Tanggal:13 May 2024
public speaking

Kenapa Public Speaking Penting Untuk Dipelajari? Berikut Penjelasannya

Manusia sebagai makhluk sosial tidak bisa lepas dari aktivitas komunikasi. Pasalnya komunikasi merupakan kebutuhan dasar yang hampir setiap orang pasti merasakannya. Tidak ada satu manusia pun yang tidak membutuhkan komunikasi. Komunikasi merupakan penghubung maksud dari kehendak manusia lain. Sehingga tercipta relasi yang dimaksud, baik itu di dalam kehidupan sehari-hari di rumah tangga, di tempat kerja, di pasar, di kampus, di perpustakaan, bahkan di dalam berbangsa dan bernegara.

Kursus online belajar TOEFL PBT Vocasia

Public speaking merupakan salah satu bentuk komunikasi yang penting. Namun, sering kali menjadi momok yang menakutkan bagi sebagian orang. Padahal ada banyak alasan pentingnya menguasai kemampuan public speaking. Salah satunya untuk menyokong berbagai aspek kehidupan kamu sebagai makhluk sosial di zaman sekarang, lho. Beberapa alasan tersebut akan dibahas di artikel ini, jadi simak terus, ya!

Pentingnya public speaking

Source: Pexels

Pernahkah kamu melihat seorang perwakilan MUN (Model United Nations) speech di konferensi besar? Dan hati kamu otomatis mengatakan “WOW KEREN BANGET!”. Ya, seseorang yang lihai berbicara di depan umum dipandang mempunyai nilai plus tersendiri, lho. Mereka juga dikenal memiliki wawasan yang luas. Bahkan public speaking menjadi kemampuan mendasar untuk terjun ke dunia kerja.

“Terus kalau nggak bisa public speaking, bagaimana? Apa bisa sukses?”

Tenang saja, keterampilan ini bisa sekali kamu asah. Selain manfaatnya yang banyak sekali, cara buat mengasah skill yang satu ini juga banyak. Nah, Vocasia menghadirkan kursus terkait public speaking hack buat bantu kamu mengatasi rasa cemas, rasa tidak percaya diri, dan jantung berdegub kencang tiap kali bicara di depan orang banyak, lho. Dengan mengikuti kursus ini, kamu akan lebih mudah mengatasi ketidaknyamananmu saat bicara di depan banyak orang. So, ayo join kelas kursusnya di sini!

Skill public speaking bisa dengan mudah diasah kalo kita sendiri punya kepercayaan diri yang cukup. Menurut seorang ahli psikologi bernama Hambly (1992), kepercayaan diri diartikan sebagai keyakinan terhadap diri sendiri sehingga mampu menangani segala situasi dengan tenang. Berkaca dari definisi kepercayaan diri Hambly, hal mendasar yang kita persiapkan dalam public speaking adalah membangun kesadaran diri dalam berpikir positif. Berpikir positif bakal membantu kita dalam bersikap tenang dan berkonsentrasi terhadap pesan yang sedang kita sampaikan.

Baca juga: 11 Cara agar Public Speaking Bagus buat Si Pemalu

Cukup jelas bukan paparan di atas mengenai keunggulan public speaking? Selanjutnya, artikel ini akan memaparkan mengenai kenapa sih public speaking penting sekali untuk dipelajari. Berikut paparannya!

Kenapa public speaking penting untuk dipelajari?

Berikut adalah beberapa alasan kenapa public speaking penting untuk dikuasai:

1. Meningkatkan kepercayaan diri

public speaking

Source: Pexels

Berbicara di depan umum  akan membuatmu menjadi lebih percaya diri dalam menjalani suatu kegiatan dan juga menghadapi berbagai masalah. Kamu akan percaya diri untuk melakukan apa pun walaupun orang lain menganggap hal itu mustahil dilakukan. Hal itu karena rasa percaya diri dalam dirimu sudah meningkat drastis.

Dengan membiasakan dirimu berlatih berbicara sendiri di depan cermin, kamu akan terbiasa melalukan public speaking di depan banyak orang. Lawan rasa takutmu dengan keberanian, maka rasa percaya diri akan mudah mendatangimu.

2. Mudah membangun koneksi sosial

public speaking

Source: Pexels

Lihai berbicara di depan umum berarti kamu menjadi tipe orang yang mudah bergaul dengan banyak orang. Pasalnya, semakin sering kamu berbicara di depan umum, semakin banyak pula orang yang notice akan keberadaanmu. Dari hal itulah kamu dapat membangun koneksi sosial baru.

Kamu akan nyambung ketika mengobrol, selalu ada topik pembicaraan, orang lain akan senang mendengarkanmu, dan kamu pun juga menjadi pendengar yang baik. Kamu tidak sungkan untuk berkenalan lebih dulu dengan orang baru yang membuatmu cepat akrab dengan orang lain. Dan mungkin orang lain itu akan menjadi teman atau sahabat kamu nantinya.

3. Peningkatan karier

public speaking

Source: Pexels

Lantas, apa hubungannya dengan karier? Public speaking merupakan soft skill dasar yang banyak dicari perusahaan buat rekrut pegawainya, lho. Kalau kamu punya skill ini, cara berpikir kamu akan cenderung lebih terlatih dan cekatan. Selain itu, kamu bakal terbiasa menjadi vokal dalam suatu kelompok. Hal inilah yang dibutuhkan waktu rapat kerja.

Kamu dituntut untuk mempresentasikan progress kerja dengan lugas agar lebih mudah dipahami oleh rekan kerja dan atasan kamu di kantor, lho. Jadi demi kelangsungan kariermu, tidak ada alasan untuk menunda-nunda mengasah kemampuan komunikasi publik kamu. Yuk, segera join kelasnya di sini!

Baca juga: 5 Tips Sukses Public Speaking di Lingkungan Kerja

4. Meningkatkan critical thinking

Source: Unsplash

Berpikir kritis merupakan sebuah kemampuan untuk berpikir secara rasional dan tertata yang bertujuan untuk memahami hubungan antara ide dan fakta. Nah, public speaking akan menjadikanmu sebagai seseorang yang berpikir lebih kritis. Hal ini dikarenakan orang yang dianggap pintar dalam public speaking harus mempunyai kualitas bahan pembicaraan.

Sehingga, kamu bisa memfilter sebuah berita dengan kritis dan tidak ceroboh. Hal itu karena telah terlatih dari kebiasaan saat kamu mempraktikkan public speaking yang diharuskan menganalisis pertanyaan audiens dengan cepat, tanggap, dan kritis.

5. Memenangkan perhatian publik dalam promosi produk

Source: Unsplash

Public speaking menjadi keterampilan yang penting untuk dikuasai dalam bisnis dan terutama dalam berhubungan dengan masyarakat. Keterampilan persuasi atau kemampuan untuk memenangkan hati orang banyak adalah bagian dari seni berbicara di depan umum. Kekuatan persuasi dapat membawa kamu melangkah lebih jauh sekaligus meningkatan kepercayaan.

Tentu saja sangat penting untuk memiliki pengetahuan tentang subjek yang kamu sajikan. Di luar itu, ketika membuat pidato persuasif dalam bentuk apa pun, termasuk promosi penjualan kepada klien, kamu harus siap untuk menjawab tantangan, pertanyaan, dan berbicara dengan sikap tenang. Kemampuan untuk berbicara di depan umum sangat penting untuk membuat suatu kemajuan. Dapatkan perhatian mereka dengan menggabungkan kemampuan berbicara dan persuasi.

Baca juga: Apa Itu Komunikasi Pemasaran? Pengertian, Tujuan dan Manfaatnya

Itulah beberapa alasan penting kenapa kamu wajib mempelajari dan menguasai public speaking. Meskipun sering dianggap hal yang menakutkan, bukan berarti kamu menyerah begitu saja untuk mencoba mengasahnya bukan?

Selamat belajar!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *