Tanggal:17 May 2024

Kuasai Adobe Illustrator, Ciptakan Karya Desain yang Memukau!

Kamu bergelut di dunia desain grafis? Tentu mengenal dengan aplikasi Adobe Illustrator ini, ya. Aplikasi ini sangat sering digunakan untuk mendesain berbagai hal. Kamu bisa menciptakan objek menakjubkan hanya dengan menggunakan aplikasi ini. Lalu, apa itu Adobe Illustrator?

Adobe Illustrator adalah sebuah software buatan perusahaan Adobe. Aplikasi ini memiliki fungsi menciptakan karya grafis. Kamu dapat menggoreskan kuas secara digital melalui aplikasi Adobe Illustrator ini. Beragam desain beserta komponen lengkapnya bisa kamu eksplore dan terapkan di dalamnya. 

Kamu bisa menciptakan beragam bentuk karya melalui aplikasi Adobe Illustrator. Karya-karya yang bisa kamu buat di antaranya logo, ikon, ilustrasi, kemasan produk, tipografi, hingga iklan besar di billboard. Sungguh menarik, bukan? Pastinya sangat menarik dan menakjubkan.

Kamu dapat membuat berbagai bentuk desain sesuai dengan kepentingan. Misalnya, kamu ingin mendesain produk minuman agar lebih menarik. Kamu bisa memanfaatkan berbagai fitur dan tools yang ada di dalamnya untuk menciptakannya. Menambahkan berbagai objek lain juga bisa dilakukan, loh. Yuk, pelajari fitur-fitur unggulan dari Adobe Illustrator. 

Fitur-Fitur Unggulan Adobe Illustrator :

1. Pen Tool

Ilustrasi Penggunaan Pen Tool pada Objek (pexels)

Tool inti dari Adobe Illustrator bernama pen tool. Dengan pen tool, kamu bisa menggambar hampir semua bentuk yang bisa kamu bayangkan. Misalnya, kamu ingin menggambar boneka. Tentu kamu dapat membuatnya dengan menarik garis pen-nya dan arahkan sesuai imajinasi. Selain itu, kamu juga perlu membuat konsep terlebih dahulu supaya dapat menggambar dan mengarahkan pen tool lebih terarah.

Pastikan kamu membuat titik-titik yang saling terhubung membentuk sebuah objek. Ada juga opsi untuk mengubah ketajaman sudut titik temu dari gambar kamu agar bisa memberikan variasi wujud gambar. Semua bergantung pada kreasi kamu, ya. 

2. Pathfinder

Ilustrasi Modifikasi Bentuk Objek (pexels)

Selain pen tool, tool lain yang bisa kamu gunakan untuk modifikasi bentuk adalah pathfinder. Pathfinder digunakan untuk memodifikasi bentuk suatu benda berdasarkan benda tertentu yang lain. Kamu bisa mengolah dua bentuk yang berbeda sesuai dengan kreativitas. Misalnya saja membuat gabungan bentuk dari sebuah lingkaran ataupun memisahkan kedua objek menjadi objek lainnya. Ada banyak variasi dari pathfinder dengan fungsi yang berbeda-beda pula. Kamu dapat memodifikasi objek menjadi sebuah potongan utuh, bulat, segitiga, hingga bentuk irisan lain sesuai kebutuhan desain kamu.

3. Clipping mask

Ilustrasi Mengambil Pola dari Objek Berbeda (pexels)

Cara kerja tool Adobe Illustrator yang satu ini adalah dengan menduplikat warna atau pola dari satu benda. Setelahnya, warna atau pola tersebut akan ditaruh di benda lain yang sudah kamu tentukan. Kamu dapat menggabungkannya menjadi satu kesatuan sesuai rancangan desain yang telah ditetapkan.

Hal ini bisa kamu terapkan saat ingin membuat kreasi desain yang berbeda antar objek. Kamu dapat berkreasi lebih dalam lagi atas pola atau warna yang sudah kamu terapkan pada satu objek tersebut. Desain akhir pun bisa sangat memukau asalkan kamu pintar dalam menciptakan gabungan pola ataupun warna yang baik.

4. Type

Ilustrasi Hasil Penulisan Teks (pexels)

Tool yang tentu saja tak boleh ketinggalan adalah type. Dengan tool ini, kamu bisa mengetik apa pun yang kamu inginkan. Berbagai jenis, ukuran, dan jarak antar font juga bisa kamu atur. Kamu dapat memilih warna sesuai keinginan desain, ya. Lalu pilihlah jenis font yang sesuai dengan objek desain yang ingin diciptakan.

Saat kamu membuat desain berfokus akan promosi sesuatu, tentu teks menjadi bagian penting di dalamnya. Oleh karena itu, tonjolkan jenis font yang mudah dibaca dan hindari memilih jenis font yang rumit. Kamu dapat menyesuaikan dengan kebutuhan dan tujuan diciptakannya desain tersebut.

Baca Juga : Tutorial Flat Design Long Shadow Menggunakan Adobe Illustrator

5. Pattern 

Ilustrasi Pola Pattern (pexels)

Tool unggulan dari Adobe Illustrator selanjutnya adalah pattern. Lewat fitur ini, kamu bisa membuat pola tanpa harus mengulang-ulang desain tertentu. Dengan begitu, proses desain digital kamu pun lebih efisien. Kamu cukup membuat desain atau pola awal berdasarkan model pattern yang telah ditentukan. Kemudian lanjutkan dengan melakukan duplikat objek pattern yang kamu pilih. Contohnya saja saat kamu ingin membuat pola pattern berbentuk polkadot. Kamu tak perlu membuat lingkaran satu per satu. Cukup duplikat pattern berbentuk polkadot dari satu sisi ke sisi yang lain. 

Nah, itu dia pemaparan terkait Adobe Illustrator. Kamu dapat mempelajari pengertian dan mencoba mencari tahu tentang aplikasi tersebut. Kemudian kamu bisa mempraktikkan berbagai fitur ataupun tools yang ada di dalamnya. Manfaatkan berbagai fitur dengan baik, ya. Gunakan fitur-fitur tersebut sesuai kebutuhan kamu. Kamu pun dapat menciptakan desain yang menakjubkan. Cobalah untuk eksplore lebih jauh tentang aplikasi ini dan buatlah karya sesuai kemampuan kreativitas kamu. Selamat mencoba! 

autocad
belajar photoshop
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *