Tanggal:02 May 2024
komunikasi asinkron

Komunikasi Asinkron: Pengertian dan Contohnya

Komunikasi merupakan bagian penting yang tidak bisa terlepas dari kehidupan manusia sebagai makhluk sosial. Dengan berkomunikasi, manusia dapat saling terhubung satu sama lain dalam berbagai aktivitas, baik dalam rumah tangga, di pekerjaan, di pasar, ataupun di mana saja manusia berada. Tidak ada manusia yang tidak akan terlibat dalam komunikasi.

pelatihan belajar aplikasi fluid simulator untuk pemula vocasia

Berkembangnya dunia teknologi dan digital memberikan dampak positif dalam sektor komunikasi. Kini, komunikasi jarak jauh (remote) mudah dilakukan berkat adanya jaringan internet. Nah, komunikasi yang dilakukan menggunakan jaringan internet disebut komunikasi daring. Komunikasi daring terbagi menjadi 2, yaitu komunikasi sinkron dan asinkron. Artikel ini akan membahas mengenai pengertian dan contoh komunikasi asinkron. Jika kamu penasaran, simak terus sampai akhir, ya.

Apa itu komunikasi asinkron?

Komunikasi sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) diartikan sebagai bentuk perhubungan; pengiriman dan penerimaan pesan atau berita antara dua orang atau lebih sehingga pesan yang dimaksud dapat dipahami; hubungan; kontak. Komunikasi asinkron merupakan komunikasi yang dilakukan secara tidak serempak atau istilahnya tidak real-time, dan dilakukan secara daring. Contohnya, saat dosen kamu memberi referensi materi yang bisa dipelajari secara berulang-ulang olehmu, baik berupa file PPT, video, maupun PDF. Nah, itulah salah satu penerapan komunikasi jenis ini dalam pembelajaran daring.

Baca juga: 8 Contoh Teknik Komunikasi Persuasif dalam Kehidupan Sehari-hari

Contoh komunikasi asinkron:

1. Surel atau e-mail

E-mail biasa kita gunakan untuk mengirim pesan dengan melampirkan berbagai macam bentuk data, baik berupa teks, file, foto digital, file audio, maupun video menggunakan jaringan internet. Misalnya saat kamu mengirim e-mail kepada rekan kerja. Berarti kamu sedang melakukan komunikasi asinkron karena rekan kerjamu tidak spontan menjawab pesanmu.

2. Forum

Komunikasi ini biasanya terjalin secara kelompok di grup yang terbentuk di sebuah platform. Contohnya, saat kamu berada di forum diskusi kelas. Biasanya diskusi ini tidak dilakukan secara real-time, melainkan dosen akan mengatur deadline penutupan forum.

Baca juga: 4 Aliran Komunikasi Formal dalam Organisasi

3. Rekaman simulasi visual

Rekaman simulasi visual bisa disebut juga dengan video. Namun, video yang dimaksud di sini bukan video call yang dapat dilakukan secara real-time dengan lawan bicara. Yang dimaksud di sini adalah saat kita mengirim video tanpa mengetahui keadaan lawan bicara.

4. Membaca dan menulis daring melalui world wide web

Saat kamu membaca suatu postingan di internet, kamu juga sedang melakukan komunikasi asinkron, lho. Penulis postingan secara tidak real-time menyalurkan pesan melalui postingannya dan terbaca olehmu. Selain membaca, komunikasi asinkron juga dapat dilakukan ketika kamu membagikan postingan disertai keterangan untuk dibaca oleh khalayak ramai.

Baca juga: Begini Perkembangan Revolusi Teknologi Komunikasi

Apakah komunikasi asinkron mempunyai kualitas komunikasi yang lebih baik?

Ada studi yang mengatakan bahwa bekerja secara remote jauh lebih baik dari pada bekerja langsung di kantor. Mengapa demikian? Karena tim merasa lebih termotivasi dan produktif. Selain itu, interupsi atau gangguan yang disebabkan oleh komunikasi real-time juga dapat meningkatkan stres. Sekarang sudah banyak perusahaan yang menerapkan komunikasi asinkron ini dan beberapa orang justru merasa terbantu berkat kehadiran jenis komunikasi yang satu ini.

Itu dia pengertian dan contoh dari komunikasi asinkron. Semoga bermanfaat bagi kamu, ya! Jangan lupa untuk selalu mengasah kemampuan berkomunikasi dengan baik. Hal itu sangat penting karena dapat membantu di segala aspek kehidupan, baik dalam kehidupan sosial maupun kehidupan profesional. Kemampuan mengomunikasikan pesan atau informasi secara jelas dan akurat adalah kecakapan hidup yang sangat vital dan tak dapat diabaikan.

Kalau kamu merasa belum memilikinya, jangan berkecil hati. Kamu bisa belajar mengenai keterampilan dasar komunikasi di Vocasia. Kamu juga dapat mengakses pembelajarannya sesuai dengan keinginan atau mood-mu! Tunggu apalagi? Klik langsung di sini!

Baca Juga: 5 Komponen Dalam Komunikasi

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *