Tanggal:11 May 2024

Pekerjaan Yang Cocok Untuk Lulusan SMA Jurusan IPS

Pernahkah Kalian bertanya-tanya mengenai pekerjaan yang cocok setelah lulus SMA? Hal yang wajar mengingat tidak semua lulusan SMA melanjutkan ke perguruan tinggi. Sebab banyak pekerjaan yang dapat dilakukan oleh lulusan SMA dengan gaji yang memuaskan.

Lalu apa saja pekerjaan yang cocok untuk pelajar lulusan SMA terutama jurusan IPS? Simak artikel ini lebih lanjut agar menambah wawasan Kalian.

Pekerjaan Untuk Siswa/i Lulusan SMA

Dilansir dari laman SmartPresence.

Masa depan pekerjaan tidak akan tentang gelar sarjana. Akan tetapi tentang keterampilan kerja. Sekarang adalah kesempatan Kalian yang tidak memiliki gelar sarjana menuju karir yang sukses dan meningkatkan keragaman di dalam dunia kerja.

Jika Kalian adalah pelajar lulusan SMA khususnya jurusan IPS. Berikut adalah pekerjaan yang cocok untuk Kalian!

1. Customer Service

Menjadi seorang customer service adalah bidang pekerjaan yang lumayan banyak peminatnya. Secara gambaran umum, staf customer service bertugas untuk menangani beragam keluhan, termasuk urusan yang berkaitan dengan klien perusahaan. Meski tampak mudah, pekerjaan ini membutuhkan kesabaran, fokus yang baik, dan pengetahuan luas.

Baca Juga : Tugas Dan Skill Yang Harus Dimiliki Customer Service

2. Penulis

Pekerjaan sebagai penulis sangatlah cocok. Meskipun tingkat persaingan dalam bidang ini cukup tinggi, selama Kalian memiliki kemampuan dalam merangkai kata menjadi bahasan menarik, Kalian akan memiliki peluang yang baik. Belum lagi, saat ini tersedia banyak media online  yang menawarkan pekerjaan sebagai penulis lepas.

Selain mendapatkan penghasilan, bekerja sebagai penulis bisa menambah wawasan Kalian. Pekerjaan ini juga fleksibel. Artinya, Kalian masih bisa melakukan kegiatan lainnya, termasuk bekerja sambil kuliah.

Baca Juga : Tugas-Tugas Seorang Content Writer

3. Anak Buah Kapal (ABK)

Pekerjaan yang cocok selanjutnya adalah bekerja sebagai Anak Buah Kapal (ABK). Sebagai ABK, Kalian akan bepergian ke luar kota. Bahkan, luar negeri. Selain gaji besar, Kalian Bisa mendapatkan pengalaman menarik selama bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya. Namun, menjadi seorang ABK tidaklah mudah karena diperlukan mental kuat.

4. Sales Marketing

Menjadi sales marketing adalah salah satu pilihan untuk Kalian. Jangan salah mengenai pekerjaan ini, jika performa Kalian bagus dan target tercapai, komisi yang Kalian dapatkan bisa sangat tinggi.

Beberapa perusahaan, terutama perusahaan perbankan, menawarkan berbagai reward untuk sales yang kompeten, dari mulai uang hingga tiket jalan-jalan. Selain itu, menjadi sales dapat membuat Kalian memiliki jaringan yang luas. Hal ini penting buat perkembangan karier Kalian kedepannya.

Baca Juga : Cara Menjadi Sales Pemula Yang Sukses

5. Pengajar Bimbel

Jika Kalian termasuk murid berprestasi, maka Kalian bisa melamar pekerjaan sebagai pengajar bimbel. Bisa juga dengan membuka jasa les mata pelajaran anak SD, SMP, dan SMA di rumah dengan tarif terjangkau.

Selain fleksibel, pekerjaan ini dapat menambah wawasan dan memperluas lingkup sosial Kalian. Namun, perlu diperhatikan bahwa pekerjaan ini mengharuskan Kalian bersikap tegas, sabar, profesional, dan dapat memberikan solusi termudah agar anak didik cepat memahami materi pelajaran yang disampaikan.

Baca Juga : Ini Dia 5 Pekerjaan Yang Akan Dibutuhkan Ditahun 2022

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *