Tanggal:20 July 2024

Audience: Pengertian, Fungsi, dan Cara Menentukan & Mendapatkannya

Pernahkah Anda melihat puluhan hingga ratusan penonton yang berada di sebuah acara TV? Mereka disebut sebagai audience. Audience tidak hanya membantu meramaikan acara lho, mereka berperan besar dalam acara yang mereka bantu.

Audience adalah kelompok klien dan pelanggan potensial yang bukan hanya membantu penjualan potensial saja, akan tetapi audience membantu hubungan yang saling menguntungkan. Audience yang terlibat dalam antusias akan menjadi advokat pada sebuah merek (brand) terbesar dalam berbisnis. Para hadirin atau audience adalah istilah yang mengacu pada pembaca dan juga banyak penulis lebih suka mengadopsi gaya suara yang berbeda, seperti campuran, formal, serta santai tergantung pada audiens yang dituju.

Pengertian Audience

Audience adalah seseorang yang berkomunikasi dengan Anda melalui setiap media, baik itu blog, media sosial dan lain sebagainya. Mereka adalah penonton yang suka menonton karya Anda. Para hadirin seperti itu membuat sebuah acara lebih meriah.

Apabila mengacu pada konteks bisnis, audience adalah sekelompok klien dan juga pelanggan potensial. Mereka tidak hanya membantu dari sudut pandang penjualan potensial. Tetapi, audience juga dapat sangat membantu brand jika hubungan tersebut saling menguntungkan.

Audience yang terlibat dan antusias dapat menjadi advokat brand terbesar. Seseorang harus mengantisipasi kebutuhan atau harapan audience Anda untuk dapat menyampaikan informasi serta berdebat untuk klaim tertentu. Dengan begitu, suatu acara dapat berjalan dengan lancar.

Audience Anda mungkin instruktur, teman sekelas, pemimpin organisasi, staf perusahaan manajemen, atau sejumlah kemungkinan lain sebagainnya. Di dalam dunia internet dan dunia digital marketing, Anda perlu mengenal audiens Anda terlebih dahulu sebelum mulai menulis, terutama jika menulis blog.

Fungsi Audience

Dengan Anda memahami audience, Anda juga dapat membantu blogger atau penulis untuk menentukan level detail apa yang harus dia berikan, serta jenis pilihan kata apa yang mungkin mereka buat, karena pilihan kata dan nada tersebut harus sesuai dengan harapan audience. Biasanya, peran penonton dalam sebuah drama dan sandiwara panggung adalah unik, karena audience akan mengirimkan energi serta emosi mereka kepada para pemain dan aktor melalui tanggapan mereka selama pertunjukan.

Cara Menentukan dan Mendapatkan Audience

Pada di era digital sekarang ini, menemukan audience jauh lebih mudah daripada sebelumnya. Terdapat cara agar Anda bisa mendapatkan audience dengan tepat. Berikut beberapa cara untuk menentukan dan mendapatkan audience:

1. Cara Menentukan Audience

Dalam menentukan jenis dan tipe audiens Anda, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda pertimbangkan:

  • Siapa mereka (usia, jenis kelamin, pendidikan, status ekonomi, keyakinan politik, sosial dan agama).
  • Tingkat informasi apa yang mereka miliki terkait subjek dari pemula, pembaca umum, spesialis atau ahli.
  • Konteks di mana mereka akan membaca tulisan, apakah itu dari koran, buku teks, majalah populer, jurnal khusus, di internet, dan sebagainya.

2. Cara Mendapatkan Audience

  • Mendengarkan: Dengarkan siapa yang berkomentar di blog Anda dan juga media sosial, serta tidak lupa gunakan riset kata kunci untuk menemukan minat orang.
  • Survei: Tidak ada salahnya untuk langsung bertanya kepada audience potensial Anda tentang siapa mereka dan apa yang mereka ketahui.
  • Media Sosial: Pada era digital saat ini, manfaatkanlah media sosial untuk mempelajari minat lawan bicara Anda.

Hal tersebut hanyalah cara umum yang perlu Anda ingat saat Anda fokus untuk menjangkau para hadirin.

Begitulah kira-kira pengertian dari audience atau yang biasa disebut sebagai para hadirin. Sekarang Anda pasti lebih paham tentang audience dan bagaimana cara menentukan serta mendapatkannya. Semoga artikel Vocasia dapat membantu Anda!

Baca juga: Kenapa Public Speaking Penting Untuk Dipelajari? Berikut Penjelasannya

Public relation masterclass
Share

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *