Tanggal:17 May 2024

6 Cara Sukses Budidaya Pepaya Madu

Cara budidaya pepaya madu.

Apakah kamu sedang menjalani diet? Atau kamu sedang berusaha untuk mencegah tanda-tanda penuaan dini, meratakan warna kulit, mencegah timbulnya jerawat, dan melembapkan kulit? Jika jawabanmu ya, maka pepaya menjadi satu contoh buah yang harus dikonsumsi untuk mewujudkan keinginan di atas. Loh, kenapa harus pepaya, kenapa bukan buah lain? Pepaya memiliki banyak kandungan di dalamnya, misalnya saja vitamin C dan lycopene yang dapat mencegah radikan bebas serta menundah penuaan dini. Selain untuk kesehatan wajah atau kulit, kenyataannya pepaya juga memiliki beragam manfaat lain seperti meningkatkan imun tubuh, melindungi jantung agar tetap sehat, menurunkan risiko kanker dan alzheimer, mencegah peradangan, memperlancar sistem pencernaan, dan banyak lainnya.

Selain buahnya yang bisa dikonsumsi serta memiliki banyak manfaat bagi kesehatan seperti yang telah disebutkan, bagian lain dari pepaya juga ternyata bisa dimakan loh, misalnya saja daun atau bunganya. Nah, melihat banyaknya manfaat yang bisa diambil dari buah pepaya ini, tidak ada salahnya jika kamu juga memulai untuk budidaya pepaya, misalnya pepaya madu. Pepaya madu memiliki rasa yang lebih manis dengan daging buah yang tebal. Selain itu, pepaya madu juga memiliki daya tahan simpan yang cukup lama, belum lagi dengan budidayanya yang gampang. Tak heran banyak orang juga melakukan budidaya pepaya madu ini. Tetapi, bagaimana caranya? Tenang saja! Berikut akan dijelaskan secara rinci cara sukses budidaya pepaya madu untukmu!

1. Pahami Persyaratan Budidaya Pepaya Madu

Pahami persyaratan budidaya.
Pahami persyaratan budidaya. Sumber: Pexels

Sebelum memulai budidaya pepaya madu, ada baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu beberapa persyaratan dalam melakukan budidaya ini. Nah, apa saja persyaratan-persyaratan tersebut?

  1. Pepaya dapat tumbuh dan berkembang pada ketinggian sekitar 500 – 1000 meter di atas permukaan laut. Pepaya dapat tumbuh dan berkembang di berbagai kondisi.
  2. Pepaya bisa tumbuh dan berkembang dengan baik di lahan yang gembur dan mengandung banyak humus.
  3. Lahan yang digunakan sebagai media budidaya sebaiknya memiliki pH sekitar 6 – 7.
  4. Wilayah yang dijadikan sebagai tempat budidaya paling tidak memiliki curah hujan sekitar 1000 – 2000 mm per tahun.
  5. Selain curah hujan, pastikan juga bahwa suhu udara berada di sekitar 40%.
  6. Di dalam budidaya pepaya madu ini, pastikan bahwa kamu memasang drainase dengan baik. Hal itu supaya nantinya air bisa mengalir dengan baik dan tidak menggenangi tanah.

2. Persiapan dan Pemilihan Benih Pepaya

Pilih benih yang berkualitas baik.
Pilih benih yang berkualitas baik. Sumber: Pexels

Setelah mengetahui persyaratan budidaya yang harus dipenuhi, maka cara #2 dalam budidaya pepaya madu ini adalah menyiapkan dan memilih benih pepayanya. Benih pepaya ini bisa kamu dapatkan dari pepaya yang memiliki kualitas baik. Nah, bagaimana mengetahui pepaya yang berkualitas baik tersebut? Saat proses pemilihan, pastikan bahwa bentuk buah pepaya tersebut memanjang, bebas dari penyakit, dan tidak mengalami cacat. Setelah memastikannya, kamu bisa membiarkan buah tersebut matang di batang dengan sendirinya. Setelah matang, kamu bisa mengambil biji di dalamnya sebagai benih budidaya.

Meskipun berasal dari buah yang berkualitas baik, hal itu tak bisa menandakan bahwa biji-biji di dalamnya juga memiliki kondisi yang sama. Oleh karena itu, dibutuhkan seleksi kedua dalam pemilihan biji tersebut. Keseluruhan, terdapat dua tipe biji yaitu biji yang berwarna hitam dan putih pucat. Kedua biji tersebut memiliki perbedaan yang sangat besar. Biji berwarna putih pucat menandakan bahwa biji tersebut sudah mati dan tidak bisa tumbuh. Adapun biji yang berwarna hitam menandakan bahwa biji ini akan tumbuh menjadi pohon yang sempurna, meskipun hanya 20 -25% saja. Nah, setelah mengetahui mana biji yang cocok untuk dijadikan benih, perhatikan tips-tips berikut.

  1. Pilih biji pepaya yang berada di bagian ujung dan tengah buah.
  2. Jangan pilih biji yang berada di pangkal buah.
  3. Biji yang berada di bagian ujung dan tengah memiliki peluang yang lebih tinggi menjadi pohon yang sempurna.

3. Penyemaian Benih Pepaya

Lakukan penyemaian.
Lakukan penyemaian. Sumber: Pexels

Setelah berhasil menyiapkan dan memilih biji, maka cara #3 dalam budidaya pepaya madu ini adalah penyemaian biji tersebut. Namun sebelum itu, biji yang telah dipilih tadi harus diseleksi kembali untuk memastikan bahwa biji tersebut benar-benar memiliki kondisi dan kualitas yang baik. Nah, berikut beberapa cara melakukan seleksi sekaligus cara penyemaiannya.

  1. Biji yang telah dipilih tadi direndam di dalam air hangat selama satu malam.
  2. Pilih biji yang tenggelam sebagai benih budidaya.
  3. Taburkan biji yang tenggelam tersebut di atas kertas tisu yang telah dibasahi dan tutup dengan tisu lain yang juga telah dibasahi.
  4. Taruh tisu tersebut di dalam tempat yang bisa tembus atau mengalirkan air, misalnya besek.
  5. Taruh besek tersebut di tempat yang terkena sinar matahari.
  6. Setelah 7 – 10 hari, biji tersebuh akan berkecambah.
  7. Siapkan media semai berupa percampuran dari tanah gembur dan pupuk kompos. Aduk hingga rata.  Masukkan ke dalam polybag.
  8. Pindahkan biji yang telah berkecambah tersebut ke dalam polybag tadi. Pastikan satu benih satu polybag. Pastikan juga kedalaman sekitar 1 sentimeter.
  9. Siram benih tersebut setiap hari.
  10. Setelah masuk usia tumbuh sekitar 2 – 3 bulan, tanaman bisa dipindahkan ke lahan atau media budidaya.

4. Persiapan Lahan dan Penanaman Pepaya

Siapkan lahan budidaya.
Siapkan lahan budidaya. Sumber: Pexels

Setelah benih disemai, maka benih tersebut bisa dipindahkan ke media budidaya. Nah, oleh karena itu, kamu juga tentunya harus menyiapkan media atau lahan budidaya tersebut. Berikut langkah-langkahnya.

  1. Bersihkan lahan dari gulma atau kotoran yang ada di sekitar sampai bersih.
  2. Cangkul tanah hingga menjadi gembur.
  3. Buat bedeng dengan lebar sekitar 2 meter, tinggi sekitar 20 – 30 sentimeter, dan panjang menyesuaikan lahan budidaya yang dimiliki. Jarak bedeng bisa kamu sesuaikan menjadi 50 sentimeter. Adapun jarak tanamnya juga disesuaikan.
  4. Buat lubang tanam di atas bedeng dan biarkan selama 1 – 2 minggu.
  5. Masukkan pupuk kompos dalam lubang dan aduk hingga tercampur rata.
  6. Setelah lubang tersebut siap digunakan, masukkan tanaman yang ada di polybag ke lubang tersebut.
  7. Lakukan penyiraman secara rutin.

5. Perawatan Pepaya

Rawat pepaya dengan baik.
Rawat pepaya dengan baik. Sumber: Pexels

Cara #5 dalam melakukan budidaya pepaya madu ini adalah melakukan perawatannya. Di dalam merawat tanaman pepaya hingga tumbuh dengan baik, kamu harus melakukan penyiraman secara rutin. Pada musim kemarau, kamu bisa melakukan penyiraman dua kali sehari yaitu pada pagi dan sore hari. Adapun pada musim hujan, kamu bisa melakukannya sehari sekali saja. Nah, selain penyiraman, kamu juga harus melakukan penyiangan pada gulma atau tumbuhan pengganggu yang tumbuh di sekitar pohon pepaya tersebut. Kamu juga harus memberikan pupuk tambahan agar nutrisi tetap terjaga dan pepaya dapat tumbuh dengan baik.

6. Masa Panen Pepaya

Panen pepaya.
Panen pepaya. Sumber: Pexels

Cara terakhir dalam melakukan budidaya pepaya madu adalah melakukan panen. Pepaya memasuki masa panen ketika pepaya tersebut sudah berusia 10 – 12 bulan sejak masa penanamannya. Pepaya dapat dipanen jika warna buah berubah menjadi kuning. Lakukan proses panen ini dengan hati-hati agar buah tidak jauh dan terbentur ya!

Untuk kamu yang ingin mendapatkan informasi-informasi lainnya, segera klik tautan berikut. Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Nikmati segala kursus online di berbagai topik dengan penawaran khusus yang menarik hanya di Vocasia berupa potongan harga yang sangat pas untuk kantongmu! Buat dirimu semakin mahir dan memiliki kemampuan dengan mengikuti kursus online hanya di Vocasia! Segera temukan kursus terbaru yang cocok untuk kamu hanya dengan klik tautan berikut.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *