Tanggal:14 May 2024

Waspadai 5 Ancaman Usaha Laundry Ini Jika Tak Ingin Gagal!

Ancaman bisnis laundry.

Bisnis laundry dinilai menjadi salah satu bisnis yang memiliki peluang masa depan yang menjanjikan. Mengapa bisa dikatakan demikian? Masyarakat memiliki pekerjaan tetap yang mengharuskan mereka untuk bekerja tak jarang hingga 8 jam atau lebih. Pekerjaan tersebut menuntut mereka untuk fokus. Dari adanya hal tersebut, tentunya akan sulit untuk mereka mencuci pakaian kotornya sendiri. Untuk makan saja, mereka harus menyisihkan waktu, lalu bagaimana dengan kegiatan mencuci pakaian yang tentunya membutuhkan waktu lebih lama dari proses mencucinya, membilasnya, menjemur, hingga melipat dan menggosoknya. Pulang dari kerja dalam keadaan lelah, tentu niat untuk mencuci tak ada sedikit pun. Mereka juga tentunya akan langsung membaringkan diri dan istirahat.

Lalu, apa yang harus mereka lakukan? Tak mungkin bukan mereka akan membuang pakaian kotornya tersebut dan selalu membeli yang baru? Tak mungkin juga untuk mereka mencucinya seminggu sekali, karena bisa saja baru yang mereka miliki sangat terbatas. Nah, problema ini tentunya akrab dan dirasakan hampir oleh seluruh masyarakat perkotaan. Lalu, apa yang biasanya mereka lakukan untuk menyelesaikannya? Ya, dengan membawa semua pakaian kotor mereka ke laundry. Hanya perlu membayar sejumlah uang, dua hingga tiga hari, pakaian tersebut akan kembali dalam keadaan bersih, rapih digosok, dan wangi. Adanya tempat-tempat laundry ini dinilai menjadi kunci penyelamat bagi para pekerja yang memiliki waktu terbatas. Itulah mengapa tak mengherankan jika bisnis laundry dinilai sangat menguntungkan. Bayangkan berapa banyak orang yang mengalami masalah di atas dan keuntungan yang akan kamu dapatkan darinya. Namun, sebelum membuka bisnis laundry ini, tentunya kamu juga harus mengetahui ancaman-ancaman apa yang sekiranya akan muncul di kemudian hari dan mengancam bisnismu. Berikut beberapa ancaman bisnis laundry yang bisa kamu waspadai nantinya. Langsung saja, simak penjelasannya berikut ini.

1. Persaingan yang Semakin Banyak

Kompetitor banyak.
Kompetitor banyak. Sumber: Pexels

Dengan banyaknya kebutuhan dan peminatan masyarakat terhadap laundry ini, tentunya akhirnya menyulut orang lain membuat bisnis laundry yang sama. Mak tak lagi mengherankan jika akhirnya banyak ditemukan jasa-jasa laundry di pinggiran jalan. Nah, adanya fenomena tersebut justru menjadi salah satu ancaman yang bisa mengancam bisnis laundry yang akan kamu buat nantinya. Banyak kompetitor di bidang sejenis tentunya akan merugikan bisnis laundry yang baru kamu buat. Kamu juga akan sulit untuk menyaingi jasa laundry lainnya yang sudah memiliki nama dan pelanggan loyal yang banyak. Hal itu karena bisnismu tersebut masih baru dibuka. Atau beda lagi, jika akhirnya jasa laundrymu sudah berkembang dan memiliki banyak pelanggan, lalu ada bisnis sejenis yang berkembang di dekatmu. Tentunya jasa laundrymu tersebut akan merasa tersaingi, bukan? Oleh karena itu, untuk menghindarinya, kamu harus melakukan perencanaan bisnis sebaik mungkin sebelum memulai bisnisnya ini, misalnya mengenai tempat bisnis, pelayanan, harga, marketing, dan lain sebagainya. Ini dia cara perencanaan dan management bisnis yang wajib kamu tau

2. Limbah Air Cucian

Limbah air cucian.
Limbah air cucian. Sumber: Pexels

Ancaman bisnis laundry yang harus kamu waspadai dan kelola dengan baik adalah limbah air buangan dari cucian di bisnismu tersebut. Ketika menjalankan bisnis laundry, tentulah kamu nantinya akan menghasilakn air cucian yang tak baik bagi lingkungan sekitar. Hal itu karena penggunaan sabun, detergen, dan pewangi yang tentunnya tak baik dan dapat merusak tumbuhan, hewan air jika kamu membuang air cucian tersebut sembarangan, misalnya ke sungai terdekat. Hal itu justru akan menimbulkan masalah lingkungan dan sosial. Dan bisa saja berakhir bisnismu tersebut terancam gagal karena ketidaksetujuan masyarakat sekitar karenanya. Untuk menghindarinya, ada dua solusi yang bisa kamu terapkan. Pertama, kamu bisa membuat dan menginstal IPAL atau instalasi pembuangan air limbah. Instalasi ini memang membutuhkan biaya yang banyak, namun tentunya lebih aman jika dibandingkan membuang air cucian ke sungai umum. Kedua, menggunakan bahan cucian yang ramah lingkungan. Cara ini juga membutuhkan biaya yang tak sedikit. Nah, jika dibandingkan menggunakan bahan yang raman lingkungan, akan lebih baik untukmu mengintal IPAL saja, karena setelah mengintal IPAL, biaya operasionalmu tiap bulannya akan selalu sama, tidak bertambah seperti jika menggunakan bahan cucian yang ramah lingkungan.

3. Masyarakat Memiliki Mesin Cuci Sendiri

Mesin cuci.
Mesin cuci. Sumber: Pexels

Hampir di setiap rumah, masyarakat sudah memiliki mesin cuci sendiri. Adanya fakta tersebut tentunya akan sangat mengancam perkembangan bisnis laundrymu sendiri. Mengapa bisa dikatakan demikian? Hal itu karena masyarakat bisa mencucinya sendiri di rumah, tidak perlu ke laundry. Mencuci dengan mesin pun sangat praktis, mereka masih bisa menyambinya dengan urusan pekerjaan. Nah, kamu harus mewaspadai ancaman yang satu ini, nih!

4. Standar Pelayanan Kerja

Standar pelayanan kerja.
Standar pelayanan kerja. Sumber: Pexels

Ancaman bisnis laundry yang juga harus kamu waspadai selanjutnya adalah mengenai standar pelayanan kerja. Siapa pelanggan yang betah jika pelayanan kerja dari laundry sangat buruh? Tentunya tak ada, bukan? Pelayanan kerja yang buruk misalnya saja, baju dicuci sembarangan dan asal, tanpa berhati-hati, tidak sesuai ketentuan dan menjadikan baju tersebut akhirnya rusak. Belum dengan pelayanan kerjanya yang judes, tidak ramah. Adanya hal-hal tersebut tentunya akan merugikan. Untuk itulah ketika membuka bisnis laundry, tetapkan standar pelayanan kerja yang baik dan memuaskan pelanggan ya!

5. Biaya Perawatan Mesin yang Tak Sedikit

Biaya servis mesin.
Biaya servis mesin. Sumber: Pexels

Ancaman bisnis laundry yang terakhir yang harus kamu waspadai adalah biaya perawatan mesin yang tentunya tak sedikit. Untuk menghasilkan pakaian yang bagus dan terjaga kualitasnya, tentu kamu juga harus memastikan kinerja mesin cuci tetap prima bukan? Itulah mengapa mesin cuci harus selalu diperikan kinerjanya dan langsung diservis jika terlihat ada masalah. Nah, biaya dari perawatan tersebut bisa dibilang tidak sedikit. Untuk itulah, kamu harus menyiapkan biaya servis setiap bulannya jika kondisi demikian terjadi.

Jangan lupa juga untuk mengikuti media sosial Instagram Vocasia untuk mengetahui update dan informasi terbaru mengenai kursus-kursus menarik dan edukatif yang pastinya sangat berguna untuk kamu!

Jika kamu tak mau ketinggalan diskon spesial dari Vocasia kalian bisa klik tautan dibawah ini !.

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *