public mengenai masalah yang ditelitinya. Masalah yang diteliti bisa saja masalah yang kurang umum, tetapi menyangkut banyak orang sehingga bisa menjadi pembenaran agar masyarakat mengetahuinya.

Itu adalah 11 alasan dalam memilih judul skripsi.

Sekian artikel mengenai alasan yang bisa dipakai dalam menjelaskan pemilihan judul skripsi.

Sobat ingin tahu cara membuat skripsi yang bagus dan valid, serta cara membuat kerangka berpikirnya? Buruan join ke kursus “Strategi Sukses Penulisan Skripsi Secara Tepat, Cepat, dan Cermat” dengan menekan tombol di bawah ini!!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *