Tanggal:08 May 2024

Apa itu Tindakan Ekonomi? Pengertian, Jenis, dan Contohnya

Tindakan ekonomi adalah tindakan manusia yang dipandu oleh upaya untuk memenuhi kebutuhan fisik untuk mencapai kemakmuran. Suatu tindakan disebut tindakan ekonomi jika tindakan tersebut dilakukan dengan mempertimbangkan pengorbanan dan hasil serta dapat membuat pilihan yang tepat.

Tindakan ekonomi merupakan salah satu sektor yang mempengaruhi tingkat kesejahteraan suatu negara. Hal ini terbukti dengan berbagai kegiatan masyarakat sehari-hari yang tidak pernah lepas dari kegiatan ekonomi seperti transaksi jual beli. Ukuran kesejahteraan dapat disamakan dengan kebutuhan materi seseorang yang telah berhasil dipenuhi.

Nah, dalam artikel ini Vocasia akan membahas tuntas mulai dari pengertian, jenis, dan contoh tindakan ekonomi. Mari simak penjelasannya!

Apa itu Tindakan Ekonomi?

Tindakan ekonomi adalah tindakan atau kegiatan yang dilakukan oleh seseorang untuk menghidupi kebutuhannya sendiri atas dasar prinsip ekonomi.

Jenis-Jenis Tindakan Ekonomi

1. Tindakan Ekonomi Rasional

Suatu jenis tindakan ekonomi yang didasarkan pada pilihan terbaik dan paling menguntungkan untuk meningkatkan kehidupan ekonomi. Kata rasional memiliki arti pemikiran atau pertimbangan yang logis atau masuk akal. Tindakan rasional ini diperlukan manusia baik dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam bisnis. Pertimbangan rasional ini berkisar dari hal yang kecil hingga hal yang besar.

Penerapan langkah-langkah ekonomi yang rasional juga menentukan penggunaan tenaga kerja terampil, efisiensi penggunaan bahan baku dan penolong, penentuan sistem distribusi, dan promosi yang tepat.

2. Tindakan Ekonomi Irasional

Irasional adalah jenis tindakan ekonomi di mana seseorang atau perusahaan memiliki perkiraan yang menguntungkan tanpa mempertimbangkan faktor-faktor rasional, tetapi sebenarnya merugikan. Seseorang atau perusahaan yang bertindak tidak irasional biasanya tidak memperhitungkan faktor biaya, waktu, dan tenaga yang dikeluarkan. Agar terhindar dari tindakan ekonomi secara irasional, perusahaan perlu memiliki pengelolaan keuangan yang baik. Misalnya dengan mengelola sektor pembiayaan.

Baca juga: Strategi Pemasaran dalam Bisnis Franchise

Tujuan Tindakan Ekonomi

Ketika melakukan tindakan ekonomi, tentu saja Anda memiliki tujuan tertentu yang harus  dicapai. Berikut adalah tujuannya:

  • Penentuan untung dan rugi

Hal ini bertujuan untuk menentukan untung yang dirancang oleh suatu kelompok atau individu.

  • Pengujian kualitas produk

Pengujian ini bertujuan untuk menyadarkan individu atau kelompok pelaku ekonomi untuk mengetahui kualitas produk atau jasa yang akan dibeli atau dikonsumsi.

  • Menguji kebutuhan prioritas

Tindakan yang dilakukan oleh setiap individu atau kelompok untuk menguji atau menemukan hal-hal apa saja yang diprioritaskan untuk mencapai pemuasan kebutuhan mereka.

  • Mencapai kepuasan pribadi atau kolektif

Tujuan utama tindakan ekonomi adalah setiap individu atau kelompok mencapai tingkat kepuasan tertentu. Tingkat kepuasan itu bervariasi untuk setiap pelaku ekonomi, tergantung pada terpenuhnya kebutuhan primer.

Contoh dari Tindakan Ekonomi

1. Contoh Tindakan Rasional

  • Produksi

Salma mengunjungi toko pakaian yang terkenal di kalangan remaja. Kualitas produk yang dijual tidak terlalu bagus, tetapi kualitasnya cukup baik. Fokus utama dari toko ini adalah mahasiswa. Harga yang terjangkau dengan desain terbaru membuat toko ini selalu ramai dikunjungi. Menjelang semester baru, Salma akan membeli lebih banyak pakaian. Salma mengetahui kecenderungan siswa untuk membeli pakaian di awal semester. Berbagai pertimbangan yang dia yakini diikuti dengan tindakan yang menghasilkan keuntungan besar karena dia menggunakan prediksi yang tepat.

Baca juga :

Pengertian Barang Produksi Dan Contohnya

Mengenal Perencanaan Produksi Dan Tahapannya

  • Kegiatan distribusi

Menggunakan kontainer untuk mengirimkan produk sepeda motor ke showroom di seluruh kota di Indonesia dinilai lebih nyaman dibandingkan jasa pengiriman lainnya. Pemilihannya juga mengandalkan pengalaman yang ada. Tindakan ini tidak akan menimbulkan risiko yang besar karena jasa distribusi sudah memiliki jaminan. Pihak distribusi menjamin seseorang untuk menggunakan jasa yang ditawarkan tanpa takut mengalami kerugian yang besar.

  • Konsumsi

Sandra ingin membeli jam tangan ketika ia memiliki Rp 700.000. Sandra memperkirakan kebutuhan bulan depan akan menjadi 550.000, jadi ia masih memiliki uang 150.000 untuk menonton. Sisa uangnya digunakan Sandra untuk membeli jam tangan seharga 75.000. Sedangkan sisanya disimpan untuk keperluan lain. Perbuatan yang dilakukan Sandra merupakan contoh perbuatan rasional yang dapat dilakukan. Hal itu karena tidak mempengaruhi kita yang telah memperhitungkan dengan baik segala sesuatu yang akan terjadi akibat perbuatannya.

Baca juga :

Pengertian Konsumerisme, Ciri Berserta Dampaknya

Pengertian Barang Konsumsi Dan Contohnya

  •  Pemerintahan

Pemerintah juga merupakan pelaku ekonomi dan ikut serta dalam perekonomian negara. Sehingga tindakan ekonomi yang rasional juga dapat diterapkan pada setiap kegiatan ekonomi yang dilakukan. Misalnya, pemerintah telah menerbitkan kebijakan yang mendorong warga untuk lebih cerdas memilih konsumsi mereka sesuai dengan tingkat kebutuhan dan pendapatan mereka.

  • Di kehidupan sehari-hari

Di kehidupan sehari-hari dapat dikatakan bahwa tindakan ekonomi rasional sangat sering digunakan untuk keuntungan pribadi. Misalnya ketika kita dihadapkan pada pilihan antara membeli baju atau seragam baru, tetapi uang yang kita miliki sudah cukup. Untuk bisa membeli satu jenis pakaian, maka kita harus berpikir matang-matang sebelum memutuskan untuk membeli seragam yang menurut kita lebih penting daripada membeli baju baru.

2. Contoh Tindakan Irasional

  • Bidang produksi

Andi adalah seorang pengusaha di bidang kuliner. Makanan yang diminta pelanggannya adalah menu bandeng. Saat itu juga, Andi membeli bandeng dalam jumlah banyak. Andi berharap semua bisa terjual. Kenyataannya jumlah permintaan masakan ikan bandeng tidak banyak meningkat sehingga banyak ikan bandeng yang tidak layak konsumsi. Andi harus menanggung kerugian yang timbul karena tidak memperhitungkan perkiraan tersebut.

  • Pendistribusian

Pemilihan jenis kendaraan yang digunakan untuk mendistribusikan barang yang dimiliki sangat penting. Urgensi barang juga menjadi pertimbangan dalam menentukan kendaraan yang akan digunakan. Saat kita ingin mengirimkan barang dalam jumlah banyak, tidak mungkin kita menggunakan jasa pengiriman per kilo. Kita membutuhkan jasa pengiriman untuk paket yang muatannya sangat banyak. Jika tetap bersikeras menggunakan jasa pengiriman kilogram, segala risiko harus ditanggung sendiri. Risiko yang mungkin timbul adalah dari segi biaya dan waktu yang besarannya mungkin tidak dapat diperkirakan sebelumnya.

  • Konsumen

Aura memiliki uang tunai 500.000. Ia ngin membeli tas merek asing dengan harga 450.000. Aura percaya bahwa harga tas tersebut dapat dibeli dengan uang yang dimilikinya. Ia memutuskan untuk membeli tas tersebut. Namun, Aura lupa mempertimbangkan kebutuhan lainnya seperti makan, membeli kebutuhan sehari-hari, dan lainnya. Ketika menyadarinya, ia pun merasa bingung karena uang jajan satu bulan sudah habis untuk membeli tas. Terpaksa Aura harus meminta uang lagi kepada orang tuanya, namun tidak semudah itu mendapatkan tambahan uang jajan. Masalah yang dihadapi oleh Aura ini karena ketika ia memutuskan untuk membeli produk tersebut tidak memikirkan kebutuhan lain yang akan terjadi. Aura hanya memikirkan kesenangan sesaat sehingga ia merasa menyesal

Baca juga :

5 Indikator Kepuasan Konsumen!

8 Cara Menawarkan Produk Untuk Membuat Konsumen Tertarik

  • Pada kehidupan sehari-hari

Ibu membeli beras di pasar yang jaraknya lebih jauh dengan alasan harga berasnya lebih murah. Padahal jika dihitung, total ongkos yang dikeluarkan adalah sama atau bahkan lebih mahal.

Itu dia penjelasan tentang tindakan ekonomi. Anda tentu akan lebih memahami arti tindakan ekonomi dan mengapa tindakan ini harus dilakukan. Hal ini penting agar segala tindakan yang dilakukan akan bermanfaat baik bagi Anda maupun orang-orang di sekitar. Semoga artikel ini juga bermanfaat dan nantikan artikel lainnya dari Vocasia, ya!

banner Kursus Online Bisnis Growth Hacking di Vocasia
Keakraban pelanggan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *