Tanggal:11 May 2024

4 Jenis Subjunctive sebagai Bentuk Pengandaian dalam Bahasa Inggris

Setiap jenis kata memiliki manfaat atau fungsinya masing-masing dan bisa digunakan sesuai dengan kondisi tertentu. Sama halnya ketika mempelajari Bahasa Inggris, kamu banyak mengenal berbagai jenis kata antara lain kata kerja, kata sifat, dan kata benda.

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Namun, pernahkah kamu mendengar istilah subjunctive dalam Bahasa Inggris? Jika belum, mari kita bahas secara lengkap mengenai pengertian sampai dengan jenis-jenis subjunctive.

Baca Juga:

Pengertian Subjunctive

Pengertian subjunctive. Sumber: pexels.com

Melansir dari Grammarly, penggunaan subjunctive merupakan kata dalam bentuk orang ketiga yang biasanya ditambahkan akhiran -s. Subjunctive dalam bahasa Inggris merupakan salah satu dari tiga bentuk verb.

Berdasarkan jenisnya, subjunctive terdiri atas pengandaian yang menggunakan subjunctive wish, as if/as though, atau would rather. Adapun fungsi dari subjunctive antara lain:

  • Mengekspresikan requirement (kebutuhan) atau suggestion (saran).
  • Mengekspresikan urgency (penting).
  • Menyatakan keadaan yang berbeda dengan pengandaian.

Kata kerja ini terbagi menjadi present dan past subjunctive dan memiliki aturan penggunaan yang berbeda sesuai dengan konteks waktu penggunaannya. 

Untuk mengetahui lebih lanjut jenisnya, subjunctive terbagi atas 4 jenis yang akan dijelaskan di bawah ini. 

1. Subjunctive wish

Subjunctive wish digunakan untuk mengungkapkan sebuah keinginan yang yang dapat berupa pengandaian yang bisa saja belum terjadi atau telah terjadi. Subjunctive wish dalam sebuah kalimat dapat menggunakan rumus:

Subject (1)wish + Subject (2)Had + Verb 3 / been

  • Everybody wishes that Savira were able to control her sadness. (Setiap orang berharap Savira dapat mengontrol kesedihannya.)
  • I wish that I didn’t have to go to campus today. (Aku berharap bahwa aku tidak harus pergi ke kampus hari ini.)

2. Subjunctive as if atau as though

Penggunaan as if dan as though merupakan bentuk lampau atau past subjunctive. Hal ini karena jenis as if atau as though menyatakan kejadian yang terjadi sudah lewat atau sudah terjadi. Subjunctive as if atau as though dalam sebuah kalimat dapat menggunakan rumus:

Subject (1) + Verb 2 + as if + Had + Verb 3 / been

  • Molly acts as though he were a king. (Molly berlaku seakan-akan dia raja.)
  • Selvie eats much as if she had not eaten for a week. (Selvie makan banyak seakan-akan dia sudah tidak makan seminggu.)
  • The girl dresses as if it were summer even in winter. (Perempuan itu berpakaian seolah-olah seperti musim panas walaupun di musim dingin.)

3. Subjunctive would rather

Subjunctive would rather termasuk ke dalam past subjunctive di mana subjek dalam kalimat berbeda dengan subjek yang mengikuti verb. Hal ini bisa terjadi ketika membicarakan bahwa kita menginginkan orang lain untuk melakukan sesuatu. Subjunctive would rather dalam sebuah kalimat dapat menggunakan rumus:

Subject (1) + would rather + Subject 2Had + Verb 3 / been

  • I would rather that you came another time. (Saya lebih suka kamu untuk datang di lain waktu.)
  • She would rather that he wasn’t so mad. (Ia lebih suka jika ia tidak marah berlebihan.)

 

4. Subjunctive suggestion

Dalam penggunaan present subjunctive, ia berada dalam dependent clause di mana bagian independent clause-nya menggunakan verb: ask, command, demand, determine, insist, order, propose, recommend, regret, request, require, dan suggest untuk mengekspresikan kebutuhan dan saran. Contoh:

  • I recommend that you take a cooking class. (Saya merekomedasikan kamu mengambil kelas memasak.)
  • The doctor suggested that white rice be replaced with brown rice. (Dokter menyarankan beras putih diganti dengan beras merah.)

Selain saran dan kebutuhan, bisa juga digunakan untuk menyatakan sebuah kepentingan atau urgensi seperti: crucial, desirable, essential, important, imperative, necessary, urgent, dan vital. Contoh:

  • It is desirable that they be on time. (Diharapkan mereka datang tepat waktu.)
  • It is necessary that she prepare for the next exam. (Perlu untuk dia mempersiapkan ujian selanjutnya.)

Baca Juga:

Itu dia penjelasannya subjunctive dan 4 jenisnya. Jika kamu ingin menyatakan suatu pengandaian dalam Bahasa Inggris, kamu dapat menggunakan beberapa jenis subjunctive yang telah dijelaskan di atas.

Untuk membaca artikel lainnya kamu dapat klik tautan berikut. Jangan lupa ikuti kami di instagram untuk mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Pelatihan tersebut akan membantu kamu dalam mengukur seberapa jauh penguasaan kemampuan dalam berbahasa Inggris. Tunggu apalagi! Segera ikuti untuk dapatkan banyak penawaran diskon kursus sampai dengan 80%! 

kursus grammar bahasa inggris

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *