Tanggal:03 May 2024
Apa itu deforestasi

Apa itu Deforestasi? Kenali Pengertian, Penyebab, Dampak, dan Cara Pencegahannya

Apa itu deforestasi? Deforestasi adalah sebutan lain dari aksi penggundulan hutan. Angka penggundulan hutan tiap tahunnya kian meningkat. Hal itu tentunya terjadi seiring dengan meningkatnya produksi serta penggunaan lahan. 

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Beberapa hutan lindung dan konservasi kini telah dibabat habis guna memenuhi kebutuhan lahan untuk pertanian maupun perumahan. Kondisi ini tentu mengkhawatirkan. Pasalnya, aksi penggundulan hutan atau deforestasi akan menimbulkan berbagai dampak negatif, khususnya bagi lingkungan.

Kali ini kita akan membahas tentang apa itu deforestasi secara lebih dalam. Selamat membaca hingga akhir!

Pengertian Deforestasi

Apa itu deforestasi

Ilustrasi deforestasi (freepik)

Definisi deforestasi tertuang dalam Peraturan Menteri Kehutanan Republik Indonesia Nomor P.30/MENHUT-II/2009 tentang Tata Cara Pengurangan Emisi dari Deforestasi dan Degradasi Hutan (REDD).

Dalam aturan tersebut, pengertian deforestasi adalah kegiatan pengubahan area hutan menjadi lahan yang terjadi secara tidak berurutan dan sifatnya permanen untuk aktivitas manusia.

Sedangkan menurut KBBI, deforestasi adalah penebangan hutan. Singkatnya, aktivitas apa pun yang dilakukan untuk mengurangi atau memusnahkan tanaman di hutan bisa dikategorikan sebagai deforestasi.

Penyebab Deforestasi

Penyebab deforestasi tidak lain adalah kebutuhan untuk aktivitas manusia yang semakin tinggi. Kebutuhan tersebut di antaranya seperti kebutuhan lahan atau bahan produksi. Berikut beberapa penyebab deforestasi lainnya.

1. Perkebunan skala besar

Salah satu penyebab deforestasi adalah kebutuhan lahan untuk perkebunan dalam skala yang besar. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut, otomatis terjadi pembukaan lahan yang besar pula. Lahan tersebut akan digunakan untuk penanaman kelapa sawit ataupun produk lainnya dalam skala besar.

2. Industri penebangan kayu

Industri yang satu ini menyumbangkan angka deforestasi yang cukup besar. Tidak hanya di Indonesia, tetapi di seluruh dunia pun sama. Industri yang melakukan penebangan hutan secara liar ini dapat mengakibatkan kawasan konservasi perlahan mulai menyusut. Terlebih jika dalam area tersebut juga dibangun sebuah pabrik untuk pengolahan kayu.

3. Pembangunan jalan

Penyebab deforestasi lainnya adalah pembangunan jalan. Dalam pembuatannya, tentu diperlukan pembukaan jalur terlebih dahulu melalui pembabatan pohon atau tanaman di wilayah tersebut. Memang pembangunan jalan memiliki tujuan yang baik, yakni untuk melancarkan aktivitas manusia agar lebih efisien. Tetapi dibalik itu, area tersebut akan menjadi rusak secara permanen.

4. Ekspansi pemukiman

Kebutuhan akan tempat tinggal manusia terus meningkat. Maka dari itu, diperlukan suatu pembangunan perumahan hingga pembangunan kota baru. Pembangunan tersebut tentu menyebabkan hutan mengalami deforestasi. Pemukiman untuk manusia seharusnya tidak dibangun pada kawasan konservasi. Mengapa? Sebab, hal tersebut dapat mengakibatkan kerusakan lahan bahkan punahnya flora dan fauna yang ada.

5. Pertambangan

Komoditas tambang yang cukup banyak di hutan, rawan membuat kerusakan lingkungan. Tentunya sebelum proses pertambangan berjalan, pihak tersebut akan melakukan deforestasi pada hutan. Belum lagi, jika industri ini membangun atau membuka jalur untuk proses penyaluran bahan tambang. Tentunya kerugian alam yang didapatkan semakin berlipat ganda.

Baca juga : Penyebab Perubahan Iklim dan Dampaknya

Dampak Deforestasi

Setelah mengetahui penyebabnya, sekarang kamu harus tahu dampak apa yang akan timbul akibat deforestasi. Adapun dampak tersebut di antaranya:

  • Risiko kepunahan flora dan fauna yang endemik di hutan tersebut tidak bisa terhindarkan. Apalagi jika penggundulan hutan dilakukan secara masif.
  • Menjadi pemicu bencana alam seperti banjir dan tanah longsor.
  • Perubahan siklus air di bumi. Hal tersebut lantaran hutan adalah salah satu sumber dari uap air yang akan menjadi awan serta hujan.
  • Kawasan konservasi dan juga budaya akan hilang. Hal itu karena bisa jadi hutan yang rusak adalah hutan adat sakral yang di dalamnya terdapat nilai budaya.

Cara Pencegahan Deforestasi

Ilustrasi hutan hijau (freepik)

Dampak yang ditimbulkan dari deforestasi cukup mengkhawatirkan. Maka dari itu, kita perlu melakukan langkah pencegahan deforestasi. Berikut beberapa di antaranya:

  • Rehabilitasi serta melakukan penanaman ulang pada lahan yang terdegradasi.
  • Mencari alternatif lainnya untuk pembukaan lahan. Khususnya jika pembukaan lahan tersebut digunakan untuk kebutuhan pertanian dan perkebunan.
  • Pengawasan hutan yang baik.
  • Pengelolaan lahan secara tepat serta menghindari hal-hal yang berpotensi menyebabkan kerusakan.

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang deforestasi. Semoga setelah membacanya, kamu jadi tahu apa itu deforestasi, ya. Yuk, mulai sekarang cintai lingkungan sekitar kita dengan tidak melakukan hal-hal yang dapat merusaknya. Langkah kecil yang kamu lakukan untuk melindungi lingkungan alam adalah suatu hal yang berharga. Kalau bukan kita yang merawat, siapa lagi? Ingatlah bahwa manusia dan alam itu saling membutuhkan satu sama lain.

kursus pelatihan membuat bisnis pempek vocasia
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *