Tanggal:15 May 2024

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Bahan Alami

Pada dasarnya pori-pori mempunyai peran penting untuk kulit, yakni tempat tumbuhnya rambut, keluarnya keringat, serta jalur sebum atau minyak di kulit. Tetapi, hal ini bisa menjadi problem ketika pori-pori berubah menjadi besar. Meskipun tidak berbahaya, pori-pori besar kerap kali menjadi alasan seseorang tidak percaya diri saat berpenampilan.

Dan apabila dibiarkan begitu saja, akan menimbulkan akar penyakit baru. Misalnya, debu yang kita hadapi sehari-hari dapat bersarang di dalam pori-pori. Hal ini dapat menyumbat produksi minyak hingga akhirnya menimbulkan jerawat. Selain itu, pori-pori yang besar juga merupakan salah satu penyebab penuaan dini. Kulit bisa menjadi cepat lentur dan garis-garis keriput pun tampak pada wajah.

Baca Juga : Urutan Skincare Pagi dan Malam

Lantas, bagaimana cara mengecilkan pori-pori? Ada beragam cara mengatasi masalah kulit ini, mulai dari yang mahal hingga yang murah. Tak usah khawatir, artikel ini akan menyajikan beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah dengan bahan alami. Selain murah, bahan-bahan ini bisa kamu temukan dengan mudah di sekitarmu, lho. Agar lebih jelas, simak artikel berikut, ya!

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah dengan Bahan Alami

Seperti yang sudah disinggung di atas, pori-pori memiliki peran penting sehingga tidak bisa kita hilangkan tetapi bisa kita kecilkan. Kotoran yang menyumbat pori-pori merupakan reaksi alami tubuh untuk mengeluarkan racun dari dalam. Tetapi, jangan sampai pori-pori yang membesar ini kamu biarkan, ya. Kamu bisa memanfaatkan bahan alami yang dapat kamu temukan di rumah. Beberapa bahan alami yang dapat kamu gunakan di antaranya adalah:

1. Es batu

es batu

source: pixabay

Es batu adalah salah satu bahan yang paling cepat dan efektif untuk mengecilkan pori-pori. Caranya sangat mudah yaitu hanya dengan mengoleskan es ke wajah kamu sebelum menggunakan make up. Selain itu, cara ini juga meningkatkan sirkulasi darah di wajah sehingga wajah tampak lebih sehat.

Metode mengecilkan pori-pori menggunakan es batu adalah sebagai berikut:

  • Masukkan beberapa es batu ke dalam kain atau handuk
  • Oleskan ke kulit wajah selama beberapa detik
  • Setelah itu, basuh wajah dengan air dingin agar hasil lebih maksimal

2. Madu

madu

source: pixabay

Madu adalah salah satu bahan alami yang mudah ditemukan di mana saja dan memiliki segudang manfaat. Pasalnya, madu mengandung banyak sekali senyawa aktif, seperti vitamin A (retinol), vitamin E (tocopherol), vitamin K, vitamin B kompleks, vitamin C, serta flavonoid, asam fenolik, dan karotenoid. Tak usah khawatir, bahan alami yang satu ini minim riskan untuk dikonsumsi oleh siapa saja. Jadi, kamu bisa menggunakannya juga untuk mengatasi berbagai macam masalah kulit, seperti halnya mengecilkan pori-pori.

Cara mengecilkan pori-pori wajah menggunakan madu dapat dilakukan dengan metode berikut:

  • Siapkan satu sendok madu alami (yang masih kental)
  • Oleskan pada wajah secara tipis dan merata
  • Diamkan selama kurang lebih 5-10 menit
  • Bilas menggunakan air hangat

Baca juga: Yuk, Ketahui Manfaat Madu untuk Wajah!

3. Pepaya

pepaya

source: pixabay

Bahan alami selanjutnya yang dapat kamu gunakan untuk mengecilkan pori-pori wajah adalah pepaya. Pepaya mengandung enzim papain yang dapat membantu meregenerasi kulit. Kandungan vitamin A, C, dan E yang berfungsi sebagai anti-oksidan akan turut membantu menutrisi dan melembabkan kulit kamu agar lebih cantik.

Kamu bisa menjadikan pepaya sebagai masker, berikut caranya:

  • Tumbuk pepaya secukupnya
  • Oleskan pada seluruh wajah
  • Diamkan selama 30 menit
  • Bilas dengan air bersih

Bagaimana? Sangat praktis, bukan? Nah, setelah mengoleskan masker pepaya, kamu dapat merasakan pori-pori menjadi lebih kecil dan risiko akan permasalahan kulit pun berkurang.

Baca Juga : Makanan Yang Baik Untuk Kesehatan Kulit

4. Mentimun

mentimun

source: pixabay

Kamu juga dapat memanfaatkan mentimun sebagai bahan alami untuk mengecilkan pori-pori. Selain itu, buah ini juga dapat menjaga tekstur kulit agar lebih sehat.

Berikut metode mengecilkan pori-pori menggunakan mentimun:

  • Cuci bersih 1 buah timun
  • Haluskan dengan blender maupun garpu
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama 30 menit
  • Bilas menggunakan air bersih

Lakukan metode tersebut secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Hasilnya, kamu akan merasakan wajah lebih segar dan pori-pori semakin mengecil.

5. Lidah buaya

lidah buaya

source: pixabay

Banyak manfaat yang dapat kamu peroleh setelah mengaplikasikan lidah buaya ke wajah. Salah satunya adalah pori-pori wajah yang menjadi lebih kecil. Selain itu, tanaman ini juga dapat membuang minyak dan kotoran yang menempel.

Cara menggunakan lidah buaya untuk mengecilkan pori-pori

  • Potong dan kupas lidah buaya
  • Ambil lendir atau gel lidah buaya
  • Masukan ke dalam kulkas
  • Aplikasikan gel pada seluruh wajah
  • Bilas wajah hingga bersih

Baca Juga : Merek Skincare Lokal Yang Bagus

6. Alpukat

alpukat

source: pixabay

Alpukat bisa menjadi opsi lain sebagai bahan pengecil pori-pori. Alpukat mengandung vitamin E, vitamin C, dan antioksidan yang mampu melindungi kulit dari radikal bebas. Kandungan-kandungan tersebut juga mampu membuat kulit untuk selalu terlihat kencang. Nah, saat kulit mengencang, pori-pori pun otomatis akan mengecil.

Berikut adalah cara membuat masker alpukat:

  • Hancurkan alpukat sampai lembut dan tambahkan setengah sendok madu alami
  • Oleskan pada wajah dan diamkan selama kurang lebih 10 menit
  • Bilas wajah menggunakan air hangat

Baca Juga : Rekomendasi Skincare Untuk Kulit Kering

Itu dia beberapa cara mengecilkan pori-pori menggunakan bahan alami. Selain menggunakan bahan-bahan alami di atas, kamu bisa merawat wajah dengan rutin membersihkan wajah maksimal 2 hari sekali, eksfoliasi, menggunakan sunscreen atau tabir surya, minum air secukupnya, dan tentunya menjalani pola hidup yang sehat. Karena sejatinya, merawat kulit adalah aktivitas continuous dan harus kita lakukan selama hidup. Bukan merawat kulit saat diterpa masalah kulit saja.

Semoga artikel ini bermanfaat, ya!

Baca juga: Apa itu Eksfoliasi Wajah dan Bagaimana Cara Melakukannya?

Kursus pelatihan usaha mie ayam vocasia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *