Tanggal:02 May 2024

Alat Musik Tradisional Harmonis, Ada Apa Saja Sih?

Kalau sebelumnya kita sudah membahas alat-alat musik ritmis tradisional, kali ini kita kan membahas alat-alat musik tradisional harmonis, apa ya yang dimaksud dengan alat musik tradisional harmonis? Jika kamu belum tahu, alat musik tradisional harmonis adalah alat musik yang mampu memainkan tiga nada atau lebih secara bersamaan yang dilakukan untuk menciptakan suatu harmoni pada sebuah lagu yang akan dimainkan. 

Jika kamu yang suka dan berada dalam dunia musik, pastinya tahu bahwa dalam terdapat tiga komponen penting dalam musik, apakah kamu tahu apa saja? Komponen-komponen tersebut adalah harmoni, melodi dan ritme. Cara mendapatkan melodi dan harmoni sendiri adalah dengan mengatur nada. Fakta lainnya adalah alat musik harmonis berbeda dari jenis alat musik ritmis dan melodis, karena alat musik harmonis terbagi menjadi dua yaitu modern dan tradisional. 

Lalu, jenis alat musik harmonis ada apa saja sih? Beberapa dari alat-alat musik ini pastinya kamu belum pernah mendengar atau memainkannya, tetapi kamu mungkin tahu satu alat musik di list ini yang terbilang sudah mendunia lho! Kira-kira itu alat musik apa ya? Yuk kita cek bareng-bareng! 

1. Sasando 

Sasando adalah alat musik harmonis yang berasal dari Rote, Nusa Tenggara Timur. Cara memainkannya sendiri adalah dengan dipetik. Bahan untuk membuat sasando adalah bantalan kayu. Fakta unik dari alat musik yang satu ini adalah sasando memiliki 28 hingga 58 senar jumlahnya.

Baca Juga | Musisi Dunia yang Paling Viral

2. Gambus 

Gambus adalah alat musik tradisional harmonis yang berasal dari Riau dan bentuknya hampir mirip dengan gitar. Perbedaan antara gambus dan gitar letaknya berada dimana gambus adalah alat musik tradisional, sedangkan gitar bukan. Fakta unik dari gambus sendiri adalah alat musik satu ini adalah alat musik yang diadaptasi dari alat musik Arab yang bernama Al’ud

3. Bonang 

Jika kamu melihat alat musik yang satu ini, mengingat kamu seperti apa nih? Alat musik gong atau sebuah jajanan kue? Memang alat musik bonang ini memiliki bentuk yang hampir sama dengan gong. Bonang terbuat dari bahan logam, sama seperti bahan gong. Alat musik ini berasal dari Jawa dan sering digunakan dalam pagelaran gamelan jawa. Fakta unik dan seru lainnya adalah cara memainkannya-pun sama persis dengan gong, dengan menggunakan tongkat kamu hanya tinggal memukulnya.

Baca Juga | Teknik Bermain Musik Tradisional

4. Sampek 

Alat musik tradisional harmonis yang satu ini bentuknya sangat unik, seperti campuran antara gitar dan perahu, menurut kamu bagaimana? Sampek berasal dari Kalimantan dan berbahan dasar kayu yang diukir dengan khas Suku Dayak. Cara memainkannya adalah dengan memetik dua hingga tiga dawai. 

5. Celempung 

Celempung berasal dari Jawa dan sering digunakan saat acara gamelan. Cara memainkannya sendiri sangat beda dan unik dari alat-alat musik harmonis lainnya, yaitu dengan memetik jumlah senar sebanyak 11 buah. 

Baca Juga | Karakter Musik Jazz

6. Angklung 

Seperti yang sudah disebutkan tadi, kamu mungkin akan tahu satu alat musik di list kali ini yang terbilang sudah mendunia, yaitu Angklung! Alat musik yang satu ini berasal dari Jawa Barat dan terbuat dari bahan bambu yang dapat dimainkan dengan cara digoyang-goyangkan, dan angklung hanya memiliki satu nada saja. Tetapi, angklung memiliki banyak variasi dan jenis, setiap perbedaanya adalah nada-nada yang terdapat di dalamnya. Angklung sendiri sering digunakan secara bersamaan dan dikombinasikan dengan alat musik modern lainnya. 

Kamu sudah pernah mencoba memainkan yang mana aja nih?

Baca Juga :

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *