Tanggal:19 May 2024
UX reasearcher

Kenalan dengan UX Researcher: Tugas, Skill, dan Prospek Karier

Siapa, nih, yang masih asing dengan UX researcher? UX researcher sekarang menjadi profesi yang didambakan, loh, akhir-akhir ini. Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini akhirnya membuat inovasi bisnis juga bertumbuh. Oleh karena itu, pengembangan aplikasi web membuat peran UX researcher banyak dibutuhkan.

Tetapi, banyak orang yang belum mengetahui prospek karier seorang UX researcher karena posisi ini tentunya tergolong baru. Padahal, profesi ini termasuk salah satu yang paling mapan dan banyak terdapat lowongan kerjanya, loh!

Terus, apa sebenarnya UX researcher itu? Skill apa saja yang dibutuhkan? Bagaimana dengan prospek kariernya? Untuk mengetahui semua itu, Vocasia telah mengumpulkan informasi tentang UX researcher dalam artikel ini. Yuk, dibaca sampai akhir, ya!

Siapa Sih UX Researcher Itu?

Ilustrasi UX Researcher (Sumber: Freepik.com)

UX researcher adalah seseorang yang bertanggung jawab untuk meneliti semua kebutuhan calon pengguna di target pasar produk yang sedang dikembangkan. Posisi ini merupakan bagian dari tim desain UX yang membuat kerangka awal untuk produk yang sedang dirancang dan dikembangkan.

Misalnya, jika sebuah perusahaan membuat produk untuk aplikasi belanja online, UX researcher akan meneliti kebutuhan pengguna untuk membuat belanja lebih mudah. Aplikasi belanja online memiliki banyak pesaing sehingga UX researcher juga dapat meneliti produk pesaing.

Nantinya, UX researcher mendapatkan beberapa hasil tentang kebutuhan pengguna dan kondisi lapangan agar pengembangan produk bisa lebih efektif.

Hasil riset tersebut biasanya berupa permasalahan yang akan dipecahkan dalam produk yang dikembangkan. Dengan cara ini, kebutuhan pengguna akan terjawab dalam produk tersebut sehingga produk akan tepat sasaran.

Baca Juga: Creative Director: Tanggung Jawab, Skill, Dan Jenjang Karier

Tugas Seorang UX Researcher

Pada dasarnya, tugas seorang UX researcher adalah memberikan jawaban atas pertanyaan tersulit dalam proses desain produk. Mereka perlu mencari tau apa yang benar-benar dibutuhkan pengguna dari produk bisnis.

Akibatnya, UX researcher harus secara teratur melakukan survei untuk mempelajari perilaku dan motivasi pengguna. Namun, di era modern ini, deskripsi pekerjaan mereka umumnya didefinisikan ulang sesuai dengan kebutuhan masing-masing perusahaan.

Beberapa tugas yang dilakukan oleh UX reasearcher adalah sebagai berikut:

  1. Berdasarkan ide-ide kreatif untuk pengembangan produk, melakukan riset pengguna yang terperinci dan akurat
  2. Evaluasi penelitian kuantitatif dan kualitatif
  3. Melakukan riset pasar pada target pasar untuk produk di seluruh pesaing
  4. Merencanakan dan menerapkan strategi riset pengguna
  5. Mempresentasikan hasil penelitian kepada tim pengembangan produk untuk penelitian lebih lanjut
  6. Melakukan penelitian yang lebih mendalam dan menyeluruh tentang kepuasan pengguna dengan produk yang dirancang untuk mengatasi kekurangan yang dirasakan pengguna
  7. Menjadi mentor dan melatih UX researcher junior di tim

Baca Juga: 10 Skill Yang Dibutuhkan Di Masa Depan Untuk Menunjang Karier!

Skill yang Dibutuhkan UX Reasercher 

Ilustrasi Skill UX Researcher (Sumber: Freepik.com)

Kalau kamu ingin bekerja sebagai UX researcher, kamu memerlukan beberapa keterampilan atau keahlian sebagai berikut:

  1. Kemampuan untuk mengolah dan menganalisis data

Hasil penelitian dan analisis UX researcher diterapkan pada produk yang disajikan kepada pengguna. Oleh karena itu, UX researcher harus mampu menganalisis dan mengolah data dengan baik.

  1. Memahami perilaku pengguna

Jika kamu ingin menjadi UX researcher, kamu harus dapat memahami perilaku pengguna dan perilaku manusia. Misalnya dari sosiologi, komunikasi, antropologi, psikologi hingga ilmu informasi.

  1. Memahami proses desaign thinking

Design thinking adalah proses menciptakan inovasi yang memecahkan masalah pengguna. Sebagai UX researcher, penting untuk memahami proses ini supaya membuat produk yang mungkin dibutuhkan pengguna kamu.

  1. Implementasi rencana penelitian

Sebelum melakukan investigasi, penting untuk merencanakan investigasi dengan cermat. Ini akan memberi tau kamu data apa yang perlu dikumpulkan untuk mencapai hasil yang kamu inginkan.

  1. Dapat mempresentasikan hasil pengolahan data

Keterampilan lain yang diperlukan bagi UX researcher adalah kemampuan untuk mempresentasikan hasil data dalam proses kepada tim yang bersangkutan. 

  1. Mampu merumuskan strategi berdasarkan hasil penelitian

Di luar penelitian dan analisis, UX researcher juga harus mampu membuat strategi yang tepat berdasarkan temuan penelitian.

  1. Kompetensi domain

UX researcher perlu mengetahui produk pesaing dan alur penggunanya. Hal ini diperlukan untuk mengidentifikasi dan meningkatkan kesesuaian pasar produk. 

  1. Pengetahuan umum tentang software development

UX researcher diharapkan memiliki pengetahuan umum tentang tahapan pengembangan produk. Kamu perlu mengetahui tanggung jawab, aktivitas, dan interaksi dalam proses yang terjadi dalam tim kamu.

Prospek Karier UX Reasercher

Ilustrasi Karier UX Researcher (Sumber: Freepik.com)

Lalu, kira-kira seperti apa, ya, prospek karier dari UX researcher?

Sebagai aturan umum, kamu harus memiliki setidaknya 1 tahun pengalaman di bidang ini. Maka salah satu cara untuk meniti karier sebagai UX researcher adalah melalui program magang di sebuah perusahaan teknologi.

Selain itu, jika kamu sudah menjadi UX researcher profesional, kamu berkesempatan mendapat peluang untuk naik ke tingkat yang lebih tinggi setelah dua tahun bekerja aktif.

Saat di level senior pun kamu masih bisa mengambil promosi jabatan ke level manajerial. Namun, prasyaratnya adalah untuk bekerja dalam tingkat senior setidaknya selama 3 tahun.

Itu tadi adalah hal-hal yang perlu kamu ketahui tentang UX researcher, mulai dari pengertian, tugas, skill yang dibutuhkan, hingga prospek kariernya. Nah, bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencoba berkarier di bidang ini? Bila, ya, segera asah kemampuan mu sekarang juga!

Di Vocasia tersedia banyak kursus mengenai ilmu komputer dan profesi yang berkaitan, loh. Jadi, tunggu apalagi? Yuk, segera daftarkan dirimu di Vocasia melalui tautan berikut!

Kursus belajar pemograman dengan nuxt js
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *