Tanggal:21 June 2024

Apa Itu Flora Dan Fauna? Pengertian Dan Contohnya Lengkap

Tahukah kamu apa itu flora dan fauna? Secara umum flora dan fauna adalah segala jenis tanaman dan hewan yang ada di muka bumi. Selain manusia, flora dan fauna ini juga memiliki peran dalam menyeimbangkan ekosistem bumi, lho. Maka, penting untuk dijaga serta dilestarikan.

Kursus belajar TOEFL online Vocasia

Baca Juga:

Flora dan fauna mempunyai jenis yang begitu banyak dan beragam, hingga tidak lagi terhitung jumlahnya. Beragam hewan dan tumbuhan tersebut memiliki tempat tinggal yang beragam mulai di laut, atau bisa pula di darat.

Baca Juga:

Di Indonesia sendiri persebaran flora dan fauna yang asli Indonesia dipengaruhi oleh beragam hal, seperti halnya aspek geografi. Mau tahu bagaimana penyebaran flora dan fauna di Indonesia?

Baca Juga:

Berikut akan kami jabarkan persebarannya, namun sebelum itu kami akan uraikan terlebih dahulu apa itu flora dan fauna, lengkap dengan contohnya! Yuk simak pembahasannya di bawah ini!

Baca juga:

Apa itu Flora dan Fauna?

Apa Itu Flora dan Fauna? Sumber: pexels.com

Pengertian Flora

Melansir e-Modul Geografi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, secara sederhana, pengertian flora adalah tanaman. Secara umum, flora adalah semua jenis tumbuhan atau tanaman yang ada di dunia.

Baca Juga:

Istilah kata flora berasal dari bahasa latin, yaitu dari kata flora yang memiliki arti “alamat tumbuhan dan nabatah”. Flora dapat diartikan sebagai sekelompok tanaman atau tumbuhan. Di dalam dunia tumbuhan, pun ada juga yang dinamakan flora endemik.

Flora endemik adalah sekelompok jenis tanaman yang hidup di daerah tertentu. Seperti flora daerah Sumatera, flora Jawa, flora endemik Kalimantan dan lain-lain. Umumnya, flora endemik pada suatu daerah kerap memiliki jenis-jenis tertentu.

Terkadang, flora di suatu daerah tidak dapat ditemukan di daerah lain. Hal ini dikarenakan setiap daerah memiliki ciri khas tertentu, seperti perbedaan iklim atau perbedaan cuaca. Selain itu, jenis tanah juga turut mempengaruhi perbedaan pada tiap daerah.

Baca juga: 6 Cara Jitu Budidaya Bunga Tulip, Dijamin Sukses!

Pengertian Fauna

Pengertian fauna secara sederhana adalah hewan. Sedangkan pengertian secara umumnya adalah segala jenis hewan yang hidup di dunia. Kata fauna berasal dari bahasa latin. Kata tersebut memiliki arti alam hewan.

Di dalam mitologi Romawi, fauna dapat diartikan sebagai kakak dari faunus. Hal itu berarti bahwa sebagai roh yang baik hutan dan daratan.

Tidak hanya flora, fauna juga memiliki banyak kelompok yang beragam di tiap daerah. Pun ada juga fauna yang memiliki nama imbuhan geografi. Contohnya seperti hewan Asia, hewan Australia, dan hewan Peralihan.

Baca juga:

Persebaran Flora dan Fauna

Persebaran Flora dan Fauna. Sumber: pexels.com

Para pakar zoologi berpendapat jika fauna di kawasan Indonesia memiliki tipe yang mirip dengan tipe fauna yang ada di Asia Tenggara atau oriental. Sementara itu fauna yang berada di kawasan Indonesia bagian timur memiliki kemiripan dengan fauna di benua Australia atau Australis.

Di Indonesia daerah persebaran fauna dibedakan menjadi 3 kawasan yaitu Indonesia bagian barat, kawasan Indonesia bagian timur serta kawasan peralihan atau Wallace. Sementara itu, persebaran fauna di Indonesia dipisahkan oleh garis Lydekker dan garis Webeer.

Flora

  • Flora bagian barat – Flora bagian barat memiliki jenis tumbuhan yang sangat beragam dan memiliki kawasan mangrove yang banyak di sekitar pantai. Hutan pada kawasan bagian barat ini selalu hijau dengan jenis kayu yang memiliki banyak manfaat bagi manusia.
  • Flora bagian timur – Ciri flora yang terdapat di bagian timur adalah memiliki kemiripan dengan flora yang terdapat di benua Australia. Selain itu persebaran flora yang berada di timur lebih banyak tumbuh semak dan belukarnya. Flora yang khas dari wilayah ini adalah pohon matoa serta tanaman ficus famili beringin.
  • Flora bagian tengah – Flora bagian tengah memiliki jenis hutan yang seragam karena hanya didominasi oleh satu jenis tumbuhan saja. Jenis tumbuhan yang paling banyak ditemukan di kawasan ini adalah cemara, pinus serta palma.

Baca juga: 6 Cara Mudah Budidaya Bunga Bougenville di Pot

Fauna

  • Kawasan Indonesia bagian barat – Indonesia kawasan barat meliputi Kalimantan, Sumatera, Jawa dan Bali. Kawasan ini dibatasi oleh garis imajiner Wallace yang berada di antara Sulawesi dan Kalimantan serta di antara Lombok dan pulau Bali. Jenis fauna yang berasal dari Indonesia bagian barat antara lain adalah leopard atau macan tutul, harimau, orang utan, gajah, beruang madu, lutung, merak hijau, burung jalak bali, wau-wau, banteng, merak hijau serta badak jawa.
  • Kawasan peralihan – Daerah yang meliputi kawasan ini adalah Sulawesi, Maluku, Sumbawa, Sumba serta Lombok. Kawasan peralihan dibatasi oleh garis Lydekker yang berada di sebelah timur dan garis Wallace yang berada di sebelah barat. Di antara kedua garis pembatas ini terdapat garis weber sebagai garis keseimbangan yang terletak di sebelah timur pulau Sulawesi. Jenis hewan yang berada di kawasan ini antara lain adalah kupu-kupu sulawesi, kuskus, beruang, soa-soa, kakatua putih, burung rangkong, anoa dataran rendah, anoa pegunungan, komodo dan lain-lain.
  • Kawasan Indonesia bagian timur – Kawasan ini dibatasi oleh garis Lydekker yang meliputi Papua serta pulau-pulau kecil yang berada di sekitarnya. Jenis fauna yang menghuni kawasan ini antara lain adalah kupu-kupu sayap burung, burung cendrawasih ekor pita, walabi kecil, kasturi raja, ular sanca hijau, burung kasuari gelambir ganda serta burung kakatua raja.

Baca juga: Cara Mudah Budidaya Jangkrik Untuk Pemula, Dijamin Cuan!

Contoh Flora dan Fauna

Contoh Flora dan Fauna. Sumber: pexels.com

1. Flora dan Fauna Asiatis

Contoh flora pada wilayah Asiatis adalah Rafflesia Arnoldi. Selain itu, bunga bangkai dan kantung semar juga salah satu contoh fauna pada wilayah Asiatis.

Sementara contoh fauna Asiatis adalah harimau, gajah, dan kancil. Selain itu, badak bercula satu dan badak bercula dua juga masuk ke dalam contoh fauna Asiatis. Hewan lain seperti orang utan, beo, beruang mau, kera atau bekantan juga termasuk fauna Asiatis.

2. Flora dan Fauna Peralihan Tengah

Flora yang ditemukan pada wilayah ini antara lain eboni, longusei dan gofasa. Selain itu, ada juga anggrek serat dan ampupu. Cempaka hutan kasar dan cengkeh juga merupakan contoh dari flora pada wilayah peralihan.

Selain flora, ada banyak fauna yang berada pada zona peralihan ini. Contohnya seperti Komodo dan babirusa. Selain kedua contoh tersebut, ada juga anoa dan tarsius yang menjadi contoh fauna peralihan tengah. Kus-kus juga termasuk fauna pada zona peralihan, lho.

3. Flora dan Fauna Australis

Flora pada zona Australis adalah eboni dan pakis. Selain itu, ada juga tumbuhan matoa dan siwalan yang termasuk pada zona Australis ini.

Sedangkan contoh fauna pada zona Australis adalah Kangguru Pohon dan Wallaby. Burung cendrawasih dan kasuari juga salah satu hewan yang ada di zona Australis.

Baca juga: 

Nah, demikianlah pembahasan kami seputar apa itu flora dan fauna, beserta persebaran juga contoh lengkapnya. Perlu kamu ketahui, flora serta fauna yang ada di dunia semakin hari semakin terdesak oleh beragam aktivitas manusia. Hal ini menyebabkan para hewan dan tumbuhan semakin kehilangan habitatnya dan akhirnya terancam punah.

Oleh karena itu, ada baiknya kita melakukan upaya pencegahan supaya flora dan fauna di Indonesia tidak mengalami kepunahan. Hal sederhana yang dapat kita lakukan bersama-sama ialah memperbaiki kondisi lingkungan hutan, melakukan reboisasi, melindungi hewan dari perburuan liar, mengembalikan hewan ke habitatnya, dan sebagainya. Yuk, terus jaga dan lestarikan flora dan fauna di Indonesia!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *