Tanggal:04 May 2024
supplier

Lengkap! Pengertian, Jenis, dan Cara Kerja Supplier

Kamu pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah supplier. Namun, biasanya orang-orang menyamakan istilah supplier dengan distributor. Padahal supplier dan distributor mempunyai peran yang berbeda, lho. Distributor berperan untuk menjual atau menyalurkan produknya kepada pihak pengecer agar produk tersebut dapat disalurkan kepada konsumen akhir. Nah, untuk mengetahui pengertian, jenis dan cara kerja supplier, simak penjelasan selengkapnya berikut ini!

Apa itu supplier?

Source: Freepik

Supplier adalah pihak perorangan atau perusahaan yang memasok atau menjual bahan mentah ke produsen, baik ke perorangan ataupun perusahaan untuk diolah menjadi barang atau jasa yang matang.

Dari pengertian di atas, dapat disimpulkan bahwa distributor fokus menjual produknya agar dijual kembali kepada konsumen akhir. Sedangkan, supplier fokus menjadi pemasok bahan mentah agar diolah kembali oleh suatu pihak (perorangan / perusahaan).

Jenis supplier

Berdasarkan produk yang dihasilkan dan perusahaan produksi yang ditargetkan, pemasok barang terbagi menjadi 4 jenis, yaitu:

1. Pemasok produk jasa

Peran pemasok dalam jenis ini adalah menyediakan bahan mentah kepada produsen yang bergerak di bidang jasa. Setelah itu, bahan mentah tersebut diolah menjadi produk jasa yang akan dijual kepada konsumen akhir.

2. Pemasok produk barang

Pada jenis ini, pemasok barang menyuplai bahan baku kepada produsen yang bergerak di bidang manufaktur. Bahan baku tersebut akan diolah kembali oleh produsen menjadi barang jadi.

Baca juga: Mitra Usaha Tepat, Bisnis Berkembang Pesat!

3. Pemasok bahan fibrikasi

Di sini, pemasok akan mengolah bahan baku sesuai dengan permintaan produsen (belum jadi) secara khusus. Proses ini juga dilakukan di tempat pemasok. Jadi, proses pengolahan lanjutan dari jenis ini berjalan sesuai dengan kesepakatan pihak pemasok dan produsen.

4. Pemasok bahan non-fibrikasi

Pada poin ini, pemasok tidak perlu melewati proses pengolahan bahan secara khusus untuk perusahaan produksi yang membutuhkan.

Fungsi Supplier

Pemasok sendiri mempunyai peran yang penting dalam rantai suplai bahan kepada produsen. Berikut fungsinya yang perlu kamu ketahui:

  • Sebagai pihak yang memastikan ketersediaan bahan baku kepada pelanggannya.
  • Memastikan kualitas bahan baku sebelum dikirim ke pelanggan. Pemasok yang bisa mempertahankan kualitas produknya akan dipercaya oleh pihak mana pun. Jadi, sebagai supplier harus siap bertanggung jawab untuk menjaga kualitas dengan baik, ya.
  • Mengatur proses penyimpanan bahan baku sebelum dikirim dan diolah kembali oleh pihak yang membutuhkan.
  • Mengatur proses pengiriman bahan baku dengan tepat waktu dan memastikan produk diterima baik oleh produsen.

Baca juga: Cara Menjadi Pengusaha Sukses dari Nol

Cara kerja supplier

Di zaman serba teknologi ini, ada beberapa kegiatan yang perlu dilakukan oleh pihak supplier untuk memenuhi kebutuhan pelanggannya. Berikut beberapa sistem kerjanya dalam menjalani bisnisnya:

1. Pengadaan bahan mentah

Proses pengolahan bahan baku ini dapat dilakukan oleh supplier sendiri ataupun bekerjasama dengan pihak lain.

2. Memberikan informasi terkait bahan baku

Sebelum menjual atau memasok barangnya, supplier harus menyiapkan informasi mengenai bahan baku yang akan dipasok.

3. Melakukan pemasaran

Pada dasarnya, supplier adalah kegiatan memasok atau menjual barang dan butuh teknik pemasaran yang baik. Pemasaran ini bisa dilakukan secara online atau offline tergantung dengan kondisi.

Baca juga: Bagaimana Sih Cara Scale Up Bisnis? Simak Penjelasannya di Sini!

4. Bekerja sama dengan para pebisnis

Pihak pemasok harus menjalin hubungan yang baik dengan para pebisnis, agar dapat mempertahankan kerja sama yang baik dengan mereka.

5. Menjaga kualitas

Pemasok dalam hal ini harus berkomitmen penuh untuk mempertahankan kualitas layanan dan bahan baku. Hal ini sangat mempengaruhi keberhasilan pemasok dalam menjalankan usahanya.

Buat kamu yang ingin tahu bagaimana sih cara menjaga kualitas produk? Tenang saja, Vocasia menghadirkan kursus mengenai hal ini. Berikut benefit yang bakal kamu dapatkan!

Cakupannya cukup luas bukan? Yuk segera daftarkan dirimu di sini, agar bisnismu berjalan lebih maju dan sukses! Nah, itulah pengertian hingga cara kerja supplier yang perlu kamu ketahui.  Semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan kamu, ya!

Baca juga: Perencanaan Produksi Massal: Pengertian dan Poin Pentingnya

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *