Tanggal:21 May 2024

Apa Itu Otomotif? Dan Berbagai Cabang Ilmunya

Jika melihat penjelasan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), kata otomotif memiliki arti “berhubungan dengan sesuatu yang berputar dengan sendirinya (seperti motor dan sebagainya)”. Pemaknaan tersebut berasal dari akar kata otomotif, yaitu “oto” yang berarti “sendiri” dan “motif” yang berarti “alasan” .Dari penjelasan tersebut, bisa disimpulkan bahwa otomotif berarti bidang atau ilmu yang membahas tentang sistem kendaraan bermotor. Mengapa kendaraan bermotor? Sebab, kendaraan bermotor dapat berputar atau bergerak sendiri dengan menggunakan tenaga yang dihasilkan oleh motor.

Cabang-cabang ilmu teknik otomotif

Setelah mengetahui apa itu otomotif, penting pula untuk Anda ketahui bahwa otomotif sebagai sebuah ilmu memiliki beberapa cabang. Seiring dengan perkembangan zaman, cabang ilmu otomotif pun terus berkembang. Berikut adalah beberapa cabang ilmu otomotif yang ada saat ini:

1. Perencanaan (prduct design)

Cabang ilmu otomotif satu ini mempelajari tentang rancangan kendaraan bermotor, dimulai dari perumusan gagasan, bagaimana kendaraan tersebut diproduksI nantinya, cara kerja, hingga upaya untuk merealisasikan gagasan tersebut.

2. Pengembangan (development)

Selanjutnya ada cabang perencanaan. Pada cabang ini, perencanaan yang telah disusun akan dikembangkan agar kendaraan tetap sesuai dengan prosedur keamanan, kenyamanan, dan bahkan tingkat efisiensinya pun diperhatikan.

3. Produksi (manufacture)

Cabang produksi menitikberatkan pada cara pembuatan kendaraan bermotor, lengkap dengan metode perakitannya hingga menjadi sebuah kendaraan yang dapat berfungsi.

4. Perawatan (maintenance)

Perawatan juga termasuk dalam apa itu otomotif dan cabang ilmunya. Sesuai namanya, cabang perawatan berkonsentrasi pada teknik perawatan kendaraan bermotor yang sudah ada, baik itu melalui kontrol mesin maupun penggantian suku cadang.

Penulis: YULIANI RAHMADANI FITRIAH 

Mahasiswa Studi Independen – Kelompok D

Vocasia – Batch #4

Share

Ini Adalah Akun Publikasi Artikel Buatan Mahasiswa & Mahasiswi Studi Independen di Vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *