Tanggal:19 September 2024

Alat Musik Saluang, Ini Sejarahnya!

Alat-alat musik tradisional di tanah air itu ternyata sangat banyak lho, kamu sadar tidak sih? Di setiap daerahnya saja, pastinya ada saja satu benda, ritual, atau aspek budaya lainnya yang menggambarkan sebuah latar belakang suatu daerah, salah satunya adalah alat musik. Contohnya saja alat musik tehyan yang belum lama kita bahas bersama! Kamu sudah baca tentang alat musik tehyan belum? 

Tetapi kali ini, kita akan kembali membahas alat musik daerah lagi nih! Ada yang bisa tebak kali ini dari daerah mana? Bagi kamu warga Minangkabau, yuk kita bahas alat musik daerah kamu bareng, karena alat musik yang bernama Saluang ini berasal dari Minangkabau, kamu tahu? Yuk kita cek dan bahas bareng! 

Arti Saluang itu apa sih? Secara etimologis, saluang memiliki arti dari kata seruling yang berbentuk panjang. Dengan bahan dasar yang terbuat dari bambu tipis atau yang juga biasa disebut dengan talang. Bahan ini juga sering digunakan untuk menjemur baju oleh warga sekitar Minangkabau. Konon, bahan ini sangat cocok sekali untuk alat musik saluang karena bahannya yang sangat bagus. 

Baca Juga :

Lalu, bagaimana sih cara memainkan alat musik yang satu ini? Jika kamu ingin belajar, kamu harus benar-benar sering dan giat latihan, karena caranya sendiri butuh kesabaran dan keseimbangan yang sangat bagus. Cara utamanya adalah kamu meniup saluang dan menahan nafas kamu secara bersamaan sampai akhir lagu berakhir! Iya sampai lagu berakhir, kamu harus menahan nafasmu dan meniup saluangnya selama durasi musik itu berlangsung. Kamu sanggup tidak nih? 

Maka dari itu, kamu harus penting sekali dalam melakukan latihan, agar kamu bisa memainkannya dengan  baik dan benar. Karena, kamu tidak mungkin tidak belajar dengan menahan nafas selama satu lagu berjalan, sama saja dengan menahan nafas selama 2 hingga 4 menit lamanya lho! Dengan mengetahui hal ini, kita patut apresiasi warga Minangkabau dan siapapun orang di luar sana yang dapat memainkan alat musik saluang ini dengan benar. Keren banget ya! 

Saluang sendiri sering digunakan dalam acara-acara besar seperti pernikahan, mendirikan rumah (batagak rumah), batagak pangulu, dan masih banyak lagi. Konon jika kamu ingin sekali menyaksikan alat musik ini digunakan dalam acara-acara tersebut, datang pada jam sholat Isya hingga jam-jam mendekati sholat Subuh. Ternyata lama juga ya! 

Fakta-fakta lainnya untuk alat musik saluang ini adalah ternyata banyak sekali variasi cara meniupnya lho. Banyak sekali daerah di Minangkabau yang akhirnya terjadi perbedaan cara meniup saluang. Dengan itu, keragaman menjadi salah satu bagian dari sejarah saluang, Nama-nama dari saluang sendiri dari berbagai macam daerah di Minangkabau adalah Singgalang, Pariaman, Solok Salayo, Koto Tuo, Suayan dan Pauah. 

Dari varian-varian tersebut juga ternyata banyak cara yang tidak mudah. Ada yang tingkat kesulitannya sangat mudah, sedang hingga yang sangat sulit. Varian yang sangat sulit ini harus menggunakan telinga kita untuk dapat memainkannya. Bayangkan saja jika kita harus menggunakan telinga untuk memainkan saluang, akan sangat sulit sekali bukan untuk seseorang yang ingin mencobanya? 

Tetapi kerumitan tersebut tidak menutupi kesempatan untuk kamu belajar memainkan alat musik saluang. Jika kamu ingin dan punya tekad untuk bisa, pasti akan ada selalu jalan untukmu, terutama giat dalam belajar dan latihan saat tahap proses. 

Kamu sudah siap mencoba belum?

Baca Juga :

kursus belajar membuat dimsum vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *