Tanggal:26 February 2024

Yuk Mengenal Apa Itu Budaya Perusahaan!

Setiap perusahaan atau instansi tentu memiliki budaya tersendiri. Lalu, apa itu budaya perusahaan? Budaya perusahaan adalah suatu keyakinan, nilai, atau norma bersama yang menjadi ciri pada suatu perusahaan. Suatu budaya perusahaan wajib dilaksanakan oleh seluruh jajaran didalamnya. Kamu dapat melihatnya pada setiap kebiasaan yang dijalankan. Perusahaan tentu saja memiliki ciri tertentu yang membedakannya dengan yang lain. Ciri tersebut menjadi bagian dari simbol atau budaya yang patut dijunjung tinggi, ya.

Kamu bisa mempelajari setiap budaya perusahaan melalui berbagai tatanan yang tampak. Tatanan yang dapat kamu lihat seperti cara kerja, cara bersosialisasi, hingga sistem yang dianut perusahaan tersebut. Kamu bisa menyimpulkan dengan sendirinya berkaca dari kebiasaan dan tampak luar dari perusahaan itu. Budaya perusahaan adalah tatanan budaya secara matang yang sangat penting diterapkan. Budaya yang tampak sangat terkait dengan jati diri perusahaan itu sendiri, loh. Kamu perlu mengenal lebih dalam lagi mengenai berbagai jenis budaya perusahaan. Simak lengkapnya berikut ini!

Baca juga | Contoh Visi Misi Perusahaan Ternama

1. Budaya Purpose

Perusahan dengan titik fokus utama yakni visi perusahaan, tentu memiliki budaya jenis ini. Kamu dapat mengenali budaya purpose dari pekerja yang terlibat di dalam perusahaan tersebut. Para pekerja menganggap kontribusi adalah tujuan utama yang mampu membangun perusahaan. Budaya perusahaan purpose sangat mengedepankan tercapainya sebuah tujuan melalui beragam cara. Tak terkecuali kontribusi yang diharapkan tercurah secara penuh.

Baca Juga | Pengertian Dari Perusahaan Startup Yang Harus Kalian Ketahui, Yuk Simak!

2. Budaya Caring

Budaya caring sangat mengutamakan kesan hangat, ramah, dan kolaboratif antar pekerja. Perusahaan yang menganut budaya caring sangat terbuka dalam hal apa pun. Kritik, saran, dan aspirasi seluruhnya tertampung dan didengar sangat baik. Para pimpinan perusahaan juga lebih sering memberikan apresiasi kepada pekerjanya. Budaya caring sangat kental dengan sikap bahu-membahu. Perusahaan begitu mengedepankan kolaboratif dan komunikatif yang sangat seimbang.

Baca juga | Nilai Dan Budaya Kerja Di PT. Bank DKI

3.Budaya Safety

Perusahaan yang menganut sistem budaya safety sangat meminimalisir adanya perubahan. Budaya safety adalah budaya yang digunakan secara lebih realistis dan memperhatikan detail risiko. Setiap perencanaan, implementasi, beserta risiko begitu diperhitungkan secara matang. Perusahaan sangat mengutamakan kalkulasi secara tepat dalam mengambil setiap tindakan. Tak heran sistem budaya ini sangat minim dengan adanya perubahan. Hal ini tentu dipengaruhi oleh adanya berbagai perhitungan dalam setiap aspek.

Baca Juga | Pengertian Dan Implementasi Analisis SWOT Pada Perusahaan

4. Budaya Perusahaan Learning

Budaya learning suatu perusahaan dapat tercermin dari sikap keterbukaan atas kreativitas dan eksplorasi. Perusahaan bersemangat dalam mengembangkan skill atau kreativitas para pekerjanya. Berbagai event turut diselenggarakan sebagai sarana penunjang memperdalam skill pekerja. Perusahaan juga sangat terbuka akan ide-ide baru yang muncul. Berbagai ide ataupun saran dapat mudah diterapkan, loh. Dengan adanya budaya learning, berbagai hal lebih mudah di implementasikan tentunya. Budaya learning mengajarkan perusahaan untuk lebih mudah memetik dan menerapkan hal yang dinilai sesuai.

Baca Juga | Nilai Dan Budaya Kerja Di PT. Bank DKI

5. Budaya Perusahaan Authority

Budaya perusahaan jenis ini memiliki ketegasan karakter dan jiwa kompetitif yang kuat. Perusahaan yang menerapkan budaya authority tentu memiliki pemimpin yang tegas dalam berbagai hal. Para pekerjanya pun dituntut memiliki kemampuan bersaing dan adaptasi yang baik. Jenis budaya perusahaan ini lebih mengandalkan sistem satu arah. Semua kendali ada pada satu pihak saja, yakni pimpinan perusahaan. Kritik dan saran para pekerja cenderung dihiraukan dalam budaya ini. Dalam hal pengambilan keputusan tentu menjadi mutlak kuasa pimpinan.

Itu dia penjelasan terkait budaya perusahaan yang dapat kamu kenali lebih dalam. Setiap perusahaan memiliki ciri budaya tersendiri yang menyesuaikan dengan sistem yang dijalankan. Kamu bisa mengamati dan menelaahnya, ya. Budaya perusahaan sangat penting diterapkan dan menjadi pendukung kemajuan perusahaan. Perusahaan dapat lebih berkembang dengan menjalankan sistem budaya secara baik. Budaya yang dijalankan dengan baik akan membuahkan kemajuan perusahaan, loh!

Baca Juga | 5 Posisi Dalam Perusahaan Dengan Gaji Paling Tinggi Di Indonesia, Ingin Tahu?

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
scale up bisnis
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *