Tanggal:26 April 2024

15 Kalimat Penutupan Presentasi yang Menarik

Pastinya kalian tidak asing lagi dengan presentasi. Terutama buat kalian yang masih bersekolah ataupun kuliah pastinya sering kan melakukan presentasi. Presentasi biasanya dilakukan pada saat kita ingin menyampaikan suatu materi maupun hasil diskusi kelompok. 

Presentasi merupakan bentuk komunikasi dua arah yang dilakukan dengan berbicara di depan banyak orang. Tujuan dari dilakukannya presentasi adalah untuk menyampaikan pendapat, topik, maupun informasi yang memuat materi-materi yang bermanfaat bagi orang banyak.

Kemampuan presentasi yang baik merupakan salah satu keahlian yang harus dikuasai. Sebab presentasi yang baik di depan orang banyak akan bermanfaat juga sampai memasuki dunia kerja. Agar bisa mempresentasikan suatu materi dengan baik, diperlukan skill public speaking yang mumpuni.

Dengan kemampuan presentasi yang baik, orang lain akan lebih mudah mengerti dengan apa hal yang kita sampaikan kepada audience (penonton). Pastinya sebelum melakukan presentasi, kita harus mempersiapkan terlebih dahulu materi dan juga diri kita sendiri biar presentasinya lancar.

Salah satu hal yang harus dipersiapkan dalam melakukan presentasi adalah kalimat pembuka dan juga kalimat penutup. Karena dengan kalimat yang unik, hal itu akan memberikan kesan yang baik terhadap audience (penonton). 

Oleh karena itu, artikel kali ini akan memberikan beberapa contoh kalimat penutup yang juga menarik untuk digunakan saat melakukan presentasi. Dengan pembawaan yang seru, audience pun juga akan menikmati presentasi kalian.

Kalimat Penutupan Unik & Menarik

Yuk kita lihat beberapa kalimat yang menarik digunakan dalam menutup presentasi. Tetap sesuaikan dengan kondisi dan situasi presentasinya ya, Sobat!

  • “Sekian presentasi dari saya, apabila terdapat salah kata mohon dimaafkan karena kesempurnaan hanya milik perempuan, terima kasih”
  • “Tak terasa sudah berjam-jam saya berdiri di sini, akhirnya kita sampai di penghujung materi, mohon maaf sekian terima kasih”
  • “Terima kasih atas perhatiannya, apabila ada yang ingin ditanyakan presentasi di atas, langsung saja chat ke whatsapp saya”
  •  “Sekian presentasi yang saya sampaikan, semoga materi yang saya berikan kali ini bermanfaat bagi kemakmuran masyarakat”
  • “Sekian presentasi yang saya berikan kali ini, terima kasih. Apabila ada kesalahan mohon dimaafkan, kesimpulan dari presentasi saya adalah (jelaskan kesimpulan secara singkat)”
  • Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh, terima kasih atas perhatiannya. Semoga ilmu yang saya paparkan dapat berguna bagi bangsa dan negara”
  • “Sebelum mengakhiri presentasi ini izinkan saya memberikan pantun, naik haji ke kota mekah, pulangnya bawa kurma. Mohon maaf bila ada salah, terima kasih semua”
  • “Sebelum mengakhiri presentasi izinkan saya menyampaikan pantun terlebih dahulu. Moh Salah main bola, kipernya Karius. Apabila banyak salah ucapnya, mohon dimaafkan jangan terlalu serius, terima kasih atas perhatiannya”
  • “Sekian presentasi materi hari ini, apabila ada pertanyaan bisa disampaikan. Kalau ada rasa sayang mohon diungkapkan”
  • “Sebelum mengakhiri presentasi, saya ingin menyampaikan pesan yang bermanfaat, agar jangan lupa untuk berolahraga, salam olahraga”
  • “Sekian materi yang disampaikan, apabila ada salah kata mohon dimaafkan, karena saya hanya manusia biasa, yang tak luput dari dosa”
  • “Izinkan saya mengakhiri presentasi hari ini, terima kasih atas segala perhatiannya, karena baru kali ini saya diberikan perhatian”
  • “Hidup kasihan, tanpa rasa sayang dan cinta kasih. Terima kasih atas perhatiannya, sekian dan terima kasih”
  • “Sekian presentasi saya hari ini apabila ada kekurangan ditambahkan, apabila kelebihan mohon diingatkan, terima kasih”
  • “Tak terasa sudah sampai sejauh ini, kalian memperhatikan saya dengan baik. Atas perhatiannya, saya ucapkan banyak-banyak terima kasih.

Nah, buat kalian yang ingin meningkatkan skill public speaking dalam melakukan presentasi. Sobat, bisa mengikuti kursus online yang diadakan oleh Vocasia membahas “Sukses Karir Profesional Melalui Komunikasi Publik”. Dengan begitu kalian bisa mendapatkan tips-tips dan juga materi yang sangat bermanfaat tentang public speaking. Yuk, buruan daftar dan dapatkan segala benefitnya, langsung KLIK TOMBOL DI BAWAH INI!

Sukses Membangun Kesan - Personal Development

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *