Tanggal:03 May 2024

10+ Manfaat Garam Himalaya Untuk Tubuh, Benarkan Lebih Sehat Dibandingkan Garam Biasa?

Biasanya selama ini kita hanya menggunakan garam dapur biasa yang berwarna putih. Selain harga yang terjangkau, garam putih sangat mudah ditemukan. Namun beberapa tahun ke belakang ini, garam berwarna pink yang terkenal sebagai garam himalaya melejit ketenarannya.

Garam himalaya dipercaya memiliki kualitas yang lebih baik dari garam putih biasa dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh. Untuk lebih jelasnya, Vocasia sudah merangkum tentang garam himalaya beserta manfaatnya. Yuk, disimak!

Baca Juga |  Cara Mudah Detoksifikasi Tubuh Agar Selalu Sehat

Apa Itu Garam Himalaya?

Garam himalaya adalah garam halit atau batu yang berasal dari provinsi Punjab Pakistan. Mirip dengan garam meja, garam himalaya terutama adalah natrium klorida. Berbeda dengan garam meja karena garam himalaya ditambang dengan tangan dan belum mengalami proses pengawetan, itulah sebabnya garam himalaya dianggap lebih alami.

Akibat proses penambangan alami, garam himalaya masih mengandung banyak mineral, terutama zat besi, yang memberikan warna pink cerah. Beberapa mineral yang terkandung dalam garam himalaya antara lain zat besi, seng, kalsium, magnesium, dan banyak lagi. Beberapa peneliti bahkan memperkirakan garam himalaya mengandung 84 mineral.

Garam meja putih ini telah mengalami beberapa proses pemurnian dan pengawetan. Penggunaan klorin yang berlebihan untuk dekontaminasi mungkin memiliki efek kesehatan yang merugikan.

Keadaan laut yang kini semakin tercemar oleh plastik juga menimbulkan risiko kesehatan terhadap garam yang kita konsumsi. Polusi mikroplastik telah ditemukan di beberapa garam yang diekstraksi dari air laut. Hal ini tentu berbahaya bagi manusia, karena mikroplastik dapat menimbulkan berbagai gangguan kesehatan.

Garam Himalaya mengandung lebih banyak variasi mineral daripada garam biasa. Beberapa penelitian juga menunjukkan bahwa garam Himalaya lebih rendah sodium daripada garam biasa. Garam Himalaya memiliki 1680 mg sodium per sendok teh, sedangkan garam biasa memiliki 2.360 mg sodium per sendok teh.

Baca Juga | Sering Minder ? Ikuti Cara Ini Untuk Memiliki Self Esteem Yang Sehat!

Manfaat Garam Himalaya

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kandungan natrium yang tinggi pada garam Himalaya dipercaya mampu menjaga sistem pencernaan tubuh. Selain itu, kandungan ini juga berfungsi efektif memperbaiki segala proses pertumbuhan dalam tubuh.

Baca Juga | 10 Manfaat Vitamin C Untuk Kesehatan Tubuh

2. Mencegah Dehidrasi

Minum air dengan sejumput garam Himalaya yang kaya mineral setelah berolahraga dapat membantumu memulihkan tenaga, menambah energi dan mencegah dehidrasi karena kaya akan mineral dan elektrolit.

Baca Juga | Susah Fokus Saat Puasa? Ini 7 Cara Menjaga Fokus Saat Puasa!

3. Mencegah Penyakit Jantung dan Kanker

Garam Himalaya mengandung zat sodium dan ion klorida yang dapat berperan untuk menjaga daya tahan tubuh dan melindungi dari kerusakan sel. Sehingga garam Himalaya dapat melindungi tubuh dari berbagai penyakit kronis, seperti jantung. Mengonsumsi garam Himalaya secara teratur juga sangat efektif menurunkan risiko penyakit kanker.

Baca Juga | Apa Itu Interval Training? Olahraga Singkat Bikin Kamu Langsing!

4. Mencegah Radikal Bebas

Mengonsumsi garam Himalaya dapat mencegah radikal bebas dalam tubuh. Jika radikal bebas dalam tubuh tidak diimbangi dengan antioksidan, maka akan menimbulkan penyakit kronis seperti hipertensi dan jantung. Garam Himalaya dapat mencegah radikal bebas karena memiliki kandungan antimikroba pada jenis garam ini mampu membantu menangkal radikal bebas dalam tubuh.

Baca Juga | Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

5. Mencegah Infeksi Virus dan Bakteri

Garam Himalaya memiliki efek antibakteri dan anti jamur yang mampu melindungi tubuh dari infeksi virus dan bakteri, sehingga garam Himalaya juga dapat digunakan untuk mencegah atau mengobati peradangan di mulut seperti sariawan.

Baca Juga | 7 Tips WFH Agar Tetap Produktif & Tehindari Dari Stress

6. Membantu Detoksifikasi Tubuh

Garam Himalaya mengandung lebih dari 80 mineral dan elemen, termasuk kalium, zat besi, dan kalsium. Semua mineral ini membantu proses detoksifikasi alami tubuh seseorang dan mendorong pembuangan bakteri.

Baca Juga | Tips Untuk Menjaga Berat Badan Agar Tetap Ideal

7. Menjaga Fungsi Pencernaan

Kandungan mineral yang tinggi dalam garam Himalaya membantu menyeimbangkan tingkat pH tubuh. Ketika tingkat pH kita seimbang, tubuh kita memiliki kekebalan yang lebih baik dan lebih mampu memproses dan mencerna makanan.

Baca Juga | Daftar Makanan Yang Wajib Kamu Konsumsi Untuk Melancarkan Pencernaan!

8. Meningkatkan Kesehatan Pernapasan

Garam Himalaya dapat meningkatkan kesehatan pernapasan karena nutrisi alami di dalam garam Himalaya membantu untuk membersihkan paru-paru dari lendir berlebihan. Garam Himalaya juga memiliki efek antihistamin alami. Cukup dengan berkumur menggunakan air yang dicampur dengan garam Himalaya dengan rutin, maka sistem pernapasan akan lebih sehat.

Baca Juga | 7+ Gerakan Olahraga Mengecilkan Perut, Bye Perut Buncit!

9. Menurunkan Tekanan Darah

Yodium alami dalam garam Himalaya sangat efektif membantu tubuh seseorang menciptakan keseimbangan elektrolit, membantu usus menyerap nutrisi dan menurunkan tekanan darah.

Baca Juga | Sering Lupa ? Lakukan Cara Ini Untuk Meningkatkan Daya Ingat

10. Mengurangi Gangguan Tidur

Antara jam 2 pagi dan 4 pagi, reaksi biokimia yang terjadi karena hormon stres tingkat tinggi yang mengalir melalui sistem kita menyebabkan gangguan tidur. Studi menunjukkan bahwa diet rendah natrium menyebabkan volume darah menurun di sistem saraf simpatis, yang pada gilirannya, mengaktifkan adrenalin. Supaya dapat tidur malam dengan nyenyak, campurkan madu dengan sejumput garam Himalaya dan makan atau taruh di dalam secangkir teh secara rutin.

Baca juga | Mengenal Apa Itu Bekatul, Banyak Mengandung Nutrisi Dan Sangat Bermanfaat Loh!

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia

One Comment

  1. Putri Ayu Lestari Reply

    Ternyata manfaat garam himalaya sangat baik untuk tubuh, hmm jadi prefer ganti garam yang ada dirumah wkwkw. Terimakasih artikelnya sangat membantu dalam menambah pengetahuan terkait kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *