Tanggal:19 September 2024

Penjelasan mengenai Literally dan Which is, Benarkah Ciri Khas Bahasa Gaul Jaksel?

Bahasa adalah alat pemersatu sekaligus alat komunikasi yang fleksibel. Seiring perkembangan, bahasa sering berubah-ubah mengikuti waktu dan zaman. 

Kursus online IELTS Vocasia

Beberapa kata secara sadar mengalami berbagai fenomena berbahasa yang unik. Misalnya dalam bahasa Inggris kerap digunakan dengan mencampurkan bahasa Indonesia dalam percakapan sehari-hari.

Hal ini terjadi pada kata dalam Bahasa Inggris yaitu literally yang sedang tren digunakan dan menyebutnya sebagai bahasa gaul jaksel. Tidak hanya literally, kata like, which is, dan lain-lain juga disebut sebagai ‘Bahasa Jaksel’.

Kebebasan berbahasa dalam fenomena ini dianggap adalah hal yang sah-sah saja. Namun, kata-kata tersebut tidak bisa digunakan dengan seenaknya, kamu perlu mengetahui cara penggunaan dengan benar. 

Penasaran dengan penjelasannya? Simak artikel ini sampai akhir, ya!

Baca juga: Aplikasi untuk Belajar Desain Baju

Arti Kata Literally dan Which is

Pengertian Literally dan Which is. Sumber: unsplash.com

Kita akan membahas satu-satu dulu, ya! Kata literally sendiri merupakan adverb (kata keterangan) memiliki arti ‘secara harfiah’ atau ‘sesuai arti yang sebenarnya.’ Contoh penggunaannya secara tepat seperti:

  • The term ‘social distancing’ literally means everyone must stay from each other. (Istilah ‘social distancing’ secara harfiah berarti semua orang harus menjauhi satu sama lain.)

Namun, literally yang dikategorikan sebagai bahasa gaul biasa digunakan untuk menunjukkan emfasis terhadap suatu hal atau sebagai hiperbola. Contoh kalimat seperti:

  • I’m literally so mad at you! (Aku literally marah banget sama kamu!)

Sementara untuk penggunaan which is umumnya digunakan sebagai pronoun (kata ganti) untuk menggantikan sebuah noun yang sudah terlebih dulu disebutkan. Sebelum menggunakan which is, pastikan kamu sudah menyebutkan noun-nya. Contoh kalimatnya sebagai berikut.

  • Let’s go to Paris Van Javawhich is the amazing mall in Indonesia! (Yuk ke Paris Van Java, mall mengagumkan di Indonesia!)

Contoh di atas menyebutkan bahwa kata which berperan sebagai pronoun yang menjelaskan Paris Van Java. 

Baca juga: Laptop Murah yang Cocok untuk Pelajar

Contoh Lain Bahasa Gaul Jaksel

Fenomena berbahasa dengan mencampuradukkan Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris tidak hanya ditemui dalam percakapan langsung, tetapi penggunaannya cukup sering dijumpai dalam media sosial.

Merangkum dari kumparan.com, terdapat 20 kata bahasa Inggris yang diucapkan dalam komunikasi sehari-hari dan beberapa diberi julukan sebagai bahasa gaul jaksel atau bahasa jaksel. 

  1. Which is= yang
  2. Meeting= rapat
  3. Literally= secara harfiah
  4. Cancel= batal
  5. Makes sense= masuk akal
  6. Even= bahkan

Baca juga: Cara menjadi Developer Game

  1. Stop= berhenti
  2. Clear= jelas
  3. Sorry= maaf
  4. Okay= oke
  5. Fix= memperbaiki
  6. Update= memperbarui

Baca juga: Rekomendasi Kursus Bahasa Inggris Online

  1. On line= sedang terhubung
  2. On the way (OTW)= dalam perjalanan
  3. Lunch= makan siang
  4. Married= menikah
  5. Boring= membosankan
  6. Please= mohon
  7. Bill= tagihan
  8. Deadline= tenggat waktu 

Baca juga: 6 Kursus Online Gratis untuk Menunjang Keahlian Kamu

Sebetulnya ada beberapa kata bahasa Inggris yang bahkan telah diserap ke dalam bahasa Indonesia. Hal tersebut dibuktikan dengan terdaftarnya kata-kata seperti oke, setop, klir, dan sori yang tercantum dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) 

Namun, fenomena ini campur aduk bahasa dirasakan tanpa sadar telah mengubah komunikasi masyarakat untuk menggunakan bahasa Inggris dalam satu kalimat yang berbahasa Indonesia.

Baca juga: Langkah untuk memulai trading di indodax

Itu dia penjelasan mengenai literally dan which is which is yang populer digunakan dalam kehidupan sehari-hari maupun bentuk komunikasi di sosial media. Fenomena ini masih dikatakan sah-sah saja untuk digunakan, tetapi ketahuilah konteks penggunaannya. Jangan hanya asal menggunakan, tanpa mengetahui arti ataupun penggunaannya yang benar. 

Ingin membaca artikel menarik lainnya kamu dapat klik tautan berikut yang menyediakan bacaan menarik seputar pengetahuan dan wawasan. 

Jangan lupa juga untuk ikuti kami di instagram agar kamu mengetahui update dan informasi terbaru yang kami bagikan, ya!

Bagi kamu yang sedang belajar Bahasa Inggris, kamu juga dapat segera mempersiapkan salah satu tes TOEFL, IELTS, maupun TOEIC hanya dengan klik tautan berikut. Vocasia sebagai platform online yang menyediakan berbagai kursus online dan dapat kamu gunakan dengan mudah dan praktis!

Yuk segera ikuti berbagai pelatihan untuk memantapkan skill dan pengetahuan. Jangan lewatkan juga kesempatan khusus untuk mendapatkan potongan harga dan penawaran lainnya! 

Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *